Lukisan hingga Berlian, Ini 7 Barang Lelang Termahal di Dunia

22 Mei 2024

Beberapa barang antik dan mewah berikut ini dinobatkan sebagai barang lelang termahal di dunia. Apa saja?

Lelang adalah praktik jual beli dengan penawaran tertinggi. Biasanya, barang yang dilelang akan ditawarkan secara terbuka, sehingga masyarakat umum yang tertarik bisa mendaftarkan diri sebagai peserta lelang.

Pendaftaran dilakukan dengan membayar uang jaminan yang nominalnya sudah ditentukan. Berikutnya, saat lelang berlangsung, para peserta akan berkumpul di satu tempat yang ditentukan.

Kemudian, panitia akan membuka proses lelang dengan harga dasar, lalu peserta akan menaikkan penawaran sesuai dengan kelipatan yang ditentukan.

Misalnya, harga awal yang dibuka adalah Rp10 Juta dengan kelipatan bidding sebesar Rp2,5 Juta. Maka, peserta lelang bisa memberikan penawaran dengan kelipatan Rp2,5 Juta, seperti Rp12,5 Juta, Rp15 Juta, Rp17,5 Juta, dan seterusnya.

Pemenang lelang akan jatuh pada peserta yang memberikan penawaran tertinggi dan tidak ada penawaran lain setelahnya.

Baca juga: Rumah Akan Disita dan Dilelang Bank, Apa yang Harus Dilakukan?

Barang Lelang Termahal di Dunia

Pada dasarnya, semua barang bisa dilelang. Namun kebanyakan barang lelang memiliki nilai yang tinggi, seperti koleksi antik, lukisan pelukis legendaris, atau barang langka lainnya.

Berikut adalah 7 barang lelang yang menyandang predikat paling mahal di dunia. Beberapa di antaranya kini menjadi koleksi petinggi negara atau orang terkaya di negaranya.

  1. Lukisan Salvator Mundi

    Salvator Mundi adalah lukisan karya Leonardo Da Vinci yang dibuat pertama kali pada tahun 1499 dan selesai tahun 1510.

    Lukisan ini dibeli oleh Putera Mahkota Saudi Arabia, Muhammad bin Salman al-Saud secara lelang pada tahun 2017 dengan harga US$450 Juta atau setara dengan Rp7 Triliun.

    Salvator Mundi merupakan lukisan dengan judul "Yesus Juru Selamat Dunia" dan dipercaya sebagai lukisan terakhir Leonardo Da Vinci. Awalnya lukisan ini dibuat untuk Raja Louis XIV dari Prancis dan istrinya Permaisuri Anne dari Britania.

    Namun lukisan ini dinyatakan hilang saat keluarga Kerajaan Prancis menikahkan putrinya, Henriette Marie pada tahun 1625 dengan Raja Charles I dari Inggris yang terkenal sebagai kolektor seni paling terkemuka.

  2. Lukisan Les Femmes d'Alger

    Barang lelang termahal berikutnya masih berupa karya seni lukis. Kali ini adalah lukisan karya Pablo Picasso yang dikenal dengan nama Les Femmes d’Alger atau dalam bahasa Inggris Women of Alger.

    Ada beberapa versi lukisan ini, dan yang paling mahal adalah Version O yang terjual secara lelang di New York pada 2015 dengan harga US$179 Juta atau hampir Rp3 Triliun.

    Les Femmes d’Alger (Version O) merupakan seri terakhir dari lukisan Pablo Picasso tentang wanita Algeria itu. Lukisan ini dikerjakan pada tahun 1955 dan sekarang dimiliki oleh Perdana Menteri Qatar, Sheikh Hamad bin Jassim.

  3. Kapal Pesiar Gigayacht

    Gigayacht adalah sebuah yang berukuran raksasa. Kapal raksasa ini dibeli oleh Miliarder asal Rusia, Roman Abramovich dengan harga yang fantastis, yaitu mencapai US$168 Juta atau Rp2,4 Triliun.

    Kapal pesiar ini masih dalam tahap pembangunan. Gigayacht juga disebut sebagai Double Century karena memiliki 9 dek, tinggi 90 kaki di atas permukaan air, dan panjang mencapai 650 kaki.

    Selain itu, kapal pesiar Gigayacht juga memiliki 2 helipad dan 70 awak atau lebih yang terus-menerus dipekerjakan dalam pekerjaan yang pastinya luar biasa.

    Baca juga: 14 Jenis Ekonomi Kreatif dari Berbagai Bidang, Wajib Tahu!

  4. Instalasi Pointing Man

    Berikutnya adalah instalasi Pointing Man karya Alberto Giacometti. Instalasi dengan nama asli “L'homme au doigt” berupa pria kurus ini terjual dalam lelang di New York pada 2017 seharga US$141 Juta atau Rp2,2 Triliun.

    Instalasi ini dibuat pada tahun 1947. Saat itu Giacometti membuat enam instalasi sekaligus, dengan L'homme au doigt merupakan salah satunya.

    Saat ini, karya-karya tersebut tersebar di beberapa tempat seperti menjadi koleksi Museum Seni Modern New York, Galeri Tate London, dan Pusat Seni Des Moines, serta menjadi koleksi yayasan atau milik pribadi.

  5. Patung Rabbit (Koons)

    Patung yang dibuat oleh seniman plastik Amerika, Jeff Koons terjual seharga US$91,1 Juta atau Rp1,4 Triliun pada tahun 2019 dalam lelang yang diselenggarakan oleh rumah Christie's di New York.

    Menurut AFP, Christie's memang tidak ingin mengungkapkan identitas pembeli misterius ini. Namun banyak pihak percaya bahwa lelang patung ini diikuti oleh kolektor top dari seluruh dunia.

  6. Portrait of an Artist (Pool with Two Figures)

    Portrait of an Artist (Pool with Two Figures) adalah lukisan seni pop akrilik di atas kanvas besar karya seniman Inggris David Hockney, selesai pada Mei 1972.

    Ukurannya 7 kaki × 10 kaki (2,1 m × 3,0 m), dan menggambarkan dua sosok: satu sedang berenang di bawah air dan satu lagi sosok laki-laki berpakaian menatap ke arah perenang.

    Pada bulan November 2018, lukisan tersebut terjual seharga US$90,3 Juta atau Rp1,4 Triliun, yang pada saat itu merupakan harga tertinggi yang pernah dibayar pada lelang untuk sebuah lukisan karya seniman yang masih hidup.

  7. Oppenheimer Blue Diamond

    Oppenheimer Blue adalah berlian biru cerah seberat 14,62 karat (2,924 g). Pada Mei 2016 barang ini menjadi permata termahal yang pernah dijual dalam sebuah lelang. Saat itu, harganya mencapai US$57,5 Juta atau sekitar Rp900 Miliar.

    Berlian ini diberi nama sesuai dengan pemilik sebelumnya, Philip Oppenheimer. Oppenheimer Blue adalah berlian biru cerah terbesar yang diklasifikasikan oleh Institut Gemologi Amerika yang pernah dijual di lelang.

Itulah deretan barang lelang termahal di dunia yang pernah ada. Kamu bisa membuka halaman Article OCBC untuk mendapatkan informasi menarik seputar keuangan dan perbankan seperti ini!

Baca juga: Apa Itu Lembaga Kliring dan Penjaminan? Pengertian & Fungsi


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 12 Jun 2024

Panduan Lengkap Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji

Baca

Edukasi - 12 Jun 2024

Calon Jamaah Wajib Tahu, Ini 6 Rukun Haji yang Harus Dipenuhi!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile