PT Bank Commonwealth Resmi Menjadi Bagian dari PT Bank OCBC NISP Tbk

2 Mei 2024

Jakarta, 02 Mei 2024 - PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) hari ini mengumumkan proses akuisisi PT Bank Commonwealth (PTBC) telah selesai. Dengan demikian, 100% saham PTBC telah sepenuhnya dimiliki oleh OCBC efektif 1 Mei 2024.

Sebagai bagian dari OCBC, kegiatan operasional PTBC masih akan berjalan secara mandiri sampai dengan proses merger yang direncanakan akan selesai selambatnya Triwulan IV tahun 2024. Layanan kepada nasabah PTBC akan berjalan seperti biasa melalui beragam kanal dan produk perbankannya, termasuk transaksi perbankan di kantor cabang dan kanal digital PTBC.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC mengatakan “Sebagai salah satu Bank yang memiliki kredit rating tertinggi di Indonesia dan rekam jejak yang baik, PTBC memiliki basis nasabah yang menarik dan komplementer pada segmen nasabah konsumen dan UKM (ritel). Rencana kami adalah memanfaatkan kapabilitas dari kedua entitas untuk memperluas produk dan layanan OCBC di Indonesia, serta menciptakan peluang pertumbuhan jasa keuangan di Indonesia.”

“Dengan diselesaikannya proses akuisisi, PTBC akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri hingga proses merger. Manajemen PTBC berkomitmen untuk memastikan kelancaran proses merger dengan tetap memberikan layanan perbankan yang berkualitas tinggi kepada nasabah. Selain itu, kegiatan bisnis akan tetap berjalan seperti biasa,” tambah Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur PTBC.

Pembelian 100% saham PTBC merupakan tonggak sejarah penting yang akan memperkuat platform OCBC di Indonesia, dan menegaskan komitmen Bank untuk terus maju dalam pertumbuhan jasa keuangan di Indonesia.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 83 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Maret 2024, OCBC melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 495 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 600 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Tentang PT Bank Commonwealth
PT Bank Commonwealth (PTBC) adalah perusahaan yang didirikan dan berlisensi di Indonesia dengan tanggung jawab terbatas dan merupakan anak perusahaan dari PT Bank OCBC NISP Tbk (“OCBC”) yang merupakan salah satu dari 10 bank terbesar di Indonesia dalam hal aset dan telah mendapatkan peringkat kredit yang tinggi dari PT Fitch Ratings Indonesia. Didukung oleh 1.200 karyawan, PTBC melayani nasabah melalui 24 jaringan kantor di 18 kota di Indonesia. PTBC fokus pada segmen Retail Banking dan Usaha Kecil Menengah (UKM), menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan - serta menjadi penyedia layanan Wealth Management - dengan menawarkan solusi keuangan yang disesuaikan untuk melayani kebutuhan pelanggan.

Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbc.id
Mobile: 62-8111071069
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbc.id
Mobile: 62-8118725945
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbc.id
Mobile: 62-8119812329

Corporate Communication & Financial Inclusion, PT Bank Commonwealth
Treasury Tower (66th Floor), District 8, Lot 28 SCBD
Jl. Jend Sudirman Kav 52-54, Jakarta 12190
Email: corporate.communication@commbank.co.id
Website: www.commbank.co.id

Bayu Irawan
Head of Corporate Communication & Financial Inclusion
bayu.irawan@commbank.co.id,
Adisti Dini Indreswari
Media Relations Specialist
Adisti.indreswari@commbank.co.id

News for your Inspiration

Read More
OCBC Syariah - Baznaz

Partnership - 20 Feb 2024

Jaga Amanah dari Nasabah, OCBC Syariah Salurkan Dana Zakat Bagi Hasil Sepanjang Tahun 2023 untuk Dukung Usaha Mikro

Read More
OCBC x Owlexa Healtcare

Partnership - 9 Okt 2023

Dukung Integrasi Data Pasien, Bank OCBC NISP dan Lintasarta melalui Owlexa Healthcare Resmikan Program Kerja Sama Bagi Rumah Sakit dan Klinik di Indonesia

See All