Pengertian Mitra Bisnis, Peran & 5 Cara Tepat Memilihnya

25 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Mitra bisnis adalah rekan untuk menjalankan suatu usaha secara bersama. Tak boleh sembarangan memilih. Pelajari cara cari mitra bisnis yang benar di sini.

Setiap usaha membutuhkan strategi khusus agar bisa bertahan, salah satunya yakni dengan bekerjasama dengan mitra bisnis. Mitra bisnis adalah rekan dalam menjalankan suatu usaha. Namun, sudah tahukah Anda bagaimana cari cari mitra bisnis yang tepat?

Cara paling mudahnya adalah melihat apakah ia memiliki visi misi yang sama dengan Anda. Apabila visi misinya sejalan, maka tujuan-tujuan bisnis pun akan mudah dicapai. Nah, tips mencari mitra usaha lainnya bisa Anda cek melalui ulasan berikut ini.

Pengertian mitra bisnis

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian mitra bisnis adalah rekan/partner dalam mengadakan bisnis. Setiap operasional bisnis, seperti mengatur SDM, mengelola arus keuangan, mempersiapkan infrastruktur perusahaan, dan hal lainnya bisa dikerjakan bersama rekan bisnis.

Contohnya, jika sobat OCBC NISP memiliki sebuah pabrik dan membutuhkan SDM untuk mengerjakan produksi, Anda bisa bekerjasama dengan lembaga outsourcing untuk memberikan suplai SDM ketika dibutuhkan. Sehingga, sobat OCBC NISP tinggal membayar jasa outsourcing saja dan biarkan rekan bisnis Anda yang menyortir SDM tersebut.

Contoh lainnya, apabila sobat OCBC NISP membutuhkan tenaga untuk mengecek/mengaudit arus kas perusahaan, Anda bisa mencari serta bekerjasama dengan jasa pengaudit keuangan. Hal ini bisa membantu Anda melihat tingkat kesehatan keuangan perusahaan. Itulah arti mitra bisnis yang sehat.

Ciri-ciri mitra bisnis yang baik

Dalam proses kemitraan antara dua pihak atau lebih, terdapat ciri-ciri rekan bisnis yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Menciptakan jalinan kerja sama
    Setiap kemitraan yang berjalan dengan baik selalu menciptakan jalinan kerja sama antara satu pihak dengan pihak lain. Contohnya, perusahaan marketing bisa memberikan jasa kampanye promosi pada bank OCBC NISP. Sedangkan bank OCBC NISP memberikan dana sebagai bayarannya.

  • Saling menguntungkan
    Dari contoh sebelumnya, dua belah pihak mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan operasional perusahaan.

  • Mengembangkan usaha kecil
    Jalinan kerjasama tidak selalu antara dua perusahaan besar. Perusahaan besar bisa memiliki rekan bisnis berskala kecil. Kerjasama tersebut bisa bermanfaat untuk mengembangkan usaha kecil.

Peran mitra bisnis dalam menjalankan usaha

Sebagai rekan bisnis, ia berperan dalam menjalankan usaha masing-masing. Sifatnya adalah membantu dan membutuhkan satu sama lain. Terdapat 3 peran utama rekan bisnis dalam menjalankan usaha, antara lain:

  1. Membangun perusahaan
    Peran kemitraan bisnis yang pertama adalah mampu membangun dan mengembangkan perusahaan. Sebab, beban pekerjaan menjadi lebih ringan dengan adanya proses kerjasama. Sehingga, tingkat produksi juga bisa lebih tinggi daripada bekerja sendiri.

  2. Pertumbuhan ekonomi
    Tingkat produksi yang tinggi berpotensi meningkatkan pendapatan. Pendapatan tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dua atau lebih perusahaan yang bekerjasama.

  3. Hubungan dan dampak sosial
    Sebuah kerjasama tidak hanya bisa memberikan keuntungan yang bersifat profesional dan komersial saja. Hubungan kemitraan dengan rekan bisnis juga bisa memberikan hubungan dan dampak sosial.

    Contohnya sebuah perusahaan besar bisa mengakuisisi atau menjalin kerjasama dengan perusahaan kecil agar meningkatkan produksi dan kesejahteraannya.

Cara cari mitra bisnis yang terpercaya dan menguntungkan

Nah, Anda telah memahami arti mitra bisnis, ciri-ciri, dan perannya dalam proses kerjasama. Sekarang saatnya mempelajari cara mencari rekan bisnis yang kredibel dan menguntungkan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

  1. Periksa rekam jejaknya
    Setiap perusahaan pasti memiliki rekam jejak bisnis, baik itu perusahaan secara umum ataupun pemiliknya. Cara cari mitra bisnis yang pertama adalah memeriksa rekam jejaknya. Hal ini diperlukan agar Anda bisa melihat tingkat kredibilitas calon mitra.

    Misalkan, jika calon rekan bisnis ternyata pernah memiliki kasus korupsi, maka hal tersebut dapat mengurangi kredibilitas saat proses penjajakan. Sebaliknya, jika perusahaannya pernah memiliki prestasi

  2. Memiliki visi, misi, dan passion kerja yang sama
    Saat proses penjajakan pertama kali, masing-masing pihak harus menyampaikan visi, misi, dan passion kerja. Hal ini diperlukan terutama untuk kemitraan yang bersifat jangka panjang.

  3. Menyimpan kompetensi yang dapat saling mengimbangi kekurangan
    Cara cari mitra bisnis selanjutnya adalah mengecek keseimbangan kompetensi antara kedua belah pihak.

    Misalkan, jika perusahaan B memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang marketing konvensional. Sedangkan perusahaan C memiliki kompetensi di bidang digital marketing. Sedangkan perusahaan Anda butuh digital marketing. Maka, idealnya perusahaan C adalah calon rekan bisnis yang lebih sesuai.

  4. Kondisi keuangan calon mitra stabil
    Selain mencari keseimbangan dalam kompetensi masing-masing, cara berikutnya adalah melihat kondisi keuangan calon mitra. Jika kondisi keuangannya stabil, maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.

    Sebaliknya, jika kondisinya kacau atau bahkan memiliki banyak utang, maka Anda bisa mengurungkan niat kerjasama.

  5. Komunikatif dan jalur koordinasinya jelas
    Dalam sebuah kerjasama antara dua pihak pasti membutuhkan jalur koordinasi yang jelas agar tujuan bersama dapat tercapai. Kedua pihak harus komunikatif dan membentuk jalur koordinasi yang disepakati bersama. Dengan demikian, setiap keberhasilan ataupun masalah bisa tersampaikan.

Kali ini sobat OCBC NISP telah mengetahui pengertian mitra bisnis, ciri-ciri, peran, hingga cara cari mitra bisnis yang tepat. Jangan lupa, pastikan untuk menilik setiap calon mitra terlebih dahulu sebelum melakukan tanda tangan kontrak kerjasama.

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi

Download OCBC mobile