10 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan & Menguntungkan

25 Sep 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ada beberapa jenis bisnis kuliner yang menjanjikan dan cocok untuk pebisnis pemula, seperti bisnis roti bakar hingga bisnis minuman. Cek daftarnya di sini.

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan, karena makanan sampai kapanpun akan selalu dibutuhkan. Selain itu, target pasar bisnis makanan sangat luas karena produk ini tak akan ada matinya. Semakin unik dan enak rasanya, semakin besar pula potensi bisnis kuliner sukses.

Anda tertarik dengan bisnis kuliner? Simak ide bisnis kuliner yang menjanjikan dan cara memulainya di sini.

Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Untuk Anda Coba

Ada beberapa ide bisnis kuliner yang menjanjikan rekomendasi OCBC NISP buat Anda, berikut selengkapnya.

  1. Keripik
    Ide bisnis kuliner yang menjanjikan pertama adalah keripik. Keripik adalah camilan yang populer dan digemari orang Indonesia. Berbagai jenis bahan baku dapat dijadikan keripik. Mulai dari keripik buah, singkong, dan kentang. Apabila Anda berbisnis keripik, Anda tidak perlu punya skill memasak tinggi karena kripik sangat mudah dibuat.

  2. Gorengan
    Gorengan adalah bisnis kuliner modal kecil yang dapat Anda coba. Meski modalnya tidak banyak, potensi untung dari bisnis gorengan sangatlah besar, sebab gorengan adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

    Satu buah gorengan harganya berkisar antara Rp500 sampai Rp2000 saja. Akan tetapi, Anda tidak akan rugi karena dalam sekali pembelian konsumen bisa membeli 10 sampai 50 gorengan sekaligus.

  3. Roti bakar
    Roti bakar di Indonesia berbeda dengan luar negeri. Jika di luar negeri sering dijadikan sebagai sarapan, di Indonesia roti bakar umumnya dihidangkan sebagai pilihan camilan yang banyak diburu saat malam hari.

    Nah roti bakar dapat dijadikan ide bisnis kuliner yang menjanjikan khususnya ketika dijual di malam hari. Jika Anda memiliki aktivitas pagi hingga siang, maka malam hari bisa digunakan mencari penghasilan tambahan dengan berjualan roti bakar.

  4. Pecel
    Salah satu bisnis kuliner rumahan yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia adalah pecel. Ini dikarenakan pecel dianggap sebagai makanan komplit berharga murah. Harga satu porsi pecel umumnya sekitar Rp6 ribu sampai Rp15 ribu, dan warungnya dibuka di dekat keramaian. Jika Anda tinggal di daerah padat/mobilitas tinggi, pecel adalah salah satu ide bisnis kuliner yang menjanjikan.

  5. Bakso
    Bakso merupakan makanan yang tetap eksis sejak zaman dulu hingga sekarang. Kuliner satu ini semakin berinovasi dengan aneka jenis bakso, seperti bakso Solo, bakso Malang, bakso Mercon, dan sebagainya.

    Rasa khas bakso membuat banyak konsumen mau terus mengonsumsi meski sudah makan berkali-kali. Oleh karena itu, jika Anda mencari ide bisnis kuliner yang menjanjikan, di mana pun berada Anda dapat membuka stand bakso.

  6. Seblak
    Seblak masuk dalam daftar ide bisnis kuliner yang menjanjikan bukan tanpa sebab. Makanan khas Bandung satu ini sangat digandrungi anak muda, utamanya perempuan. Perpaduan lezat antara rebusan bakso, kerupuk, sosis, dan mie membuat rasa seblak sulit dilupakan.

    Seblak memang membutuhkan banyak bahan. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena bahan-bahan ini terjangkau harganya di pasar.

  7. Kopi
    Budaya ngopi di kalangan pemuda membuat kopi menjadi salah satu bisnis kuliner anak muda yang wajib Anda coba. Saat ini, banyak anak sekolah atau mahasiswa memutuskan menyelesaikan tugas sambil nongkrong di kafe/warung kopi.

    Anak muda seperti mereka umumnya mudah ditarik loyalitasnya. Sehingga dengan pelayanan baik, Anda dapat menjadikan anak muda sebagai konsumen loyal Anda.

  8. Martabak
    Martabak merupakan jajanan anak muda yang bisa dijadikan alternatif bisnis kuliner online. Anda bisa menjual produk martabak dari rumah, caranya dengan memasarkan melalui aplikasi jualan online dan sosial media.

    Saat menjual martabak, Anda dapat mengkreasikan topping-nya dengan berbagai kombinasi rasa. Oleh karenanya, martabak menjadi salah satu ide bisnis kuliner unik murah yang patut Anda coba.

  9. Minuman
    Tak melulu tentang makanan, minuman bisa menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan. Jika belum memiliki modal cukup besar, Anda bisa mendirikan bisnis minuman di gerai kecil.

    Aneka variasi membuat orang semakin tertarik untuk membeli minuman. Mulai dari minuman boba, es kepal, es teler, juice, dan sebagainya. Anda tinggal menyesuaikan dengan tren yang sedang booming saat itu.

  10. Rice Box
    Semakin hari, orang ingin menikmati makanan yang mudah dan tidak rumit. Rice Box adalah makanan berat tetapi dibungkus dalam kotak berisi berbagai menu lauk sesuai pilihan Anda. Selain mudah untuk dibuat, rice box juga dapat diberi harga lebih tinggi, tergantung porsi, lauk, dan brand Anda. Semakin terkenal rice box Anda, semakin tinggi pula harga yang bisa dipasang, di mana hal tersebut akan mendatangkan keuntungan lebih banyak.

Cara Memulai Bisnis Kuliner dari Rumah

Setelah membahas ide bisnis kuliner yang menjanjikan, kali ini kita akan membahas cara memulai bisnis kuliner rumahan.

  1. Menentukan Target Pasar
    Langkah pertama sebelum memulai bisnis kuliner adalah menentukan target pasar. Dengan mengetahui target pasar, Anda semakin mudah menentukan produk apa yang akan dijual. Misalnya Anda membidik target pasar mahasiswa kos-kosan. Anda bisa menjual nasi dengan harga anak kos dan menentukan lokasi yang dekat dengan kos mahasiswa.

  2. Menentukan Produk
    Setelah menentukan target pasar, berikutnya tentukan produk yang sekiranya digemari oleh target pasar Anda. Hal ini bertujuan supaya pemasaran produk lebih mudah dilakukan sekaligus meminimalisir kerugian.

  3. Gali Keunikan Produk
    Di dunia bisnis kuliner, ada banyak produk dengan konsep mirip atau bahkan sama. Jika tidak punya sisi unik, tentu konsumen tidak akan melirik produk Anda. Oleh karena itu, jika ingin bisnis kuliner Anda laris manis, gali sisi unik produk yang Anda jual. Bentuk sisi unik tersebut sebaik mungkin sampai konsumen jatuh cinta pada produk Anda.

  4. Membuat Konsep Bisnis
    Langkah berikutnya memulai bisnis kuliner dengan membuat konsep bisnis. Silahkan menentukan strategi pemasaran, mulai dari jenis-jenis produk yang akan dijual, jumlah modal yang diperlukan, lokasi yang tepat, menemukan supplier dan sebagainya. Adanya konsep bisnis yang terencana membuat Anda semakin mudah dalam menjalankan bisnis kuliner.

  5. Aksi dan Evaluasi
    Apabila persiapan bisnis kuliner telah matang, langsung saja Anda menjalankan bisnis tersebut. Terapkan bisnis sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Tentunya terdapat masalah yang akan dihadapi, tapi jangan mudah menyerah. Cobalah untuk memikirkan solusi secara matang.

Setelah menjalankan bisnis, lakukan evaluasi. Apabila bisnis belum laris, evaluasi apa yang salah. Jika bisnis sudah ramai, coba evaluasi bagaimana mengembangkan bisnis tersebut.

Demikian penjelasan terkait bisnis kuliner yang menjanjikan. Sekarang Sobat OCBC NISP telah mengetahui ide bisnis kuliner yang menjanjikan dan cara memulainya. Apakah Sobat OCBC NISP tertarik memulai sekarang?

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu
Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile