Daftar Biaya Perawatan Gigi di Rumah Sakit Terbaru 2021 Lengkap!

9 Sep 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Berapa biaya perawatan gigi di rumah sakit saat ini? Ini dia daftar terbarunya!

Anda pasti sering mendengar ungkapan “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati,” namun nyatanya sebagian besar orang merasakan kesakitan yang luar biasa ketika giginya mengalami ganggungan. Mengingat biaya perawatan gigi yang tidak murah, maka penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan gigi.

harga perawatan gigi di berbagai tempat pun berbeda. Mulai dari rumah sakit, klinik hingga puskesmas cukup bervariasi. Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai harga perawatan gigi, Yuk simak rangkuman daftar biaya perawatan gigi dari OCBC NISP di bawah ini!


Jenis-jenis Perawatan Gigi

Sebelum mencari tahu biaya perawatan gigi, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui jenis-jenis perawatan gigi di bawah ini.

  1. Perawatan Sederhana: Konsultasi dengan Dokter
    Perawatan check up gigi sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin tiap enam bulan sekali. Melalui konsultasi, dokter akan memberikan evaluasi terhadap kesehatan gigi dan mulut.

    Selain itu, dokter juga akan memberikan rekomendasi tindakan medis apabila menemukan kerusakan atau potensi penyakit akibat kondisi gigi dan mulut yang kurang sehat.

  2. Pembersihan Karang Gigi (Scaling Gigi)
    Karang gigi muncul karena plak yang menumpuk terlalu lama. Biasanya, kondisi ini ditimbulkan karena kurangnya perhatian seseorang dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. .

    Karang gigi ini dapat menimbulkan penyakit lain seperti radang gusi, menjadi sarang bakteri, bahkan bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

  3. Pemasangan dan Perawatan Behel
    Pemasangan behel ditujukan untuk memperbaiki susunan gigi yang dianggap kurang rapi. Selain itu, behel juga berfungsi untuk mengatasi masalah mengunyah, melindungi gigi, masalah rahang, dan sebagainya.

    Tak selesai dalam proses pemasangan saja, seseorang yang menggunakan behel juga perlu mendapat perawatan dari dokter gigi untuk mencegah terjadinya penumpukan plak di sekitar kawat gigi.Pencabutan Gigi

  4. Pencabutan Gigi
    Pencabutan gigi biasanya dilakukan ketika gigi Anda sudah sangat rusak. Meskipun terlihat sepele, pencabutan gigi bertujuan untuk mencegah karies, radang gigi, meredakan sakit gigi, dan menghindari resiko infeksi.

  5. Perawatan Gigi Berlubang
    Gigi berlubang ditimbulkan oleh kebiasaan memakan makanan manis dan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi. Melakukan perawatan secara rutin ke dokter gigi akan membantu Anda mendeteksi adanya lubang pada gigi lebih dini. Apabila ditemukan gigi yang rentan berlubang, biasanya dokter akan memberikan sealant, yakni jaket pelindung gigi.

  6. Perawatan Secara Mandiri di Rumah
    Selain perawatan di dokter gigi, Anda juga dapat melakukan perawatan sendiri di rumah untuk menghindari potensi penyakit yang dapat menyerang area gigi. Berikut perawatan gigi yang bisa Anda lakukan dirumah:

    • Rajin menggosok gigi setelah makan

    • Rajin berkumur dengan pembersih mulut

    • Menjaga asupan makan

    • Menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride.


Kisaran Biaya Perawatan Gigi Terbaru 2021!

  1. Biaya Perawatan Gigi Berlubang atau Tambal Gigi
    Perawatan gigi yang satu ini biasanya memakan biaya yang tinggi. Besarnya biaya perawatan gigi berlubang bermacam-macam, tergantung pada tingkat kerusakan gigi, tempat melakukan perawatan, bahan tambal, dan ada tidaknya tindakan lanjutan.

    Biaya perawatan gigi berlubang dibagi menjadi tiga jenis kerusakan, yaitu ringan, sedang dan parah. Diagnosa ini hanya dapat diberikan oleh dokter gigi yang Anda kunjungi. Berikut kisaran harga perawatan untuk gigi berlubang

    • Kerusakan ringan = Rp150 ribu - Rp300 ribu

    • Kerusakan sedang = Rp400 ribu - Rp600 ribu

    • Kerusakan parah = Rp700 ribu - Rp 1 juta

    Selain pada tingkat kerusakan gigi, biasanya biaya perawatan gigi berlubang juga akan berbeda-beda tergantung pada tempatnya.

  2. Biaya Perawatan Gigi di Rumah Sakit
    Perawatan gigi di rumah sakit biasanya memiliki tarif yang beragam, tergantung pada jenis perawatan yang Anda butuhkan. Untuk pemeriksaan dan konsultasi, beberapa rumah sakit mematok harga mulai dari Rp60 ribu - Rp150 ribu.

    Untuk pembersihan karang gigi (scaling gigi) biaya yang harus Anda keluarkan berkisar antara Rp100 ribu - Rp300 ribu, tergantung pada kesehatan gigi Anda.

    Untuk kebutuhan perawatan lainnya, seperti cabut gigi, cephalometry, dental bridge, dan tindakan medis lainnya, harga perawatan gigi yang harus dibayar akan lebih mahal, yakni mulai dari Rp300 ribu.

    Apabila Anda ingin memasang behel di rumah sakit, maka Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal lagi. Untuk rumah sakit swasta, harga yang dipatok biasanya mulai dari Rp6 juta. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan jasa dokter umum atau rumah sakit khusus gigi karena biasanya mereka mematok harga yang lebih murah.

    Apabila Anda ingin memasang behel di rumah sakit, maka Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal lagi. Untuk rumah sakit swasta, harga yang dipatok biasanya mulai dari Rp6 juta. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan jasa dokter umum atau rumah sakit khusus gigi karena biasanya mereka mematok harga yang lebih murah.

    Biaya perawatan gigi di rumah sakit negeri dan swasta berbeda. Rumah sakit swasta biasanya mematok harga yang relatif lebih mahal dibanding rumah sakit negeri.

    Selain itu, faktor wilayah juga mempengaruhi. Misalnya, biaya perawatan gigi di rumah sakit area Yogyakarta mulai dari Rp50 ribu, sedangkan untuk area Jabodetabek mulai dari Rp100 ribu.

  3. Biaya Perawatan Gigi di Dokter (Klinik)
    Harga perawatan gigi di klinik sangat beragam, tergantung pada reputasi klinik, kompetensi dokter, dan layanan yang disediakan. Namun kini, beberapa klinik dokter gigi telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Apabila Anda telah terdaftar dan memiliki kartu BPJS Kesehatan, tarif yang didapatkan akan berbeda dengan tarif normal.

    Secara umum biaya perawatan gigi di dokter dikenai tarif mulai Rp100 ribu dan Rp150 ribu untuk wilayah Jabodetabek.

  4. Biaya Perawatan Gigi di puskesmas
    Perawatan gigi di puskesmas biasanya berbiaya lebih murah dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit dan klinik. Hal ini karena puskesmas mendapatkan banyak subsidi dari pemerintah. Meski begitu, tentu dokter yang melayani telah berpengalaman dan kompeten.

    Untuk konsultasi rutin mengenai kesehatan gigi, biaya di puskesmas biasanya di bawah Rp50 ribu. Sedangkan untuk perawatan lain seperti tambal gigi, Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp70 ribu.

    Namun untuk masyarakat yang memiliki kartu BPJS Kesehatan, biaya perawatan gigi akan digratiskan. Hal ini karena Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat 1 merupakan mitra BPJS Kesehatan.

  5. Biaya Perawatan Gigi Melalui Asuransi
    Dewasa ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan khusus perawatan gigi. Karena biaya perawatan gigi sudah ditanggung dalam premi, maka Anda bisa menghemat uang untuk berobat. Ada berbagai macam perawatan gigi yang ditanggung oleh asuransi, yakni perawatan dasar, perawatan kompleks, pemasangan implan gigi, pembersihan karang, dan sebagainya.

    Nominal premi beragam, tergantung perusahaan asuransi penyedia. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghubungi perusahaan asuransi yang Anda pilih terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah premi yang mereka syaratkan.


Itulah pembahasan mengenai beberapa jenis dan biaya perawatan gigi terbaru. Cukup mahal bukan? Karena itu kiranya Anda perlu memiliki tabungan khusus untuk biaya kesehatan seperti TabunganKu dari OCBC NISP, menabung ringan tanpa biaya admin dan setoran awal rendah mulai dari Rp20 ribu saja.


Baca Juga:


Referensi tambahan:
https://www.halodoc.com/artikel/cegah-sakit-gigi-periksa-ke-dokter-wajib-6-bulan-sekali
https://www.alodokter.com/apa-saja-efek-karang-gigi-dan-cara-mencegahnya
https://www.alodokter.com/5-langkah-perawatan-gigi-ini-ampuh-hindari-gigi-berlubang
https://harga.web.id/biaya-tambal-gigi-geraham-di-puskesmas-rumah-sakit.info

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile