Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024 “Semakin Tangguh dan Melaju Jauh dengan Praktik Bisnis Berkelanjutan”

18 Mar 2024

Jakarta, 18 Maret 2024 – Hari ini PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara RUPST.

Persetujuan Pemegang Saham atas Tujuh Mata Acara RUPST

  1. Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Direksi dan Laporan Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2023.
  2. Penetapan penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk tahun buku 2023, sebesar Rp4,09 triliun sebagai berikut:
    • Rp72 per saham atau total sebesar Rp1,65 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai, atau 40,4% dari Laba Bersih;
    • Sebesar Rp100 juta disisihkan untuk cadangan umum.
    • Sisanya ditetapkan sebagai laba ditahan.
  3. Pembelian kembali saham Perseroan (Share Buyback) maksimum 402.000 saham dan pengalihan saham hasil buyback untuk pemberian remunerasi yang bersifat variabel sesuai dengan POJK serta perundang-undangan yang berlaku.
  4. Perubahan Anggaran Dasar Perseroan dalam rangka penyesuaian terhadap undang-undang dan peraturan baru.
  5. Perubahan susunan Pengurus Perseroan sebagai berikut:
    • Mengangkat kembali Wong Pik Kuen Helen sebagai Komisaris dan Martin Widjaja sebagai Direktur efektif sejak ditutupnya RUPST ini sampai dengan ditutupnya RUPST tahun 2027.
    • Menyetujui pengunduran diri Emilya Tjahjadi sebagai Direktur, efektif sejak ditutupnya RUPST ini.
  6. Pemberian wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang akan mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku 2024.
  7. Persetujuan atas pengambilalihan saham pada PT Bank Commonwealth oleh Perseroan.

Selain diselenggarakan secara tatap muka, RUPST tersebut juga dilaksanakan secara elektronik melalui aplikasi eASY.KSEI. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pemegang saham dapat memberikan kuasa secara elektronik dan menggunakan hak suaranya dalam pengambilan keputusan melalui mekanisme electronic voting.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC mengatakan, “Di tahun 2023, OCBC tetap resilien dengan kinerja yang terjaga baik dan berkelanjutan. Hal tersebut juga didukung oleh permodalan yang kuat dengan rasio kecukupan modal [CAR] di angka 23,7%, serta likuiditas yang baik dengan Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 206,2%. Dengan momentum perubahan nama merek dan logo menjadi OCBC, kami semakin mantap melangkah menjadi Bank regional dengan kemampuan global dan nilai lokal yang senantiasa terus adaptif dalam menyediakan layanan keuangan komprehensif bagi nasabah.”

Kinerja Perbankan Senantiasa Solid & Berkelanjutan

Kinerja Keuangan Utama per 31 Desember dalam Rp triliun, kecuali %
Deskripsi 2023 2022 ∆% YoY
Laba Bersih 4,09 3,33 23%
Total Aset 250 239 5%
Kredit - bruto 154 138 12%
Dana pihak ketiga 182 176 3%

OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Menjadi Bank yang Tangguh, dengan One Brand, One Group Unity

  • Pada 14 November 2023, Bank mengubah logo dan nama merek dari OCBC NISP menjadi OCBC. Perubahan nama merek dan logo ini tidak memengaruhi nama legal Bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk.
  • Sebagai bagian dari OCBC Group, Bank berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan yang komprehensif, dengan memanfaatkan sinergi bersama OCBC Group dan menggabungkannya dengan kekuatan lokal yang dimiliki. Penguatan sinergi dan konektivitas ini juga memberikan manfaat lebih banyak bagi nasabah individu maupun bisnis. Adapun berbagai fitur dan benefit yang dapat dirasakan para nasabah di antaranya:
    • Nasabah Individu

      • Berbagai penawaran eksklusif di dalam dan luar negeri untuk transaksi di berbagai merchant terkemuka.
      • Bebas melakukan tarik tunai tanpa biaya di semua jaringan ATM OCBC Group di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.
      • Bagi nasabah pemegang Kartu Global Debit, nasabah bisa melakukan tarik tunai dan pembayaran bebas konversi di ATM luar negeri untuk 11 mata uang asing.
      • Berbagai program cashback, layanan eksklusif penjemputan di Bandara Singapura dan juga akses ke OCBC Premier Center di Singapura dan Malaysia, untuk nasabah Premier Banking dan Private Bank.
      • Berbagai kemudahan akses layanan Premier Banking di Singapura, dan juga kemudahan perencanaan pewarisan kekayaan untuk nasabah Private Bank.
    • Nasabah Bisnis

      • Regional desk: Layanan perbankan bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya di jaringan OCBC Group.
      • Berbagai kemudahan akses produk dan layanan bisnis, penerbitan bank garansi dan Letter of Credit di negara jaringan OCBC Group.
      • Peluang kolaborasi antar pelaku bisnis lintas negara dalam OCBC One Connect Series.
      • Peluang berpartisipasi di ajang penghargaan bertaraf internasional dari OCBC Group bagi UMKM Indonesia
  • Sejalan dengan logo baru yang diperbaharui, Bank juga meluncurkan tagline baru: For now, and beyond (Terus Bersama, Melaju Jauh). Tagline baru tersebut mencerminkan DNA OCBC yang selalu memiliki pandangan jangka panjang dalam semua transaksi dan investasi, serta komitmen Bank yang tidak hanya pada saat ini tetapi juga pada masa depan, untuk memberikan dampak yang berkelanjutan bagi dunia yang lebih baik.

Fokus Pada Pengembangan Teknologi yang Komprehensif, Kolaboratif, dan Berkelanjutan

  • OCBC terus fokus pada pengembangan teknologi yang komprehensif, kolaboratif, dan berkelanjutan, serta meningkatkan penggunaan teknologi digital yang didukung oleh penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi dan Sistem Keamanan Siber yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan nasabah.
  • Kapabilitas Bank dalam hal teknologi juga diiringi dengan peningkatan jumlah transaksi melalui e-channel hingga 32% YoY, dan jumlah pengguna aktif nasabah individu melalui internet banking dan OCBC Mobile meningkat 26% dibandingkan dengan tahun 2022.
  • Pada 2023, OCBC meluncurkan fitur-fitur terbaru di OCBC Mobile yang membuat nasabah semakin nyaman bertransaksi digital. Fitur-fitur tersebut di antaranya Tabungan Emas, Life Goals, dan Live Chat, sebuah fitur contact center yang memberikan kemudahan apabila nasabah berada di luar negeri, sehingga mereka bisa bertanya tanpa mengeluarkan biaya telepon yang mahal.
  • Pada segmen business banking, OCBC mencatatkan kenaikan pengguna dan jumlah transaksi OCBC Business, masing-masing sebesar 20% dan 17%. Salah satu fitur yang dapat membantu nasabah korporasi dalam menjalankan usahanya adalah Trade Finance yang menghadirkan layanan Bank Garansi, Letter of Credit (LC), dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) berbasis online yang dapat diakses melalui platform OCBC Business.

ESG sebagai Pedoman OCBC Berkontribusi Bagi Masa Depan

Parwati mengatakan bahwa “Penerapan ESG di OCBC tidak terbatas pada pembiayaan hijau saja. Baru-baru ini green and smart building kami, OCBC Space di BSD, Tangerang, berhasil memperoleh sertifikasi Level 2 ‘Advanced’ dari International Finance Corporation (IFC) dan Green Building Council (GBC) Indonesia. Dengan sertifikasi tersebut, kami telah menghemat emisi karbon dari aktivitas operasional sebanyak 1.600 karbon, atau setara dengan menanam 24.000 pohon dalam setahun. Penghematan termasuk pada energi sebesar 42%, penghematan air sebesar 82%, dan menggunakan 22% lebih sedikit energi yang terkandung dalam material bangunan.”

Mendukung Net Zero Carbon [Environment]

