13 Cara agar Tidak Boros Menggunakan Uang, Dijamin Lebih Hemat!

11 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Sobat OCBC NISP ingin tahu bagaimana cara agar tidak boros dalam menggunakan uang? Tenang, yuk simak beberapa tips agar tidak boros dalam artikel berikut ini.

Terkadang saat terlalu senang menerima gaji, kita sampai lupa untuk berhemat demi rencana-rencana di masa depan. Akhirnya kita pun melakukan keputusan finansial tidak bijaksana, seperti terjebak impulsive buying, membeli barang tidak penting, dan sebagainya. Agar tidak seperti itu lagi, yuk simak 13 cara agar tidak boros dari OCBC NISP berikut ini!

13 Cara Agar Tidak Boros dan Masih Bisa Menabung

Cara agar tidak boros uang sebenarnya beragam, tergantung dari kebutuhan dan pendapatan kita masing-masing. Di bawah ini, ada 13 cara agar tidak boros terhadap uang paling umum yang bisa Anda upayakan, di antaranya:

  1. Buat Anggaran Bertahap, Mulai dari Mingguan sampai Bulanan
    Membuat anggaran keuangan secara bertahap merupakan cara agar tidak boros terhadap uang pertama. Tetapkan susunan alokasi keuangan mulai dari mingguan hingga bulanan. Hal ini membuat Anda mampu mengontrol pengeluaran, agar uang keluar sesuai keperluan yang sudah dibuat dalam anggaran. Dengan demikian, Anda pun akan terhindar dari sifat boros.

  2. Susun Rencana Keuangan Jangka Panjang
    Cara agar tidak boros yang kedua adalah menyusun rencana keuangan jangka panjang. Selain membuat anggaran jangka pendek, Anda juga harus memperhitungkan kebutuhan dan prospek tujuan di masa depan. Dengan memiliki rencana jangka panjang, Anda akan lebih termotivasi menghindari keborosan di masa sekarang.

  3. Hindari Terlalu Banyak Punya Tagihan Kredit
    Cara agar tidak boros terhadap uang yakni sebaiknya Anda menghindari tagihan kredit secara berlebihan. Mempunyai hutang atau kartu kredit bukanlah sesuatu yang salah. Namun, bila Anda tidak menggunakannya secara bijak, maka tagihan kredit Anda akan membengkak.

    Oleh karena itu, berhutanglah secukupnya dan sesuai kemampuan finansial Anda. Biasanya, ukuran maksimal tagihan kredit setiap bulan yaitu 30% dari pendapatan. Selain itu, usahakan berhutang untuk kegiatan produktif sehingga tidak merugi dan justru bisa menambah penghasilan Anda.

  4. Meminimalisasi Penggunaan Aplikasi Belanja Online
    Kemudahan berbelanja secara online mendorong Anda melakukan transaksi pembelian. Meskipun awalnya Anda tidak berniat membeli dan hanya melihat-lihat saja sebagai aktivitas window shopping, namun kebiasaan tersebut mampu membuat Anda tergiur untuk membelinya. Padahal produk tersebut bukanlah kebutuhan utama, hanya sekedar memenuhi keinginan saja.

    Jika hal tersebut dibiarkan secara terus menerus maka hidup Anda menjadi boros. Oleh karena itu, salah satu cara agar tidak boros belanja paling ampuh adalah dengan meminimalisasi penggunaan aplikasi belanja online.

  5. Jangan Mudah Terjebak Strategi Pemasaran Psikologis
    Sebagai seorang konsumen, salah satu strategi pemasaran yang sulit kita hindari adalah strategi pemasaran psikologis, misalnya diskon besar-besaran dan promo berbatas waktu. Jika kita mudah terjebak permainan emosional seperti ini, kita akan terkena sindrom belanja impulsif, yang akan membuat kita membeli barang-barang tidak diperlukan.

    Oleh sebab itu, salah satu cara agar tidak boros belanja adalah mendidik diri kita agar waspada menghadapi strategi pemasaran semacam ini. Semenarik apapun diskonnya, jangan membeli sebuah produk apabila tidak membutuhkannya.

