Dorong Transformasi Digital, Mekari Jurnal dan OCBC Hadirkan Solusi Keuangan Terpadu

19 Nov 2025

Jakarta, 19 November 2025 – Dalam upaya mempercepat transformasi digital di dunia bisnis, PT Mid Solusi Nusantara, dengan brand Mekari Jurnal yaitu platform akuntansi dan manajemen keuangan, menjalin kolaborasi strategis dengan PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC). Kemitraan ini memperkuat sinergi antara teknologi pengelolaan keuangan digital dan layanan perbankan modern untuk membantu pelaku bisnis mengelola operasional serta keuangan mereka secara lebih efisien, terintegrasi, dan berkelanjutan.

Pasalnya, masih banyak pelaku bisnis yang menghadapi tantangan dalam mengelola arus keuangan yang tersebar di berbagai sistem, mulai dari pencatatan manual hingga rekonsiliasi antar akun yang menyita waktu. Bahkan, menurut hasil Business Fitness Index 2024, sebuah riset yang dilakukan oleh OCBC bersama NielsenIQ, sebanyak 77% UMKM yang disurvey masih melakukan pencatatan keuangan secara manual, dan hal tersebut memengaruhi kesehatan finansial bisnis mereka.

Mekari Jurnal: Memberi Visibilitas Penuh atas Kesehatan Finansial Bisnis
Dalam era di mana keputusan bisnis harus diambil berdasarkan data, Mekari Jurnal menyederhanakan pengelolaan keuangan dan operasional bisnis melalui sistem yang terhubung end-to-endem> untuk akuntansi, supply chain management, penjualan, hingga laporan otomatis. Didukung teknologi AI untuk meningkatkan akurasi, efisiensi, dan pengambilan keputusan berbasis data.

Melalui fitur all-in-one accounting system, pengguna dapat:

  • Mengotomatisasi pencatatan transaksi
  • Memantau arus kas dan laba rugi secara instan
  • Mengelola invoice, pajak, dan laporan keuangan dalam satu tempat
  • Menghasilkan laporan akurat dengan dukungan teknologi AI
  • Mendukung proses supply chain management usaha secara efektif

Dengan pendekatan ini, Mekari Jurnal tidak hanya berperan sebagai alat pembukuan, tetapi juga sebagai sistem operasional dan keuangan bagi pelaku bisnis yang memungkinkan pemilik usaha dan manajer keuangan untuk memperoleh wawasan yang membantu pengambilan keputusan strategis.

Hal ini sejalan dengan positioning Mekari Jurnal sebagai Finance & Operations Management Software dengan visi Growth Made Easy, yakni menjadikan pertumbuhan bisnis lebih mudah dan cerdas melalui pemanfaatan teknologi.

OCBC: Layanan Perbankan yang Relevan dan Fleksibel untuk Bisnis Modern
OCBC terus memperluas kapabilitasnya untuk menghadirkan solusi layanan keuangan yang relevan bagi pelaku usaha modern. Melalui OCBC Nyala Bisnis, OCBC menyediakan layanan perbankan digital yang dirancang untuk membantu bisnis terus tumbuh dan naik level, mulai dari pembukaan rekening secara digital, akses transaksi tanpa batas waktu, dan pengelolaan keuangan yang mendukung operasional sehari-hari. Tidak hanya itu, OCBC juga menawarkan berbagai kegiatan edukasi dan literasi keuangan untuk bisnis, mulai dari kelas finansial hingga modul bisnis yang bisa diakses di Ruang Menyala by OCBC.

Kolaborasi antara Mekari dan OCBC ini membuka kemudahan bagi nasabah Nyala Bisnis dalam mengelola seluruh aktivitas manajemen operasional keuangan. Kolaborasi dengan pencatatan keuangan Mekari Jurnal membantu menciptakan alur kerja yang lebih praktis, akurat, dan efisien.

Tentang Program Kolaborasi
Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif bersama antara Mekari dan OCBC untuk mendukung adopsi digital di dunia bisnis Indonesia.

Melalui program yang berjalan hingga 31 Desember 2025, pelaku bisnis dapat memulai langkah digitalisasi keuangan dengan berbagai keuntungan tambahan.

Manfaat & Mekanisme Program:

  • Daftar OCBC Nyala Bisnis
  • Dapatkan cashback hingga Rp1,2 juta
  • Nikmati gratis 1 bulan langganan Mekari Jurnal dengan minimal 12 bulan berlangganan

Menutup Kesenjangan antara Sistem, Waktu, dan Tujuan Bisnis
"OCBC percaya bahwa kolaborasi lintas ekosistem seperti ini akan menghadirkan manfaat positif bagi bisnis di Indonesia. Dengan menggabungkan kapabilitas layanan keuangan yang komprehensif dari OCBC dan teknologi pencatatan yang terpadu dari Mekari Jurnal, kami berharap dapat membantu memperkuat fondasi operasional bisnis, agar para pebisnis bisa semakin berani membawa bisnis mereka naik level dengan lebih percaya diri di era digital ini,” ujar Sari Kartika, Emerging Business Program Management Division Head, OCBC.

“Bagi Mekari, kolaborasi ini menjadi langkah penting dalam memperluas dukungan bagi pelaku usaha agar dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih praktis. Dari berbagai diskusi yang sudah berjalan, kami melihat bahwa Mekari dan OCBC memiliki visi yang sejalan dalam memperkuat fondasi keuangan bisnis melalui solusi digital yang mudah digunakan.” ujar Michelle Anggraeni, AVP Partnership & Acquisition, Mekari.

Dengan menghadirkan kemudahan dalam memantau dan mengelola keuangan, kedua pihak berupaya membantu bisnis di Indonesia beroperasi lebih efisien, percaya diri, dan berorientasi pada masa depan.

Kolaborasi antara Mekari Jurnal dan OCBC bukan sekadar kerja sama dua layanan digital, tetapi langkah nyata untuk menjembatani kesenjangan yang selama ini dihadapi banyak pelaku bisnis: kesenjangan antara sistem manual dan otomatis, antara waktu yang tersita dan keputusan yang perlu segera diambil, serta antara pengelolaan keuangan dan tujuan pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Ini bukan hanya tentang mempercepat transaksi, tetapi tentang memberikan kendali yang lebih besar atas arah pertumbuhan bisnis, menjadikan setiap keputusan finansial bukan sekadar angka, melainkan langkah strategis menuju keberlanjutan.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 84 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 30 September 2025, OCBC melayani nasabah melalui 203 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 530 ATM OCBC, sekitar 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 450 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8119860068
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbc.id
Mobile: 62-8118725945

News for your Inspiration

Read More
OCBC x Ant International

Partnership - 10 Jun 2025

Berdayakan Pengusaha: OCBC & Ant International Bersinergi untuk Dorong Pembiayaan Inklusif di Indonesia

Read More
Identitas Kependudukan Digital x OCBC

Partnership - 11 Feb 2025

Kenalkan Inovasi Teknologi Baru atas Kemudahan Pembukaan Rekening OCBC dengan Dukungan Inisiatif IKD Dukcapil

See All