Cara Usaha Ikan Hias di Rumah untuk Pemula Agar Cuan Jutaan

4 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Ingin untung puluhan juta hanya dengan jualan ikan hias? Simak beberapa cara usaha ikan hias rumahan dan modal yang perlu Anda siapkan berikut ini.

Di antara usaha rumahan lainnya, usaha ikan hias rumahan adalah salah satu bisnis paling cuan untuk dicoba. Meski tampak sepele, jika cara usaha ikan hias dilakukan secara tepat, Anda bisa memperoleh keuntungan dari belasan hingga ratusan juta dari bisnis ini. Buat Anda yang ingin memulai usaha ikan hias rumahan, simak panduannya di sini yuk!


Kenapa Peluang Usaha Ikan Hias Sangat Menguntungkan?

Sebelum membahas cara usaha ikan hias rumahan, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus memulai usaha ikan hias rumahan? Meskipun bisnis ikan hias di Indonesia mengalami pasang surut, namun peluang usaha ikan hias masih sangat menjanjikan, lho.

Berdasarkan penelitian ilmuwan di tahun 2015, memelihara ikan hias terbukti mampu memberikan kesehatan bagi pemiliknya. Saat melihat ikan hias dalam akuarium, detak jantung seseorang akan lebih stabil dan teratur. Selain itu, hormon stres yang diproduksi otak juga akan berkurang, sehingga rasa cemas juga akan menurun.


Jenis-Jenis Ikan Hias Paling Profit untuk Dijual

Sebelum membahas cara usaha ikan rumahan, Anda harus mengetahui jenis-jenis ikan hias yang banyak diminati hingga menghasilkan profit tinggi ketika dijual, ini daftar lengkapnya.

  1. Cupang
    Jenis ikan hias yang pertama adalah cupang. Dari seluruh jenis ikan hias di Indonesia, ikan cupang adalah ikan hias paling populer. Hampir seluruh penggemar ikan hias mengetahui jenis ikan ini. Oleh karena itu, jenis ikan satu ini dapat Anda pilih sebagai alternatif usaha ikan hias rumahan.

  2. Koi
    Ikan hias kedua yang tak kalah menguntungkan adalah koi. Jenis ikan ini mudah dikenali karena gradasi warna yang dimilikinya khas. Perpaduan warna oren, kuning, hitam dan putih di tubuhnya membuat daya tarik tersendiri bagi penonton. Dari segi profit, bisnis ikan koi juga sangat menguntungkan karena harga per ekornya bisa mencapai jutaan rupiah.

  3. Oscar
    Jenis ikan hias berikutnya adalah ikan oscar. Dibalik corak eloknya, ikan ini adalah jenis ikan agresif. Mereka cenderung tidak ramah dengan ikan lainnya, sehingga harus hidup bersama kelompoknya saja. Meski demikian, memiliki satu akuarium besar berisi sekelompok ikan oscar akan menyenangkan, karena corak tubuhnya enak dipandang.

    Pangsa pasar penyuka ikan oscar biasanya kelas menengah ke atas, dengan harga jual mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

  4. Mas Koki
    Salah cara usaha ikan hias Anda laris manis dengan menjual ikan mas koki, salah satu jenis ikan paling banyak penggemarnya di Indonesia. Kombinasi corak warna cantik dan bentuk tubuh menggemaskan membuat pecinta fanatik mas koki rela menggelontorkan belasan hingga ratusan juta rupiah untuk membelinya.

  5. Arwana
    Terakhir, jenis ikan yang menghasilkan keuntungan ketika dijual adalah ikan arwana. Sisiknya yang mengkilap dan tampak elegan membuat banyak orang ingin memeliharanya. Tempat tinggal ikan arwana memerlukan space lebih luas karena saat tumbuh, tubuh arwana bisa memanjang hingga 1 meter. Dibandingkan koi, ikan arwana punya harga paling tinggi, sehingga akan sangat menguntungkan jika Anda ternak ikan jenis ini.


Cara Usaha Ikan Hias Rumahan dengan Biaya Minimal

Sebelum terjun membuka usaha ikan hias rumahan, OCBC NISP punya beberapa cara usaha ikan hias agar Anda tidak kesusahan dan biayanya juga tidak terlalu membengkak, ini penjabarannya.

  1. Tentukan Target Pasar & Jenis Ikan yang Ingin Dijual
    Pertama cara usaha ikan hias rumahan adalah menetapkan target pasar dan jenis ikan hias untuk dijual. Dengan menjual jenis ikan hias yang banyak laku di pasaran, Anda akan meminimalisasi kerugian dan membuat pengeluaran lebih efektif. Misalnya, Anda menentukan target pasar pecinta ikan hias kalangan menengah ke atas, artinya Anda harus menjual jenis ikan hias berharga tinggi seperti ikan arwana, guppy, dan sejenisnya.

  2. Siapkan Peralatan Ternak yang Dibutuhkan
    Cara usaha ikan hias selanjutnya adalah menyediakan peralatan ternak yang diperlukan. Beberapa alat untuk menunjang kehidupan ikan hias Anda misalnya kolam, akuarium, oksigen, jaring, pompa air, selang, hingga aksesoris untuk mempercantik display habitatnya. Meski biayanya cukup mahal, peralatan ternak umumnya cukup dibeli sekali, setelah itu Anda bebas menggunakannya berkali-kali.

  3. Beli Bibit Terbaik dari Agen Terpercaya
    Menyediakan bibit terbaik adalah cara usaha ikan hias berikutnya. Karena Anda menjual makhluk hidup, pastinya Anda juga harus menyediakan bibit sebagai makanannya agar bertahan hidup. Sebaiknya Anda membeli bibit terbaik dari agen terpercaya. Nutrisi yang baik akan membuat ikan hias tumbuh sehat dan baik sehingga harga jualnya semakin tinggi.

  4. Belajar Merawat Ikan Sesuai Sifatnya
    Merawat ikan hias sesuai karakternya adalah cara usaha ikan hias yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak jenis ikan hias di dunia, maka cara perawatannya pun juga berbeda.

    Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai penjual untuk mengetahui dan mempelajari masing-masing sifat ikan hias. Sehingga Anda bisa memberikan perawatan terbaik sesuai dengan kebutuhan jenis ikan masing-masing, dan dapat membantu konsumen memilih ikan sesuai kemampuan perawatannya.

  5. Buat Strategi Promosi yang Bagus
    Cara usaha ikan hias terakhir adalah memasifkan promosi. Setelah produk ikan hias siap dijual, Anda harus membuat strategi promosi sebagus mungkin, sehingga banyak orang tertarik untuk membeli ikan hias dari usaha Anda.

    Beberapa hal yang dapat Anda lakukan misalnya mengoptimalkan pemasaran via online dan offline. Selain itu, Anda juga bisa membangun branding yang kuat sebagai spesialis ikan hias agar kepercayaan pelanggan semakin kuat.


Perhitungan Modal Usaha Ikan Hias

Setelah mengetahui peluang dan cara usaha ikan hias, mungkin Anda ingin memulainya tapi bingung berapa modal usaha ikan hias yang diperlukan. Nah, berikut adalah simulasi perhitungan modal usaha ikan hias rumahan.

Misalnya, Anda ingin memulai usaha ikan hias rumahan dengan menjual jenis ikan hias di botol, sehingga tidak perlu menyiapkan akuarium. Ini perhitungan modal usaha ikan hias di botol.


Jenis Ikan Hias yang Dijual
Berikut adalah jenis ikan hias air tawar yang bisa hidup di botol dan tak mudah mati:

10 Ikan Cupang
3 Ikan Botia
10 Ikan Black Ghost
1 Ikan Louhan
7 Ikan Manfish
12 Ikan Swordtail
6 Ikan Lemon

Total modal ikan hias

x Rp 45 ribu
x Rp 50 ribu
x Rp 15 ribu
x Rp 400 ribu
x Rp 8 ribu
x Rp 5 ribu
x Rp 7 ribu

Rp 450 ribu
Rp 150 ribu
Rp 150 ribu
Rp 400 ribu
Rp 56 ribu
Rp 60 ribu
Rp 42 ribu

Rp1.308.000


Peralatan Lainnya

Botol
Aquarium kecil
Bibit Ikan
Pemasaran

Total

Rp100 ribu
Rp250 ribu
Rp550 ribu
Rp250 ribu

Rp1.150.000


Jumlah modal keseluruhan: Rp1.308.000 + Rp1.150.000 = Rp2.458.000

Jadi besaran modal usaha ikan hias yang diperlukan adalah sebesar Rp2.458.000.

Itulah panduan cara usaha ikan hias di rumah yang bisa sobat OCBC NISP coba! Kesulitan bisnis ikan hias terletak di perawatan ikan sesuai karakteristiknya. Jadi, jika Anda ingin serius berbisnis di bidang ini, pastikan mempelajari jenis-jenis ikan hias dengan mendalam ya!

Apabila mengalami kesulitan pendanaan ketika hendak memulai bisnis, langsung saja ajukan ke OCBC NISP! Kami siap membantu mensukseskan bisnis Anda, apapun jenisnya!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja

Solusi pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
Nyala Bisnis

Nyala Bisnis

Layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu

Download OCBC mobile