  6. Gunakan Paylater dalam Keadaaan Darurat Saja
    Penggunaan paylater secara terus menerus bisa membuat kondisi finansial Anda tidak sehat. Sebab selain harus membayar tagihan, Anda juga harus membayar bunga tiap bulannya.

    Oleh sebab itu, cara agar tidak boros terhadap uang dengan memanfaatkan fitur paylater ketika dalam keadaan darurat saja. Misalnya, uang tunai yang dibawa kurang, lupa membawa dompet, ada promo atau diskon besar, dan sebagainya.

  7. Deteksi Kapan Diri Anda Terkena Impulsive Buying
    Impulsive buying atau sindrom belanja impulsif dapat terjadi di mana saja, bukan hanya karena promo atau diskon seperti yang dijelaskan dalam cara agar tidak boros poin kelima.

    Oleh sebab itu, Anda harus bisa mendeteksi kapan rawan mengalami sindrom belanja impulsif dan penyebabnya. Sebagai contoh, Anda sedang belanja ke pasar dan melihat sayur dengan harga miring. Sebelum memutuskan beli, sebaiknya Anda pertimbangkan dulu kapasitas Anda dan keluarga dalam mengonsumsi sayur tersebut.

  8. Jangan Membeli Barang karena Gengsi
    Cara agar tidak boros uang berikutnya adalah membeli barang berdasarkan kebutuhan, bukan karena keinginan. Jika Anda mengedepankan gengsi dalam membeli sesuatu, maka siap-siap saja keuangan Anda menjadi berantakan karena boros. Lebih baik hidup sederhana dan apa adanya tapi kesehatan finansial terjaga, daripada tampak kaya dan berkelas tapi banyak tagihan di belakang.

  9. Kurangi Jajan di Tempat Mahal
    Hobi membeli makanan atau camilan di cafe/mall bisa menguras kantong Anda sebelum akhir bulan. Salah satu cara agar tidak boros jajan adalah mengurangi intensitas Anda mengunjungi tempat-tempat mahal tersebut. Jika memang ingin jajan, pilih tempat jajan dengan makanan lebih murah. Akan lebih baik lagi jika Anda mengganti jajanan dengan makan buah dan sayuran.

  10. Susun Prioritas Sebelum Berbelanja
    Hobi membeli makanan atau camilan di cafe/mall bisa menguras kantong Anda sebelum akhir bulan. Salah satu cara agar tidak boros jajan adalah mengurangi intensitas Anda mengunjungi tempat-tempat mahal tersebut. Jika memang ingin jajan, pilih tempat jajan dengan makanan lebih murah. Akan lebih baik lagi jika Anda mengganti jajanan dengan makan buah dan sayuran.

  11. Lebih Mensyukuri Apa yang Sudah Dimiliki
    Salah satu cara agar tidak boros terhadap uang paling ampuh adalah bersyukur. Dengan bersyukur, Anda dapat merasakan kepuasan hidup lebih mendalam, sehingga tidak perlu menghamburkan terlalu banyak uang hanya demi mengejar kebahagiaan.

  12. Terapkan Konsep Hidup Minimalis
    Hidup minimalis adalah konsep memanfaatkan barang sedikit dan sederhana secara maksimal. Konsep ini mengajarkan kita untuk menjalani hidup apa adanya dan membeli barang berdasarkan fungsionalnya. Dengan hidup minimalis, Anda dapat menekan diri berbelanja sesuai kebutuhan saja, sehingga Anda akan jadi lebih hemat.

  13. Pelajari Cara Hidup Ikigai
    Terakhir, cara agar tidak boros adalah mempelajari konsep hidup Ikigai, yaitu menyeimbangkan kesukaan, keahlian, uang, dan makna hidup. Saat menerapkan konsep ikigai dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan memaknai kebahagiaan dengan lebih bijaksana. 

Demikianlah 13 cara agar tidak boros dari OCBC NISP supaya Anda bisa hidup lebih hemat! Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda bukan saja mengurangi potensi keborosan, tapi juga dapat hidup lebih tenang, tentram, dengan prospek masa depan lebih bahagia. Sudah coba cara yang mana, sobat OCBC NISP?

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile