Kelola Bisnis Anda Dalam Satu Platform

Solusi terpadu pengelolaan bisnis Anda

QRIS Statis

Penerimaan pembayaran yang cepat dan aman

Notifikasi Real-time

Informasi transaksi terkini di ujung jari Anda

Histori Transaksi

Pengelolaan keuangan yang transparan dan terorganisir  

    Fitur Utama

    Registrasi

    Panduan Penggunaan

    Ringkasan Informasi Produk

    Persyaratan Pendaftaran

    Biaya

    Support

OCBC Merchant merupakan platform digital untuk memfasilitasi penerimaan pembayaran merchant OCBC.

Fitur utama:

Cara bergabung ke OCBC Merchant

Sebagai Nasabah OCBC

  1. Unduh aplikasi OCBC Merchant di App Store/ Play Store.
  2. Registrasi dengan mengisi formulir di aplikasi OCBC Merchant (lihat panduannya di bawah).
  3. Cek status pengajuan Anda di aplikasi OCBC Merchant.
  4. Pelajari tata cara penggunaan OCBC Merchant di sini.

Belum Nasabah OCBC

  1. Klik web.ocbc.id/daftarmerchant untuk membuka rekening OCBC.
  2. Setelah menjadi Nasabah OCBC, download aplikasi OCBC Merchant.
  3. Registrasi dengan mengisi formulir dalam aplikasi OCBC Merchant (lihat panduannya di bawah).
  4. Cek status pengajuan Anda di aplikasi OCBC Merchant.
  5. Pelajari tata cara penggunaan OCBC Merchant di sini.

Panduan pengisian formulir registrasi di aplikasi OCBC Merchant:

Tata Cara Penggunaan OCBC Merchant
Tata Cara Penggunaan OCBC Merchant

Tata Cara Penggunaan OCBC Merchant

 
OCBC Merchant
OCBC Merchant

OCBC Merchant

 
Persyaratan Dokumen PT CV Yayasan Pribadi
Syarat ketentuan Merchant Jika terdapat pengaturan khusus, PKS berlaku
Identitas pemilik atau penanggungjawab (KTP) ✓ atas nama direktur ✓ atas nama pengurus
NPWP ✓ atas nama pribadi
TDP atau NIB (Nomor Induk Berusaha)
Izin Usaha (berupa SIUP atau dokumen setara) -
*Untuk Merchant Offline: Foto lokasi (tampak depan, kiri, dan kanan), foto barang & aktivitas usaha serta sales, dan foto plang nama.
*Untuk Merchant Online: Foto tampilan website dan foto lokasi usaha (gudang & kantor)
Akta pendirian atau perubahan -
SK KEMENKUMHAM - -

Catatan:

  • Untuk badan usaha yang melampirkan NIB (Nomor Induk Berusaha), tetap wajib melampirkan Izin Usaha yang diterbitkan melalui OSS tetapi tidak perlu melampirkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).
  • Untuk Yayasan dengan kategori sosial (Tempat ibadah, bantuan sosial, donasi) tidak membutuhkan NIB dan Izin Usaha.
  • Apabila proses akuisisi dilakukan melalui penerima kuasa dari Merchant, maka wajib melampirkan Copy Surat Kuasa dan Copy KTP Penerima Kuasa.
  • Bagi merchant pribadi yang mengajukan jenis pembayaran menggunakan kartu, maka wajib melampirkan surat izin usaha.

Merchant Discount Rate (MDR)* QRIS

Solusi Kategori Merchant MDR
QRIS Mikro nominal transaksi ≤Rp500.000 0%
Mikro nominal transaksi >Rp500.000 0,3%
Reguler 0,7%
Pendidikan 0,6%
SPBU 0,4%
Bantuan sosial/donasi (wajib atas nama Yayasan/Organisasi Sosial) 0%

*MDR dihitung dari nominal transaksi yang terproses

Layanan 24/7 melalui TANYA OCBC dan email

Email: merchant_solutions@ocbc.id Call: 1500-999

Tanya OCBC

OCBC Merchant merupakan platform layanan digital milik PT Bank OCBC NISP Tbk (“OCBC”) yang dapat digunakan oleh merchant yang merupakan nasabah OCBC dalam melakukan monitoring penerimaan pembayaran transaksi QRIS atas usahanya dan hal lainnya terkait dengan QRIS OCBC.

OCBC Merchant memiliki layanan berikut:

  1. Menampilkan QRIS;
  2. Menerima notifikasi pembayaran; dan
  3. Melihat riwayat transaksi dan pencairan dana.

Merchant adalah Nasabah OCBC yang sudah terdaftar sebagai merchant pada layanan Merchant Solution OCBC.

Laporan transaksi harian akan dikirimkan kepada email terdaftar pada Formulir Aplikasi Merchant secara harian dalam bentuk excel (format .csv).

Anda dapat mendaftar menjadi merchant dengan cara:

  1. Pastikan Anda telah menjadi Nasabah OCBC.
  2. Anda wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara mengunduh aplikasi OCBC Merchant di App Store/Play Store.
  3. Buka aplikasi OCBC Merchant, lalu klik ”Gabung jadi Merchant OCBC”.
  4. Pilih ”Sebagai Nasabah OCBC”.
  5. Ikuti setiap langkah-langkah pengisian data yang tertera dengan benar hingga selesai.
  6. Tunggu sampai pengajuan Anda disetujui.

Untuk Nasabah individu, siapkan KTP, NPWP, foto usaha tampak depan (terlihat kanan kiri), serta foto produk usaha Anda. Pastikan NIK yang didaftarkan sudah dipadankan dengan NPWP Anda, serta pastikan nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar OCBC Merchant sama dengan nomor ponsel yang Anda gunakan saat membuka rekening OCBC, karena OCBC akan melakukan verifikasi data menggunakan nomor ponsel yang terdaftar pada sistem Bank.

Saat Anda selesai melakukan pendaftaran, OCBC Merchant akan memberikan ID Pengajuan melalui aplikasi dan email. Anda dapat melakukan pengecekan status pengajuan pada aplikasi OCBC Merchant dengan memasukkan ID Pengajuan dan NIK yang digunakan pada saat pendaftaran.

Anda dapat menghubungi Tanya OCBC di 1500-999 / 021-2650-6300 (dari luar negeri) atau email ke tanya@ocbc.id.

Saat ini, formulir pendaftaran digital OCBC Merchant hanya dapat digunakan oleh Nasabah individu yang memiliki rekening Nyala Individu dan Nyala Bisnis Individu (Giro). Sedangkan untuk Nasabah Badan Usaha, dapat melakukan pendaftaran dengan mengunjungi cabang terdekat.

Anda dapat menghubungi Tanya OCBC di 1500-999 / 021-2650-6300 (dari luar negeri) atau email ke tanya@ocbc.id atau melalui OCBC mobile, untuk melakukan pengkinian data. Setelah berhasil melakukan pengkinian data, silakan mendaftar kembali menjadi merchant.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran hingga persetujuan adalah 3 hari kerja.

Setelah calon merchant selesai melakukan pendaftaran di aplikasi, ID Pengajuan akan diberikan melalui aplikasi dan email. Calon merchant dapat melihat status pendaftaran melalui aplikasi menggunakan ID Pengajuan tersebut. Calon merchant juga akan menerima notifikasi melalui SMS dan email apabila pendaftaran telah disetujui.

  1. Merchant wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara mendownload aplikasi OCBC Merchant. Lalu ikuti langkah-langkah pengisian formulir pada aplikasi.
  2. Merchant menunggu persetujuan pendaftaran dari OCBC dalam 3 hari kerja.
  3. Setelah disetujui, Merchant akan menerima SMS / email pemberitahuan.
  4. Merchant melakukan login pertama kali dengan menggunakan nomor ponsel yang didaftarkan dan membuat password.
  5. Login ke aplikasi OCBC Merchant dengan nomor ponsel dan password yang telah dibuat sebelumnya.
  6. Aplikasi OCBC Merchant sudah dapat digunakan.

Merchant dapat masuk / login dengan menggunakan nomor ponsel yang telah didaftarkan pada Formulir Aplikasi Merchant serta password yang telah dibuat sebelumnya.

Perangkat dengan operating system minimal Android 5 atau iOS 15.0.

Hanya akun pemilik usaha (business owner) dapat menambahkan nomor ponsel karyawan dan kasir toko sebagai user baru untuk diberikan akses tertentu dengan cara:

  • Untuk menambahkan akses Toko:
    1. Login menggunakan akun Business Owner.
    2. Pilih “Toko” pada layar Beranda dan pastikan tab yang dipilih di layar atas adalah “Toko”.
    3. Layar “Kelola Toko” akan muncul beserta daftar toko yang terdaftar.
    4. Klik tanda “>” di toko yang ingin ditambahkan aksesnya.
    5. Isi dan lengkapi detail toko dengan nomor ponsel karyawan yang ingin diberikan akses.
    6. Tekan "Simpan", nomor ponsel pada Toko berhasil ditambahkan.
  • Untuk menambahkan Kasir:
    1. Login menggunakan akun Business Owner.
    2. Pilih “Toko” pada layar Beranda dan pastikan tab yang dipilih di layar atas adalah “Kasir”.
    3. Klik “Tambah Kasir”.
    4. Lengkapi informasi nama dan nomor ponsel kasir, serta pilih toko penempatan kasir.
    5. Pastikan data sesuai dan lengkap, lalu klik “Tambah”.
    6. Pilih QRIS yang ingin digunakan untuk kasir tersebut, lalu klik “Tambah”.
    7. Kasir baru berhasil ditambahkan.

Di menu pengaturan Anda dapat mengganti password, melihat FAQ, syarat dan ketentuan, dan hubungi Tanya OCBC.

Ya, Anda sebagai business owner dapat mengakses dan menggunakan OCBC Merchant untuk beberapa usaha yang terdaftar dengan 1 nomor ponsel yang sama.

Saat ini penggunaan 1 nomor ponsel di aplikasi OCBC Merchant hanya dapat digunakan untuk 1 peran. Jadi, pastikan nomor ponsel yang Anda gunakan berbeda untuk masing-masing peran!

Ya, Anda dapat menambahkan karyawan toko atau kasir sebagai user baru dan tidak terdapat jumlah maksimal selama nomor ponsel yang didaftarkan masing-masing berbeda.

Ya, Anda dapat menunjuk satu orang karyawan di usaha Anda untuk mendapatkan hak akses menjadi business owner pada aplikasi.

Setelah login, klik tombol berwarna merah dengan tulisan “QRIS” di bagian tengah bawah.

Anda dapat menerima pembayaran melalui QRIS yang dapat diakses pada tombol berwarna merah dengan tulisan “QRIS” di bagian tengah bawah dan menunjukkannya kepada customer agar dapat digunakan / discan dengan menulis nominal transaksi.

Ketika pembayaran diterima, informasi pembayaran dapat dilihat pada halaman beranda, halaman transaksi, dan push notification.
Halaman beranda menampilkan riwayat transaksi real-time di hari tersebut, sedangkan di halaman transaksi dapat dilakukan filter sesuai dengan tanggal yang diinginkan. 

Untuk proses pengembalian dana (refund) Merchant, Anda dapat menghubungi merchantcare@ocbc.id atau hubungi Tanya OCBC 1500-999 / 021-2650-6300 (dari luar negeri).

Anda dapat menghubungi Tanya OCBC di 1500-999 / 021-2650-6300 (dari luar negeri) atau email ke tanya@ocbc.id atau melalui OCBC mobile untuk melakukan pengkinian data terlebih dahulu. Setelah berhasil melakukan pengkinian data, silakan coba kembali mendaftar menjadi merchant.

Dana akan diterima merchant H+1 hari kerja secara total dan sudah dipotong MDR (biaya transaksi).

Anda akan mendapatkan 3 notifikasi, yaitu:

  1. Notifikasi SMS OTP untuk akses pertama kali masuk/login ke OCBC Merchant.
  2. Notifikasi SMS Successful Onboarding.
  3. Push Notification atas pembayaran diterima.

Anda dapat menghubungi merchantcare@ocbc.id atau hubungi Tanya OCBC 1500-999 / 021-2650-6300 (dari luar negeri).