  • Per 31 Desember 2023, OCBC telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp32,3 triliun, atau berkontribusi hingga 21% terhadap total kredit Bank. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp13,1 triliun disalurkan untuk pembiayaan berwawasan lingkungan seperti proyek-proyek hijau dan pembiayaan properti hijau, termasuk Pollution Prevention, Renewable Energy, Land & Water Biodiversity Conservation, Water & Waste Treatment, Climate Change Adaptation, Eco-Efficient Product, Green Transportation, Green Building dan Waste Management.
  • Sementara, sebagai bagian dari pembiayaan perempuan, OCBC menyalurkan sebesar Rp3,25 triliun melalui program #TAYTB Women Warriors atau meningkat sebesar 7% YoY dengan jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.327 pengusaha, meningkat sebesar 6% YoY.
  • Tak hanya memberikan pembiayaan berkelanjutan, operasional Bank juga dijalankan secara berkelanjutan. Pada April 2023 lalu, OCBC menjadi Bank pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau PLN, dan menerima sertifikat energi hijau atau Renewable Energy Certificate (REC). Melalui REC ini, PLN akan memastikan bahwa tenaga listrik yang dibeli oleh Bank merupakan produksi dari Pembangkit Listrik berbahan bakar energi terbarukan dan akan digunakan di cabang-cabang OCBC yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Bertepatan dengan momentum Hari Menanam Pohon yang jatuh pada 28 November 2023, OCBC bekerja sama dengan komunitas lingkungan Mangrove Jakarta Community dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove jenis Rhizophora mucronata di dua lokasi Ekowisata Mangrove PIK dan Pulau Tidung Kecil. Kegiatan penanaman ini juga merupakan bagian dari komitmen OCBC terhadap pelestarian lingkungan dan sebagai upaya peduli terhadap dampak gas emisi.
  • Langkah lain yang dilakukan oleh OCBC untuk mendukung lingkungan yang lebih hijau adalah dengan menggunakan kartu nama digital, dan menggunakan kertas dari hutan yang bersertifikasi [sebagai contoh kertas PEFC). Tak hanya itu saja, bahkan Bank melakukan repurpose seragam batik karyawan yang sudah tidak digunakan untuk dimanfaatkan kembali.

Membantu UMKM #BeraniNaikLevel & Dukung Individu Lebih #FinanciallyFit [Social]

  • Pada Mei 2023, OCBC meluncurkan Nyala Bisnis, solusi bisnis untuk membantu pengusaha Indonesia #BeraniNaikLevel. Dengan menjadi bagian dari Nyala Bisnis, UMKM bukan hanya sekadar mengelola & mengembangkan bisnisnya dengan solusi Business Banking, melainkan juga diberikan dukungan berupa kegiatan edukasi dan komunitas pengusaha untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui Business Fitness Solution.
  • Komitment Bank juga di dukung dengan adanya OCBC Business Fitness Index 2023, sebuah riset yang dilakukan untuk mengukur kesehatan finansial dari suatu usaha. Hasil survey menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor dari seluruh skala usaha adalah 43,84, yang masih jauh dari skor ideal yaitu 75. Artinya, mayoritas UMKM di Indonesia memiliki kesehatan finansial yang perlu ditingkatkan.
  • Untuk meningkatkan kemampuan para UMKM, Bank berkolaborasi dengan berbagai organisasi seperti HIPMI Jakarta Pusat dan Qualita untuk mengedukasi pelaku UMKM dalam beberapa program pelatihan seperti Business Fitness Class, Nyala Festival, dan Kompetisi Nyala Bisnis yang total telah diikuti oleh lebih dari 702 UMKM dari seluruh Indonesia.
  • Untuk individu, OCBC kembali meluncurkan OCBC Financial Fitness Index (FFI) 2023, sebuah riset tahunan yang menggambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia. Skor tahun ini menunjukkan angka 41,16, naik sebesar 1,10 poin dibandingkan tahun lalu. Namun, meskipun secara umum generasi muda Indonesia terus berusaha memperbaiki kebiasaan finansialnya, masih banyak yang membuat keputusan keliru dalam hal spending.
  • Salah satu upaya Bank untuk meningkatkan skor kesehatan finansial masyarakat adalah dengan terus mengampanyekan solusi Financial Fitness dan secara aktif menyelenggarakan lebih dari 420 kelas edukasi daring dan luring, yang diikuti oleh lebih dari 130.000 peserta. Bank juga secara reguler membuat dan mendistribusikan konten-konten edukasi di media digital dan media sosial yang dimiliki.
  • Dalam bentuk produk dan layanan yang turut mendukung masyarakat agar lebih #FinanciallyFit, OCBC meluncurkan Nyala Global Debit dan Nyala Credit Card yang sangat sesuai dengan kebutuhan gaya hidup masyarakat. Selain itu, di OCBC Mobile, nasabah juga bisa menabung emas secara digital dan mengatur tujuan finansial mereka dengan fitur Life Goals.

Menerapkan Tata Kelola dengan Baik [Governance]

  • Dalam hal tata kelola, OCBC berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas implementasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) untuk memastikan semua proses internal dan mekanisme yang diterapkan dalam Bank sejalan dengan tujuan Bank dan berperan dalam mengatur organisasi.
  • Bank telah menerbitkan Anti-Bribery and Corruption Policy & Supplier Code of Conduct berdasarkan prinsip-prinsip ESG.
  • Bank juga berkomitmen untuk tidak membiayai sektor-sektor tertentu, seperti pembangkit listrik tenaga batu bara dan tambang batu bara baru, operasi penebangan komersial di hutan hujan tropis, serta produksi dan perdagangan kayu atau produk kehutanan lainnya dari hutan yang tidak dikelola secara berkelanjutan. Selain itu, sejak Februari 2021, Bank berkomitmen untuk tidak lagi menyediakan pembiayaan maupun refinancing untuk tambang batu bara termal.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Inklusif

  • OCBC memiliki nilai-nilai yang terus ditanamkan dan dijalankan oleh Bank untuk seluruh karyawan, demi membangun masa depan yang lebih baik, yang biasa disebut sebagai EVP (Employee Value Proposition).
  • EVP tersebut memiliki beberapa pilar, mencakup Kebersamaan, Progress, dan Nilai. Pilar tersebut dituangkan lewat beberapa program dan tema, termasuk collaboration, wellbeing, learning, innovation, sustainability, dan community, yang fokus tidak hanya pada karyawan, tetapi juga lingkungan hidup.
  • Untuk mendukung inklusivitas, Bank memiliki berbagai inisiatif seperti komunitas-komunitas antar karyawan dimulai dari hobi/olahraga, support group program bernama KAWA (KAmi WAnita OCBC), program bagi anak-anak karyawan yaitu KANA (KAmi aNAk OCBC), serta OCBC Volunteer yang mengajak karyawan untuk turun langsung ke lapangan dan ikut serta dalam berbagai aktivitas CSR Bank di bidang kemanusiaan, edukasi dan lingkungan & Kesehatan.
  • Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan, Bank memiliki dokter dan psikolog internal yang tersedia untuk semua karyawan.
  • Tak hanya itu saja, karyawan juga didukung untuk terus menambah kemampuannya dengan berbagai training sesuai kebutuhan agar bisa memaksimalkan potensi terbaiknya dan mencetak leaders culture dan etos kerja B!SA yakni Bring out the Best in Each Other, Integrity, Strive for Excellence, dan Act Progressively diiringi semangat TAYTB. Karyawan juga dapat secara mandiri melakukan program training baik secara online maupun langsung.

Menerima Penghargaan di Berbagai Segmen

Komitmen Bank dalam menyediakan solusi keuangan komprehensif bagi nasabah mendapatkan berbagai pengakuan dalam bentuk penghargaan internasional dan nasional, seperti:

  • Bank of The Year – Indonesia dari The Banker, London.
  • SME Bank of The Year dari Asian Banking & Finance, Retail Banking Awards, Singapura.
  • Good Corporate Governance Rating dari Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) & SWA.
  • Best Forex Bank - Indonesia dari GBAF Publication in Global Banking & Finance Review Award, London.
  • Cash Management Bank of The Year dari ABF Wholesale Banking Awards 2022, Singapura.
  • Best Private Bank Indonesia dari GBAF Publication in Global Banking & Finance Review Award, London.
  • Best Trade Finance Bank di Indonesia dari The Asian Banker Transaction Finance Awards 2023.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 82 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Desember 2023, OCBC melayani nasabah melalui 199 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 496 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

News for your Inspiration

Read More
OCBC Premium Music Experience 2024

Event - 15 Jun 2024

Memukau Lebih dari 10.000 Nasabah OCBC, David Foster and Friends Tampil Spektakuler dalam Private Concert Premium Music Experience 2024

Read More
OCBC Premium Music Experience 2024

Event - 6 Mei 2024

OCBC Kembali Hadirkan Musisi Kancah Internasional untuk Menyapa Nasabah Tanah Air dalam Signature Event ‘Premium Music Experience 2024’

See All