Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak Demi Masa Depan

24 Agt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Pentingnya tabungan pendidikan anak tidak bisa ditawar. Inflasi biaya pendidikan memang tak terelakkan. Pastikan Anda siap!

Ada satu hal penting yang perlu diperhatikan dan didiskusikan tatkala menjadi orang tua, yakni tabungan pendidikan anak.

Inflasi biaya pendidikan di Indonesia semakin menyengsarakan orang tua dan anak-anak yang ingin merasakan bangku sekolah. Tercatat menurut penelitian yang dilakukan oleh BPS, sektor pendidikan mengalami inflasi sebesar 3,81%. Sedangkan untuk uang pangkal pendidikan mencapai angka 10-15%. Bagaimana, sobat OCBC? Sudah siap?

Jika belum, maka Anda dapat mulai mempelajari perencanaan finansial, khususnya informasi mengenai pentingnya tabungan pendidikan anak. Harapannya, produk simpanan berikut dapat menjadi senjata untuk menghadapi biaya pendidikan yang kian meningkat. Yuk, simak uraiannya!

Apa itu tabungan pendidikan anak?

Sesuai namanya, tabungan pendidikan anak adalah simpanan dana yang akan dikeluarkan khusus untuk keperluan pendidikan buah hati mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai perguruan tinggi.

Tabungan pendidikan anak juga dikenal sebagai salah satu jenis tabungan berencana. Mengapa begitu? Sebab jangka waktu produk simpanan ini tergolong lama yakni 2 tahun ke atas.

Meskipun begitu, cara menabungnya tetap sama seperti jenis tabungan biasanya yaitu menyetorkan sejumlah uang per bulan kepada bank. Hanya saja pada tabungan pendidikan, Anda telah menentukan berapa target yang akan dicapai dan dalam waktu berapa lama.

Contohnya, Anda mendaftar tabungan pendidikan untuk persiapan kuliah anak di masa depan dengan target jumlah tabungan sebesar 75.000.0000 dalam waktu 10 tahun.

Selanjutnya, pihak bank akan menentukan berapa setoran awal dan setoran setiap bulan yang perlu Anda bayar. Sehingga ketika jatuh tempo atau di tahun ke-10, tabungan sobat OCBC NISP sudah sesuai target.

Tak hanya sebagai persiapan dana pendidikan, kelebihan yang bisa Anda dapat melalui produk jenis ini adalah asuransi jiwa bagi si kecil. Sangat menguntungkan, bukan?

Namun, belum berhenti di situ. Sebab, terdapat alasan lain terkait pentingnya tabungan pendidikan anak bagi orang tua maupun buah hati. Keep scrolling!

Apa pentingnya tabungan pendidikan anak?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, melihat kondisi biaya pendidikan semakin meningkat dari tahun ke tahun, alangkah baiknya mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari.

Tetapkan tujuan yang jelas dan rinci. Bukan sekadar “saya ingin menabung untuk anak mulai TK hingga SD”, tapi hitunglah perkiraan biaya yang dibutuhkan pada setiap jenjang sekolah.

Berikut OCBC NISP paparkan gambaran biaya pendidikan anak mulai dari jenjang terendah sampai tertinggi untuk daerah Jakarta tahun 2020.

Taman Kanak-Kanak (Sekolah Noah)
Biaya per tahun yang perlu disiapkan:
  1. Pendaftaran: 300.000
  2. Uang kegiatan sekolah: 1.500.000
  3. SPP kindergarten A/tahun: 16.800.000
  4. Biaya tahunan kindergarten A: 7.000.000
  5. SPP kindergarten B/tahun: 18.000.000
  6. Biaya kindergarten B: 8.000.000

Total biaya per tahun TK di Sekolah Noah: 51.600.000

Sekolah Dasar (Labschool Jakarta)
Biaya per tahun yang perlu disiapkan:
  1. Uang pangkal: 30.000.000
  2. Uang tahunan: 5.000.000
  3. Spp/tahun: 30.000.000

Total biaya per tahun SD di Labschool Jakarta: 65.000.000

Sekolah Menengah Pertama (Labschool Jakarta)
Biaya per tahun yang perlu disiapkan:
  1. Pendaftaran: 300.000
  2. Buku-buku soal: 150.000
  3. Uang pangkal: 31.000.000
  4. Seragam: 1.750.000
  5. Tes psikotes: 300.000
  6. SPP/tahun: 21.600.000

Total biaya per tahun SMP di Labschool Jakarta: 55.100.000

Sekolah Menengah Atas (Islam Al Azhar)
Biaya per tahun yang perlu disiapkan:
  1. Pendaftaran: 350.000
  2. Tes kesehatan: 350.000
  3. Infaq pendidikan: 25.500.000
  4. Seragam: 1.750.000
  5. Buku paket tahunan: 2.800.000
  6. Spp/tahun: 19.200.000

Total biaya per tahun SMA di Islam Al Azhar: 49.950.000

Universitas (Universitas Indonesia)
Biaya per tahun yang perlu disiapkan:
UKT/tahun: 1.000.000 - 40.000.000

Total biaya per tahun Universitas Indonesia: 40.000.000 (diambil dari angka tertinggi)

Nah, dari kelima jenjang pendidikan tadi, maka dapat disimpulkan bahwa kira-kira sobat OCBC NISP memerlukan dana sekitar 261.650.000 khusus untuk pendidikan buah hati.

Jumlah yang sangat besar, bukan? Di mana hal tersebut mampu menjadi beban apabila disiapkan secara mendadak. Oleh karenanya,sangat disarankan bagi para orang tua agar mulai mencicil dana pendidikan si kecil sedini mungkin yang salah satunya bisa melalui produk tabungan pendidikan anak.

Sampai sini, apakah sobat OCBC NISP menjadi lebih aware akan pentingnya tabungan pendidikan anak? Tentunya dong!

Apa saja jenis tabungan pendidikan anak?

Secara umum, bank-bank di Indonesia menawarkan dua jenis produk simpanan, yaitu tabungan biasa dan tabungan berjangka/berencana. Apakah Anda bisa menggunakan keduanya sebagai tabungan pendidikan? Jawabannya adalah iya.

Lantas, mana yang lebih menguntungkan? Dibanding tabungan biasa, tabungan berjangka lebih efektif, realistis, serta menguntungkan. Pasalnya, dana tabungan biasa lebih rentan untuk dicairkan dan digunakan untuk keperluan yang lain. Sehingga bisa saja tujuan untuk mempersiapkan pendidikan buah hati menjadi tidak tercapai.

Sementara itu, tabungan berjangka mendorong sobat OCBC NISP untuk terus menabung setiap bulan dengan setoran yang sama. Anda tidak bisa menarik dana yang telah terkumpul sesuka hati. Jika Anda terpaksa harus mencairkannya sebelum waktu yang ditentukan, akan ada biaya penalti yang dikenakan dari bank.

Di samping itu, jika Anda sudah mencapai target tabungan berjangka, namun belum akan menggunakannya, Anda bisa mengendapkan dana tersebut ke produk perbankan lain yang berupa investasi.

Investasi yang Anda pilih tidak harus yang rumit. Instrumen investasi reksadana bisa jadi pilihan. Reksadana akan membuat dana yang terkumpul semakin berkembang. Di samping itu, dengan tingkat likuiditas yang tinggi, Anda bisa menariknya sewaktu-waktu jika biaya pendidikan sudah saatnya untuk dibayarkan.

Kapan harus mulai menabung untuk pendidikan anak?

Kemampuan finansial setiap orang pasti berbeda. Baik yang masih sendiri ataupun sudah menikah, keduanya sama-sama bisa menyiapkan tabungan pendidikan sejak dini.

Misalkan, jika Anda merasa sudah siap untuk berkeluarga dan memiliki momongan, maka itulah salah satu momen untuk mulai mempersiapkan tabungan tersebut. Lantas, berapa persen dan berapa lama?

Persentase tentu tergantung pada target tabungan dan kemampuan menabung sobat OCBC NISP. Misalkan, target tabungan Anda sebesar Rp50 juta dan harus dicapai dalam kurun waktu 60 bulan. Maka, perkiraan setoran per bulan yang harus Anda lakukan adalah sekitar Rp800-900 saja.

Jika Anda memiliki gaji sebesar Rp5 juta setiap bulan, maka Anda hanya perlu menyisihkan sekitar 15-20% setiap bulan.

Nah, tidak terlalu sulit bukan? Asalkan mempersiapkan lebih awal, anak Anda pasti akan mendapatkan pendidikan yang mumpuni. Sehingga, sobat OCBC NISP bisa menemani perjalanan pendidikan buah hati dengan persiapan yang matang.

*

Nah, sekarang Anda sudah punya wawasan mengenai pentingnya tabungan pendidikan anak. Apalagi untuk calon pasangan yang akan segera menikah dan mendambakan momongan.

Jenis tabungan pendidikan anak memang bervariasi, tapi intinya, sobat OCBC dapat memulainya dari sekarang dengan berinvestasi dan menyisihkan beberapa persen gaji. Jika dilakukan sedikit demi sedikit, pasti tidak akan sulit. Semoga sobat OCBC dapat mewujudkannya. Selamat menabung!

Baca Juga :

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

TAKA

TAKA

Kelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan bertransaksi
Tanda 360

Tanda 360

Tabungan untuk transaksi sehari-hari dengan 12 pilihan mata uang dalam 1 rekening

Download OCBC mobile