5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah bagi yang Butuh Dana Cepat

30 Sep 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Tertarik mengajukan pinjaman bunga rendah? Pelajari tips di bawah ini. 

Pinjaman bunga rendah banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak, bunga yang tinggi seringkali membuat total angsuran semakin membengkak, hal ini tentu berdampak buruk terhadap kesehatan finansial.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir ketika mengajukan pinjaman, karena Anda bisa memilih jenis pinjaman dengan bunga rendah yang banyak ditawarkan oleh beberapa bank. Untuk itu, yuk simak ulasan beserta tips mengenai pinjaman bunga rendah berikut ini.


Apa itu Pinjaman Bunga Rendah

Bank tidak hanya berperan untuk menabung saja, tetapi juga bisa memberikan Anda pelayanan berupa pinjaman dana. Hampir setiap nasabah bank pernah memanfaatkan layanan ini untuk kebutuhan darurat maupun sehari-hari. Misalnya, pembelian kendaraan, rumah atau biaya rumah sakit.

Setiap pinjaman dari bank pasti terdapat bunga yang dibebankan pada debitur. Bunga yang tinggi tentu akan memberatkan Anda sebagai nasabah bank. Karena itu, pandailah untuk memilih pinjaman bunga rendah.

Sesuai namanya, pinjaman bunga rendah adalah layanan bank yang menawarkan kredit dengan bunga rendah pada setiap angsuran. Biasanya bunga tersebut tidak lebih dari 2% bahkan bisa di bawah 1% setiap bulannya.


Jenis-jenis Pinjaman Bunga Rendah

Pinjaman bank tidak hanya sebatas satu jenis saja, melainkan ada berbagai macam pinjaman bunga rendah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. berikut penjelasannya.

  1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
    Kredit Pemilikan rumah atau KPR adalah pinjaman yang digunakan untuk biaya pembelian rumah. Adanya KPR membantu masyarakat dalam mewujudkan rumah impian mereka tanpa harus mengeluarkan banyak modal di awal, dengan tenor mencapai 25 tahun.

    Bunga yang diberikan juga cukup bervariasi, tergantung dari kebijakan masing-masing bank, mulai dari 6-10% per tahun dalam 1-5 tahun pertama. Contohnya yaitu KPR Easy Start dari bank OCBC NISP yang menawarkan angsuran dan pinjaman bunga rendah untuk para generasi muda.

  2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)
    Kredit tanpa Agunan adalah sistem pinjaman dari bank tanpa menggunakan jaminan. Jenis pinjaman ini cukup digemari oleh masyarakat. Selain tidak adanya jaminan, proses pengajuannya juga lebih mudah dibanding yang lain, dan tentunya disertai bunga rendah. Contohnya adalah KTA Cash Biz dari OCBC NISP dengan bunga mulai dari 0.99% saja.

    KTA biasanya digunakan untuk kebutuhan yang mendesak, seperti pendidikan, modal usaha, renovasi rumah dan sebagainya. Meski begitu, tak jarang nasabah yang memanfaatkan KTA untuk keperluan lain, misalnya membeli kendaraan bahkan liburan.

  3. Kredit dengan Agunan
    Kebalikan dari KTA, kredit dengan agunan adalah layanan pinjaman yang mengharuskan nasabah menyerahkan jaminan berupa aset, misalnya sertifikat rumah. Pada umumnya, kredit agunan digunakan oleh nasabah yang memerlukan dana besar.

    Maka dari itu, tak heran bila jenis pinjaman ini membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pencairannya. Serta memiliki tenor pinjaman yang panjang. Tetapi, kabarnya bunga yang dibebankan lebih rendah daripada kredit tanpa agunan.

  4. Kredit Multi Guna (KMG)
    Sama halnya dengan kredit agunan, kredit multi guna adalah jenis pinjaman yang pengajuannya harus disertai jaminan. KMG bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda.

    Salah satu contoh KMG dengan pinjaman bunga rendah disediakan oleh bank yaitu layanan KMG OCBC NISP dari bank OCBC NISP yang menawarkan dana tunai hingga Rp10 Miliar dan tenor hingga 15 tahun dengan bunga hanya mulai dari 10,5% per tahun.

