8 Strategi Pengembangan Usaha yang Efektif Raih Kesuksesan

11 Okt 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Simak strategi pengembangan usaha yang tepat untuk bisnis Anda.

Dewasa ini, usaha kecil menengah tumbuh begitu pesat di Indonesia. Hal itu berpengaruh pada persaingan yang juga makin ketat. Oleh karenanya, dibutuhkan strategi pengembangan usaha yang tepat bagi para pelaku UMKM. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi digital dalam berbisnis.

Peran usaha mikro, kecil maupun menengah cukup besar dalam perekonomian nasional. Peluang yang diberikan juga menjanjikan, terlebih jika dijalankan dengan strategi yang tepat seperti contoh-contoh strategi pengembangan usaha di bawah ini.


8 Strategi Pengembangan Usaha untuk Bisnis Anda

Di masa pandemi ini, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menyadari bahwa membangun usaha kecil menengah akan menjadi peluang menjanjikan, terutama jika Anda menjalankan bisnis tersebut dengan strategi yang tepat.

Strategi pengembangan usaha yang tepat sangat diperlukan agar bisnis Anda dapat lebih optimal dan memperoleh keuntungan semaksimal mungkin. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengembangkan usaha. Diantaranya sebagai berikut.


  1. Membangun Brand yang Kuat
    Branding menjadi salah satu strategi pengembangan usaha utama yang harus dibentuk sejak awal bisnis Anda berjalan. Anda dapat memulainya dengan memperkenalkan identitas brand, serta kelebihan yang dimiliki kepada para konsumen, melalui televisi maupun media sosial.

    Usahakan untuk membuat sesuatu yang unik dan berbeda dari pesaing bisnis Anda. Hal ini akan menarik dan meningkatkan loyalitas konsumen dengan melihat bisnis Anda sebagai brand yang berkualitas.

  2. Membuat Konten Marketing yang Menarik
    Di era digital seperti saat ini, membuat konten marketing yang menarik akan menjadi salah satu strategi pengembangan usaha yang sangat efektif. Melalui digital marketing, Anda dapat membangun brand awareness tentang bisnis Anda, dan juga mempromosikan produk yang Anda jual secara online.

    Misalnya, salah satu strategi marketing yang tidak membutuhkan biaya besar adalah menulis blog tentang usaha Anda di situs komunitas online. Anda dapat melakukannya sendiri atau membayar freelance content writer untuk membuat tulisan tentang produk yang dijual.

  3. Ciptakan Inovasi Secara Berkala
    Biasanya, konsumen akan merasa jenuh dan ingin mencoba hal baru. Anda dapat melakukan inovasi dengan mengikuti trend yang sedang disukai oleh konsumen. Hal ini akan menjadi salah satu strategi pengembangan usaha untuk mempertahankan konsumen Anda dari kompetitor.

  4. Manfaatkan Media Sosial dengan Tepat
    Salah satu langkah yang paling mudah untuk Anda lakukan sebagai strategi pengembangan usaha adalah memanfaatkan media sosial. Media sosial dapat diakses oleh siapa saja dengan gratis, sehingga Anda dapat melakukan promosi yang menarik agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda.

    Jika Anda ingin menjangkau pasar yang lebih luas, Anda dapat memanfaatkan fitur iklan melalui media sosial untuk memaksimalkan promosi. Ada beberapa platform media sosial yang menyediakan fitur ads. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

    • Facebook Ads
      Facebook Ads adalah fitur yang membuat profil usaha Anda akan terlihat di akun pengguna lain. Dengan strategi pengembangan usaha yang satu ini, Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan konsumen dari banyaknya pengguna facebook.

      Namun, Anda harus menyiapkan biaya khusus untuk menggunakan Facebook Ads. kemudian facebook akan menyesuaikan jumlah klik dan page view di akun usaha Anda sesuai paket yang dipilih.

    • Instagram Ads
      Instagram menjadi salah satu strategi pengembangan usaha yang sangat efektif dan murah untuk jenis usaha dengan skala kecil. Anda dapat meningkatkan awareness dengan menggunakan Instagram Ads. Fitur berbayar ini akan membuat produk Anda muncul di dalam feeds pengguna lainnya.

      Selain itu, dengan Instagram, Anda dapat mengenalkan produk Anda melalui foto yang dipublikasikan di akun usaha Anda, serta menambahkan hashtag agar postingan tersebut dapat dilihat oleh banyak orang.

  5. Lakukan Riset Kompetitor
    Mempunyai banyak kompetitor merupakan hal yang wajar. Anda perlu mengetahui siapa saja kompetitor usaha Anda, serta keunggulan dan kekurangan yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda dapat menciptakan hal yang berbeda untuk bisa bertahan dan bersaing dengan mereka.

    Selain itu, dengan melakukan riset pasar, Anda dapat mengetahui trend yang sedang diminati. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi pengembangan usaha agar tepat sasaran.

  6. Memperluas Jaringan Bisnis
    Penting bagi Anda untuk terus memperluas jaringan bisnis dengan banyak orang. Hal ini akan membantu strategi pengembangan usaha Anda agar berkembang dan semakin maju. Misalnya, Anda dapat membuat kerjasama dengan reseller atau memperbanyak franchise.

  7. Memperbanyak Promo
    Melakukan promosi yang menarik menjadi salah satu strategi pengembangan usaha yang sangat efektif untuk menaikan jumlah konsumen dan meningkatkan keuntungan. Anda dapat melakukan promosi secara berkala, melalui media cetak, media massa maupun promosi sosial media.

  8. Rajin Melakukan Evaluasi
    Selanjutnya, strategi pengembangan usaha yang harus Anda perhatikan adalah melakukan evaluasi secara rutin. Dengan begitu, Anda dapat menilai penurunan atau peningkatan usaha Anda, serta melihat arus bisnis

    Apabila terjadi penurunan dalam usaha, Anda harus mencari strategi yang baru. Namun, jika terjadi peningkatan, maka Anda dapat memaksimalkan kembali hal apa saja yang disukai oleh konsumen.


Itulah pembahasan OCBC NISP mengenai strategi pengembangan usaha. Bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan dana pengembangan, Anda tidak perlu khawatir. Melalui layanan Kredit Usaha, bank OCBC NISP siap membantu keberlangsungan bisnis Anda. Yuk ajukan dan kembangkan bisnis Anda sekarang juga!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile