Sekuritas: Pengertian Jenis dan Tips Memilihnya

11 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Sekuritas adalah instrumen finansial dengan nilai tertentu yang menunjukkan kepemilikan seseorang terhadap aset. Kenali jenis jenis sekuritas dan contohnya.

Di dunia investasi, sekuritas adalah obyek utama yang dimanfaatkan untuk menghasilkan profit, baik bagi investor, perusahaan efek, atau pengawasnya. Proses jual beli sekuritas umumnya terjadi di pasar sekuritas, dengan atau tanpa perantara. Tapi sebenarnya apa itu sekuritas? Bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan lengkapnya dari OCBC NISP di bawah ini.

Apa Itu Sekuritas?

Di dunia bisnis, pengertian sekuritas adalah instrumen keuangan dengan nilai tertentu yang mencerminkan kepemilikan seseorang atau badan usaha atas suatu aset. Istilah alternatif dari sekuritas adalah efek. Kepemilikan sekuritas atau efek wajib menghasilkan return bagi pemiliknya, sesuai persentase kepemilikan atas aset.

Sama seperti aset, sekuritas merupakan obyek yang dapat dengan mudah dipindahtangankan melalui transaksi jual beli. Bedanya, sekuritas hanya dapat diperjual belikan melalui pasar atau perusahaan efek.

Bagaimana Cara Kerja Sekuritas?

Setelah membahas apa itu sekuritas, kali ini OCBC NISP akan menjelaskan cara kerja sekuritas dalam menghasilkan profit bagi pemiliknya. Sebelum memberi keuntungan, pertama-tama sekuritas akan ditawarkan dulu kepada masyarakat calon investor.

Selanjutnya apabila tertarik membeli, calon investor bisa melakukan dua hal, yaitu menghubungi perusahaan sekuritas atau langsung terjun sendiri ke pasar sekuritas.

Perusahaan sekuritas adalah lembaga negeri atau swasta penjual sekuritas sekaligus penyedia fasilitas pengelolaannya. Sedangkan menurut OJK, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang sudah mengantongi izin usaha dari OJK untuk menjadi perantara perdagangan sekuritas, penjamin emisi, atau kegiatan lainnya sesuai peraturan dan ketentuan pengawas modal.

Sementara itu, pasar sekuritas adalah sebuah lembaga khusus memfasilitasi proses jual beli sekuritas. Disamping itu, tugas lain pasar sekuritas adalah mengawasi jalannya transaksi sekuritas di dalam lingkungannya.

Perusahaan sekuritas Indonesia ada sangat banyak dan melayani jual beli sekuritas secara offline maupun online. Akan tetapi di Indonesia, satu-satunya pasar sekuritas adalah Bursa Efek Indonesia (BEI), yang terletak di Jakarta.

Kegiatan yang Dilakukan Perusahaan Sekuritas

Secara garis besar, terdapat 2 kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan sekuritas, di antaranya:

  1. Perantara Perdagangan Efek (Broker Dealer)
    Kegiatan pertama perusahaan sekuritas yakni sebagai perantara jual beli efek/sekuritas, baik bagi kepentingan sendiri maupun orang lain. Dalam hal ini, perusahaan berhak melakukan aktivitas jual beli secara langsung atau menjadi perantara transaksi dengan pengawasan dari bursa efek.

  2. Penjamin Emisi Efek (Underwriter)
    Peran berikutnya perusahaan sekuritas adalah menjamin kelancaran klien emitennya saat melakukan penawaran saham ke publik (initial public offering/IPO). Beberapa kegiatan yang termasuk dalam penjaminan emisi efek misalnya melengkapi administrasi, mengeluarkan tanggal perilisan saham ke publik, dan sebagainya.


Jenis Jenis Sekuritas

Setelah membahas pengertian sekuritas, cara kerja, dan kegiatan perusahaan sekuritas, apakah Anda sedikit kebingungan memahami apa itu sekuritas? Faktanya, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih sering mendengar jenis jenis sekuritas daripada istilah sekuritas itu sendiri. Selengkapnya tentang jenis jenis sekuritas adalah sebagai berikut.

  1. Obligasi/Surat Utang
    Jenis sekuritas yang pertama adalah obligasi atau surat utang, yaitu suatu sertifikat berharga yang dijual entitas guna mendapatkan pinjaman dari investor, dengan imbalan bunga tertentu. Contoh sekuritas jenis ini misalnya Surat Utang Negara (SUN), Saving Bond Ritel (SBR), sekuritas syariah berupa sukuk, dan sebagainya.

  2. Ekuitas/Saham
    Jenis berikutnya sekuritas adalah ekuitas, atau lebih populer dengan istilah saham. Seperti yang mungkin sudah Anda pahami, saham adalah persentase kepemilikan seseorang atas sebuah badan usaha, dengan presentasi berbentuk lot atau lembar saham. Beberapa contoh sekuritas saham misalnya dividen, reksadana, dana investasi real estate (DIRE), dan sebagainya.

Tips Memilih Perusahaan Efek untuk Investasi

Setelah membahas pengertian sekuritas, cara kerja, kegiatan, dan jenis jenis sekuritas, kali ini kita akan membahas tips memilih perusahaan efek agar untung Anda maksimal. Selengkapnya mengenai tips memilih perusahaan efek adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Perusahaan Terdaftar di OJK
    Tips pertama memilih perusahaan sekuritas adalah dengan memastikan nama perusahaan tersebut terdaftar di OJK. Ini perlu Anda lakukan agar keamanan transaksi sekuritas Anda terjamin dari risiko penipuan. Lebih detailnya tentang perusahaan sekuritas yang sudah mendapat izin bisa Anda akses langsung di laman resmi OJK.

  2. Pilih yang Mengutamakan Kemudahan Transaksi
    Tips kedua memilih perusahaan sekuritas adalah memilih perusahaan yang mengutamakan kemudahan transaksi, terutama jika Anda seorang investor pemula. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih perusahaan efek dengan pelayanan sabar dan mau dijadikan partner diskusi. Dengan demikian, Anda bisa lebih nyaman melakukan transaksi dan terhindar dari kesalahan saat membuat keputusan.

  3. Pertimbangkan Kualitas Manajer Investasinya
    Setiap perusahaan efek memilih beberapa Manajer Investasi (MI) dengan tugas melayani dan membantu klien menganalisa potensi suatu sekuritas. Sebelum memilih satu perusahaan sebagai mitra investasi Anda, sebaiknya cari tahu dulu bagaimana kualitas MI-nya. Informasi tersebut bisa Anda cari dari testimoni orang lain atau citra perusahaan efek di mata orang-orang yang aktif di bursa efek.

  4. Sesuaikan Tarif Pelayanan Sekuritas dengan Budget Anda
    Tips terakhir memilih perusahaan sekuritas adalah sesuaikan tarif perusahaan tersebut dengan budget yang Anda punya. Setiap perusahaan efek punya standar tarif pelayanan masing-masing. Oleh karena itu, sebelum memilih fasilitator investasi sekuritas, sebaiknya Anda melakukan riset dan mencari perusahaan dengan layanan sekuritas terbaik, tapi harganya terjangkau.

Demikian penjelasan dari OCBC NISP tentang apa itu sekuritas, cara kerja, jenis jenis sekuritas, serta tips memilihnya! Kalau ingin investasi sekuritas dengan mudah dan menyenangkan, buka tabungan Nyala di aplikasi ONe Mobile OCBC NISP yuk! Di ONe Mobile, Anda bisa berinvestasi dengan ditemani Manajer Investasi yang handal dan berpengalaman lho, yuk coba sekarang!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile