Bunga Fed naik lebih cepat? Spekulasi atau Realita?

7 Jun 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Perekonomian AS sesuai dengan prediksi telah menunjukan perbaikan yang sangat signifikan.

Hal ini terlihat dari beberapa rilisan data ekonomi AS terutama data inflasi dan ketenagakerjaan AS. Data inflasi inti AS dirilis meningkat signifikan sebesar 3.1% untuk bulan April 2021 dan berada di atas estimasi para pelaku pasar di level 2.9%. Selain itu juga data consumer spending AS bertumbuh sebesar 0.5% dan juga klaim angka pengangguran AS yang kembali menurun ke level 406 ribu. Selain itu juga, agenda stimulus infrastruktur dan juga kenaikan pajak masyarakat kalangan atas AS juga diperkirakan akan membantu proses pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung saat ini.

Dengan demikian, kekhawatiran para pelaku pasar meningkat bahwa kemungkinan The Fed akan lebih cepat menaikkan suku bunga acuan yang berakibat pada kenaikan imbal hasil obligasi Pemerintah AS atau US Treasury yang saat ini berada pada level 1.61%. Selain itu juga, dengan rencana kenaikan suku bunga lebih cepat, maka potensi penguatan USD terhadap mata uang lainnya akan semakin besar.


Strategi Investasi:

Perbaikan ekonomi AS yang signifikan tentunya akan meningkatkan spekulasi para pelaku pasar bahwa The Fed akan menaikan suku bunga acuan lebih cepat. Apabila ekpektasi ini terjadi, maka penguatan USD akan kembali berlanjut dan imbal hasil obligasi US Treasury akan meningkat yang berarti bahwa adanya tekanan yang akan berdampak negatif terhadap pasar obligasi global dan juga obligasi Indonesia. Dalam jangka menengah hingga panjang, kenaikan inflasi merupakan dampak dari percepatan pemulihan ekonomi, sehingga tekanan pada pasar obligasi lebih bersifat sementara. Maka, jika nasabah memiliki jangka waktu investasi yang lebih panjang, tidak ada salahnya memanfaatkan situasi saat ini untuk mengakumulasi saat harga sedang melemah.

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Wealth Management

Wealth Management

Download OCBC mobile