More Info

Tap Kartu Kredit di OCBC mobile,

transaksi tanpa kartu kredit fisik, BARU!

Apply Now
Hero Image

Untuk urusan bertransaksi, kini ada yang BARU!

Tap Kartu Kredit dari OCBC mobile

Tap Kartu Kredit merupakan fitur di OCBC mobile yang memudahkan Anda dalam melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit secara contactless menggunakan perangkat Android yang memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

Membantu Anda melakukan seamless transaction tanpa kartu fisik dalam sekali tap, hanya dengan mendekatkan/TAP smartphone Android Anda ke mesin EDC yang telah mendukung layanan contactless untuk melakukan pembayaran baik domestik maupun internasional.

Apply Now
Transaksi #TeTapDitangan
Transaksi #TeTapDitangan

Pastikan fitur Tap Kartu Kredit telah aktif dan OCBC mobile dijadikan metode pembayaran utama pada Smartphone Android Anda lalu nikmati manfaatnya!

Transaksi SAT SET

Langsung #NgeTapAja tanpa kartu fisik, mudah & cepat.
Transaksi Sat - Set

Transaksi ANTI WAS-WAS

#NgeTapAja pakai PIN kartu kredit untuk transaksi di atas Rp1 Juta
Transaksi NO Was Was

CARA MUDAH AKTIVASI

Tap Kartu Kredit dari OCBC mobile


Step 1
Step 2
Step 3
Step 4
Step 5
1Log in OCBC mobile, lalu pilih "Semua Menu"
2Klik menu "Tap Kartu Kredit" dan setujui syarat dan ketentuan aktivasi Tap Kartu Kredit
3Pilih Kartu Kredit OCBC sebagai sumber dana yang ingin Anda gunakan untuk transaksi dengan Tap Kartu Kredit
4Klik tombol “Aktifkan” dan pastikan fitur NFC telah diaktifkan pada pengaturan Smartphone dan OCBC mobile telah dijadikan sebagai aplikasi utama untuk pembayaran nirsentuh (contactless)
5Kartu berhasil diaktifkan dan sudah bisa digunakan untuk Tap Kartu Kredit

Bayar Pakai Tap Kartu Kredit gak perlu repot cukup tap

Step 1 Step 2 Step 4
1Pastikan smartphone dalam posisi unlock dan masuk ke halaman beranda
2Tap smartphone ke mesin EDC selama beberapa detik
3Pembayaran selesai
Cek status pembayaran di EDC atau OCBC mobile
Step 1

1Pastikan smartphone dalam posisi unlock dan masuk ke halaman beranda

Step 2

2Tap smartphone ke mesin EDC selama beberapa detik

Step 3

3Pembayaran selesai
Cek status di EDC atau OCBC mobile

Guidebook Tap Kartu Kredit

Panduan menggunakan Tap Kartu Kredit di OCBC mobile dengan mudah

PROMO

Nikmati Promo


Promo 1
Cinema XXI
Cashback 50% tiap Senin - Rabu

Hingga 31 Desember 2025

Lihat Detail
Promo 3
XXI Café
Cashback 50% tiap Senin - Rabu

Hingga 31 Desember 2025

Lihat Detail
Promo 2
Regent Park
Cashback 50%

Hingga 31 Desember 2025

Lihat Detail
Promo 2
Kopitagram
Hemat Rp25 ribu

Hingga 18 Februari 2026

Lihat Detail

Promo 3
McDonald's
Hemat 20%

Hingga 31 Desember 2025

Lihat Detail
Promo 1
OH!SOME
Cashback hingga 10%

Hingga 9 Oktober 2026

Lihat Detail

DIGITAL SECURITY

Tips Menggunakan Tap Kartu Kredit dengan Aman


NFC Icon
Aktifkan Fitur NFC hanya saat diperlukan

Apabila perangkat sedang tidak digunakan untuk keperluan transaksi, matikan fitur NFC pada pengaturan perangkat untuk mencegah penyalahgunaan.

Merchant Icon
Selalu pastikan melakukan transaksi di merchant terpercaya

Hindari melakukan transaksi di perangkat atau terminal pembayaran yang mencurigakan.

Find Device Icon
Aktifkan fitur “Find My Device”

Aktifkan fitur “Temukan Perangkat Saya” di pengaturan Google agar perangkat dapat dikunci atau dihapus datanya jika hilang.

Transaction Icon
Periksa Riwayat Transaksi secara berkala

Selalu periksa riwayat transaksi di OCBC mobile untuk memastikan tidak ada transaksi mencurigakan.

Security Icon
Update OCBC mobile dan Security Patch Android secara rutin

Selalu lakukan update OCBC mobile dan patch Android Anda untuk mendapatkan keamanan maksimal.

Lock Icon
Jaga Informasi Pribadi Anda

Jangan pernah berbagi data rahasia seperti user ID, PIN, Password, OTP, CVV dengan siapa pun

Lock Icon
Jangan gunakan PIN atau password yang sama

Pastikan setiap akun atau aplikasi penting memiliki PIN/password berbeda untuk keamanan Anda.

INFORMASI LEBIH LANJUT

FAQ


Tap Kartu Kredit merupakan fitur yang memudahkan Anda dalam melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit secara contactless menggunakan perangkat Android yang memiliki fitur NFC (Near Field Communication). Anda cukup mendekatkan/tap smartphone Android Anda ke mesin EDC/POS yang telah mendukung layanan contactless untuk melakukan pembayaran baik domestik maupun internasional.

Tap Kartu Kredit hanya dapat digunakan pada perangkat smartphone yang memiliki fitur NFC dengan sistem operasi Android (minimal versi 7.0) dan tidak mendukung smartphone dengan sistem operasi lainnya seperti IOS (Apple) ataupun HarmonyOS (Huawei).

  1. Mesin EDC yang telah mendukung layanan contactless
    OCBC Tap Kartu Kredit dapat digunakan diseluruh merchant yang telah menggunakan EDC berlogo contactless
  2. Transit Payment
    Untuk pembayaran layanan transportasi umum seperti MRT di luar negeri yang dapat menerima transaksi secara contactless.

Seluruh jenis/tipe Kartu Kredit OCBC dapat digunakan untuk transaksi dengan fitur Tap Kartu Kredit

Selain dengan metode 1 Tap, Transaksi Tap Kartu Kredit dapat dilakukan dengan 2 metode lain. Sebelum dapat bertransaksi, pastikan:
  1. Metode pengamanan pada smartphone Anda telah diaktifkan. Metode pengamanan perangkat yang dapat digunakan dapat berupa pengamanan biometric (fingerprint atau face unlock), pengamanan dengan pola (pattern) atau PIN.
  2. Fitur NFC (Near Field Communication) pada perangkat telah diaktifkan.
  3. Pastikan OCBC mobile menjadi Aplikasi pembayaran utama pada smartphone
Transaksi Tap Kartu Kredit dengan metode 2 Tap
Transaksi Tap Kartu Kredit dengan metode 2 Tap
Transaksi Tap Kartu Kredit dengan metode manual
Transaksi Tap Kartu Kredit dengan metode manual

  1. Transaksi domestik:
    • Tidak membutuhkan PIN Kartu Kredit apabila nominal transaksi ≤ Rp1 juta
    • Membutuhkan PIN Kartu Kredit apabila nominal transaksi > Rp1 juta
    *Apabila transaksi dengan nominal >Rp1 juta mengalami kegagalan, maka disarankan untuk bertransaksi menggunakan kartu fisik
  2. Transaksi Internasional:
    Mengikuti kebijakan yang berlaku di masing-masing negara. Selain itu transaksi mancanegara akan dikenakan sesuai dengan kurs yang berlaku pada saat dilakukan transaksi.

Tidak terdapat biaya yang dibebankan kepada Nasabah atas penggunaan Tap Kartu Kredit.

Nasabah dapat melakukan transaksi Tap Kartu Kredit walaupun belum menerima kartu fisik dengan terlebih dahulu :
  • Melakukan proses aktivasi Kartu Kredit online melalui OCBC mobile.
  • Setelah Kartu Kredit online aktif, lakukan proses aktivasi fitur Tap Kartu Kredit.
  • Melakukan pembuatan PIN Kartu Kredit dapat melalui:
    OCBC mobile (Menu Finansial, pilih tab Pinjaman, pilih Kartu Kredit yang akan digunakan, pilih Pengaturan, pilih Ubah PIN), atau SMS ke 86477 (format: OCBC SETPINCC <4digit akhir kartu>##<6 digit PIN yang diinginkan>) dari nomor ponsel yang terdaftar di sistem Bank.

Fitur tap kartu kredit dapat di non-aktifkan dengan cara:
  1. Menon-aktifkan fitur NFC pada perangkat android Anda, atau
  2. Mengganti aplikasi pembayaran utama pada perangkat dengan cara:
    • Masuk ke menu pengaturan perangkat android Anda
    • Pilih fitur NFC, ganti aplikasi pembayaran utama dari OCBC mobile menjadi aplikasi lainnya.

Apabila resi belum berhasil tercetak, Nasabah dapat meminta kasir untuk melakukan pengecekan riwayat terakhir pada mesin EDC sebelum melakukan permintaan pencetakan ulang resi. Nasabah dapat melakukan pengecekan notifikasi transaksi melalui SMS atau Email pada smartphone Nasabah

Risiko Mitigasi
Apabila smartphone Android hilang atau dicuri apakah dapat digunakan bertransaksi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab?
  • Untuk dapat bertransaksi menggunakan OCBC mobile, Smartphone Android Nasabah wajib dilengkapi dengan metode pengaman baik berupa pola/pattern, biometric maupun PIN. Tanpa metode pengaman tersebut layanan Tap Kartu Kredit tidak dapat digunakan.
  • Agar nasabah menggunakan metode pengaman biometric berupa fingerprint dengan pengaman cadangan berupa PIN untuk pengamanan perangkat yang lebih maksimal.
  • Selalu jaga kerahasiaan PIN dan Password Anda. Jangan memberitahukan kepada pihak manapun, termasuk kepada petugas Bank.
  • Hubungi Tanya OCBC 1500-999 untuk melakukan pemblokiran Kartu Kredit apabila perangkat hilang atau dicuri.

  • 24/7 kapanpun di manapun di fitur Tanya Chat OCBC mobile
  • Tanya OCBC (24 jam) 1500 999 atau +622126506300 (dari luar negeri)
  • WhatsApp Tanya (Senin - Jumat, 08.00 - 17.00 WIB) 08121500999
  • Email: tanya@ocbc.id