  5. Kredit Pembelian Mobil (KPM)
    Kredit pembelian mobil adalah jenis pinjaman yang digunakan untuk pembiayaan pembelian kendaraan baru atau bekas bagi para nasabah sesuai dengan keinginan mereka. Dengan begitu, tidak mustahil untuk memiliki mobil di usia muda.

    Meskipun tidak semua, namun telah banyak bank yang menyediakan layanan ini bagi para nasabahnya. Salah satunya KPM OCBC NISP, dengan fitur ini Anda bisa memiliki mobil impian dengan pinjaman bunga rendah mulai dari 4,8% per tahun dan tenor hingga 5 tahun.


Jenis-jenis Bunga Bank

Dalam dunia perbankan, terdapat 5 jenis suku bunga yang umum diterapkan. Bagi Anda yang sudah familiar dengan pengajuan kredit, maka pasti sudah memahaminya.

  1. Suku Bunga Flat
    Suku bunga flat seringkali diterapkan pada kredit jangka pendek seperti kredit tanpa agunan atau pembelian barang konsumsi seperti mobil dan handphone. Perhitungan suku bunga ini merujuk pada pokok pinjaman di awal pada setiap periode angsuran, sehingga perhitungannya cukup sederhana.

  2. Suku Bunga Mengambang (Floating)
    Suku bunga mengambang bersifat fleksibel. Dalam artian, selalu berubah mengikuti besaran bunga di pasaran. Jika suku bunga di pasaran turun, maka beban bunga juga diturunkan dan begitu juga sebaliknya.

  3. Suku Bunga Tetap (Fixed)
    Seperti namanya, suku bunga ini bersifat tetap dan tidak mengalami perubahan hingga masa tenor berakhir. Jadi, meskipun Anda mengambil tenor 25 tahun, beban bunga yang diberikan selama itu tidak akan naik atau turun.

  4. Suku Bunga Efektif
    Berbeda dengan sistem bunga flat, suku bunga ini dihitung dari sisa jumlah pinjaman pokok pada setiap bulan yang telah dikurangi dengan penyusutan utang. Dengan artian, semakin sedikit sisa pinjaman Anda, maka bunganya semakin rendah

  5. Suku Bunga Anuitas
    Suku bunga anuitas dipakai untuk menyamakan jumlah angsuran pokok yang harus dibayarkan setiap bulan. Pada sistem anuitas, jumlah bunga pada awal periode cukup besar, namun akan semakin sedikit di akhir periode.


Tips Memilih Pinjaman Bunga Rendah

Berbicara mengenai pinjaman bunga rendah, tidak cukup apabila hanya dengan mengetahui bunga yang ditawarkan oleh bank. Anda juga harus pandai menilai dan memilih bank yang tepat. Berikut adalah tipsnya.

Tentukan Besaran Pinjaman
Pada umumnya, beban bunga yang harus Anda bayarkan sesuai dengan jumlah pinjaman yang diajukan. Semakin besar pinjaman, maka semakin besar pula bunganya. Karenanya, untuk mendapat pinjaman bunga rendah, sesuaikan total ajuan dengan kemampuan Anda.

Perhatikan Persyaratan dengan Benar
Jangan terlalu tergiur dengan fitur pinjaman bunga rendah yang ditawarkan. Anda juga harus teliti mengenai syarat-syarat dan ketentuannya. Pastikan syarat yang diberikan bisa Anda penuhi dan tidak merugikan dalam jangka panjang.

Melakukan Perbandingan
Agar mendapatkan pinjaman bunga rendah sesuai keinginan, Anda bisa melakukan perbandingan di beberapa bank. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan bank mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. selain itu, perhatikan juga kredibilitas bank tersebut.

Itu dia penjelasan mengenai pinjaman bunga rendah serta beberapa referensi dan tips dalam memilihnya. Semakin kecil bunga yang dibebankan, maka keuntungan yang Anda dapatkan semakin besar. Ingin tahu berbagai informasi mengenai aktivitas finansial yang menguntungkan? Simak terus informasinya di OCBC NISP.


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile