Mengenal Istilah Nasabah Prioritas: Keuntungan & Syaratnya

29 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Nasabah prioritas adalah nasabah pilihan yang mendapatkan layanan eksklusif dari bank. Simak syarat, keuntungan, dan cara menjadi nasabah prioritas di sini!

Sebagai nasabah, apakah sobat OCBC NISP ingin mendapatkan prioritas dalam pelayanan yang diberikan oleh pihak bank? Jika iya, Anda bisa mencoba jadi nasabah yang diprioritaskan. Simak cara menjadi nasabah prioritas, syarat-syarat, dan keuntungannya di bawah ini.

Pengertian Nasabah Prioritas

Sebelum membahas cara menjadi nasabah prioritas, yuk pahami dulu apa artinya.

Nasabah prioritas adalah layanan istimewa yang diberikan suatu bank kepada nasabah pilihannya. Seorang nasabah dengan gelar “prioritas” akan mendapatkan pelayanan khusus dari bank, promo, dan informasi produk lebih dulu dibanding nasabah biasa.

Selain itu, nasabah yang diprioritaskan juga akan mendapat fitur lebih baik, misalnya bunga lebih rendah, kemudahan transaksi antar negara, dan konsultasi dengan tim khusus.

Akan tetapi, menjadi nasabah prioritas adalah sesuatu yang tidak mudah. Anda harus memenuhi beberapa syarat khusus agar bank mau memberi Anda “privilege” ini.

Keuntungan Menjadi Nasabah Prioritas

Setelah membahas pengertian, kali ini kita akan bahas keuntungan menjadi nasabah yang prioritas, yaitu antara lain:

  1. Memperoleh Ruangan Khusus Saat Bertransaksi
    Biasanya saat melakukan transaksi offline di bank, Anda harus mengantri. Sebagai nasabah yang diprioritaskan, Anda tak perlu mengantri dan menunggu lama. Sebab akan disediakan ruangan khusus untuk melayani Anda, dengan tim konsultan khusus.

  2. Memperoleh Banyak Diskon
    Selain tabungan, bank punya produk-produk lain misalnya reksadana, giro, asuransi, dan sebagainya. Nasabah yang prioritas akan mendapat diskon khusus saat menggunakan produk lain bank.

  3. Mendapat Pendampingan dari Financial Advisor
    Keuntungan menjadi nasabah prioritas lainnya adalah mendapat pendampingan financial advisor, dan ini tidak terbatas pada produk bank saja.

    Jika punya masalah dalam mengelola keuangan, investasi, dana pensiun, dan sebagainya, Anda bisa berdiskusi dengan financial advisor yang diberikan bank untuk Anda.

  4. Mendapatkan Hadiah
    Bukan rahasia lagi, nasabah yang prioritas lebih sering mendapat hadiah, terutama saat ada gebyar perayaan bank. Pernahkah Anda melihat acara bagi-bagi hadiah dari bank? Sebagian besar pemenangnya adalah nasabah yang bergelar prioritas.

  5. Promo suku bunga
    Jika Anda seorang nasabah dengan gelar prioritas dan ingin mengajukan pinjaman, suku bunga yang diberikan cenderung lebih rendah dibandingkan nasabah lainnya. Selain itu berkaitan dengan pinjaman, proses pengajuan Anda juga akan lebih mudah daripada nasabah biasa.

Syarat menjadi nasabah prioritas

Cara menjadi nasabah prioritas yang utama adalah dengan memahami syarat-syaratnya dulu, antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak Terdaftar dalam Blacklist Bank Manapun
    Syarat menjadi nasabah prioritas yang pertama, nama Anda harus bersih dari daftar blacklist bank, yaitu daftar yang berisi nama-nama nasabah dengan rekam jejak tidak baik dan merugikan.

    Contoh kasus nasabah blacklist misalnya seperti tidak membayar hutang, angsuran macet, penarikan cek kosong, mempersulit bank, dan sejenisnya.

    Agar tidak dimasukkan blacklist, pastikan Anda tidak melakukan hal-hal semacam itu. Gunakan produk keuangan sesuai kemampuan dan profil risiko Anda saja sehingga hubungan Anda dengan bank tidak tercemar.

  2. Memiliki Identitas & Sumber Pendapatan Sesuai KYC (Know Your Customer)
    Umumnya bank melakukan standar Know Your Customer (KYC) kepada nasabahnya, terutama nasabah pengaju pinjaman. Dalam proses ini, bank akan mengecek identitas dan sumber pendapatan Anda, guna memastikan integritas identitas Anda.

    Jika Anda mendaftar jadi nasabah program prioritas, bank Anda akan melakukan penilaian KYC ini sekali lagi. Saat ini dilakukan, pastikan Anda menyiapkan identitas sejujur mungkin, termasuk sumber pendapatan Anda.

  3. Mempunyai Portofolio Keuangan dengan Jumlah Tertentu
    Anda harus memiliki portofolio keuangan dengan minimum jumlah tertentu agar bisa menjadi nasabah yang diprioritaskan oleh bank. Portofolio dapat berupa produk tabungan, investasi, atau asuransi di bank tempat Anda mendaftar program prioritas.

    Minimum nominalnya akan berbeda-beda setiap bank, tapi umumnya saldo minimum dalam portofolio nasabah program prioritas senilai 500 juta hingga 1 triliun rupiah.

  4. Mendaftar Nasabah Bukan Karena Kredit, Tapi Debit
    Jika ingin masuk program prioritas, hubungan Anda dan bank harus terjalin sebagai nasabah debit, bukan nasabah kredit. Seseorang yang datang ke suatu bank dengan jumlah tabungan sekian tentunya lebih dilirik daripada seseorang datang untuk meminjam dana.

    Jika sudah rajin menabung, baru aman jika Anda melakukan pinjaman. Itu pun Anda harus menjaga agar pinjaman dibayar dengan rutin, bahkan lebih cepat dari seharusnya.

Cara Menjadi Nasabah Prioritas

Sudah siap masuk program prioritas? Berikut ini cara menjadi nasabah prioritas yang bisa Anda siapkan dari sekarang.

  1. Mengisi dan Menandatangani Formulir Mitra Utama (FMU)
    Cara menjadi nasabah prioritas yang pertama adalah dengan mengambil Formulir Mitra Utama (FMU). Setelah meminta FMU kepada teller, Anda akan diminta untuk mengisi dan menandatanganinya. Formulir ini berisi pengajuan data diri untuk menjadi nasabah yang diprioritaskan.

  2. Memberikan Berkas Identitas
    Cara menjadi nasabah prioritas berikutnya adalah dengan menyerahkan bukti identitas dan beberapa berkas penting pada bank. Ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa Anda memenuhi syarat menjadi nasabah di program prioritas.

  3. Menunjukkan Seluruh Buku Tabungan
    Teller akan meminta buku tabungan yang bersangkutan dengan bank yang dituju. Seluruh rekening dan produk keuangan Anda di bank akan dicek apakah memenuhi syarat atau tidak.

  4. Proses Registrasi
    Pihak bank akan memproses dan mengecek riwayat Anda apakah sesuai dengan persyaratan. Jika sesuai, maka pengajuan Anda akan diproses. Lalu Anda bisa menikmati layanan prioritas.

Nasabah prioritas adalah layanan yang bisa dicoba jika Anda sudah memiliki hubungan baik dengan bank. Ada banyak keuntungan dari layanan ini yang tentu akan memudahkan transaksi Anda dengan bank ke depannya.

Apabila Anda sudah punya rekening OCBC NISP, Anda juga bisa mengikuti program prioritas di kami lho, namanya OCBC Premier, yuk daftar sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman
Private Banking

Private Banking

OCBC NISP Private Banking memastikan kerja keras Anda menjadi peninggalan terbaik untuk generasi penerus berikutnya

Download OCBC mobile