Hi, para nasabah. Kali ini kita akan membahas tentang hal yang mungkin terlihat biasa saja namun ternyata sangat penting sekali dilakukan, yaitu: Pengkinian Data.
Pengkinian data adalah proses pembaruan data diri nasabah yang telah terdaftar di bank atau suatu lembaga jasa keuangan. Proses ini bertujuan untuk memastikan data nasabah tetap valid dan akurat, sehingga memudahkan proses verifikasi dan transaksi, serta melindungan nasabah dari potensi penyalahgunaan data.
Saat kita jadi nasabah bank, kita pasti pernah memberikan data pribadi seperti nama, alamat, nomor KTP, nomor HP, dan pekerjaan. Apa yang terjadi apabila terdapat data yang berubah karena pindah rumah, ganti nomor HP, atau pindah kerja?
Dengan dilakukannya Pengkinian data maka:
Apa saja yang termasuk dalam Pengkinian data?
Pengkinian dapat dilakukan melalui:
Tips Agar Pengkinian Data Aman dan Lancar:
Bila tidak segera melakukan pengikinian data, maka akun dan data nasabah akan rentan dari penyalahgunaan oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.
Bank dan nasabah harus mengikuti aturan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Beberapa aturan penting:
Mengatur pelindungan nasabah dan mengharuskan bank serta nasabah menjaga data tetap benar dan terbaru.
Mengatur bahwa bank wajib memantau dan memperbarui data nasabah secara rutin, terutama untuk mencegah tindak kejahatan seperti pencucian uang.
Khusus di sektor pasar modal, tapi prinsipnya sama: data nasabah harus selalu akurat dan diperbarui.
Surat Edaran ini menegaskan kewajiban pengkinian data terhadap informasi dan dokumen nasabah sebagai bagian dari upaya penerapan program APU-PPT (Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme)
Nah, setelah kita mengetahui betapa pentingnya melakukan pengkinian data di bank. Maka, saat ini nasabah lebih memahami pentingnya untuk menjaga validitas data pribadi di bank dan suatu sektor jasa keuangan. Nasabah wajib lebih proaktif melakukan pengkinian data, sementara bank dan lembaga keuangan wajib menjaga keamanan, transparansi, dan perlindungan atas data yang diperbarui. Kewajiban ini sekaligus menjadi upaya preventif untuk mencegah penyalahgunaan data.
Ingat! Pengkinian data membawa banyak manfaat baik bagi nasabah maupun bank, terutama dalam aspek keamanan, kenyamanan, dan kepatuhan hukum. Oleh karena itu, nasabah disarankan selalu melakukan pengkinian data melalui channel resmi bank untuk memastikan keamanan dan kelancaran layanan perbankan.
Kalau datanya selalu terbaru, kita bisa lebih tenang dan mudah mengakses semua layanan dari bank. Yuk, cek lagi data kamu di bank dan pastikan sudah sesuai!