10 Contoh Usaha Mikro dengan Peluang Untung Tinggi

4 Nov 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Simak 10 contoh usaha mikro yang sukses di pasaran berikut ini. 

Usaha mikro memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Buktinya, Anda dapat dengan mudahnya menemukan contoh usaha mikro di sekeliling Anda yang menjadikannya sebagai mata pencaharian utama.

Apabila Anda tertarik untuk memulai jenis usaha ini, ada baiknya Anda mengetahui lebih banyak mengenai contoh usaha mikro yang sukses. Maka dari itu, dalam ulasan berikut OCBC NISP akan membahasnya secara tuntas. Yuk simak!


10 Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Berdasarkan Undang-Undang No.20 Tahun 2008, contoh usaha mikro adalah kegiatan usaha milik perorangan maupun badan usaha dengan pendapatan bersih maksimal Rp50 juta serta hasil penjualan kurang dari Rp300 juta per tahun.

Contoh usaha mikro adalah berbagai bisnis yang memiliki peluang sukses sangat menjanjikan, asalkan Anda menjalaninya dengan kemauan besar. Berikut ini beberapa contoh usaha mikro kecil untuk menghasilkan banyak keuntungan.

  1. Usaha Katering Rumahan
    Bisnis kuliner merupakan salah satu contoh usaha mikro yang tak ada matinya, karena makanan menjadi kebutuhan utama untuk semua orang. Jadikan peluang bisnis tersebut untuk memulai usaha katering dari rumah, apalagi jika Anda mempunyai keahlian memasak.

    Misalnya, menjual puding, sambal, pempek, hingga nasi ayam geprek dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh keuntungan besar. Beberapa contoh tersebut juga tidak memerlukan sewa tempat, Anda cukup menyiapkan modal makanan atau minuman enak yang tentunya memiliki nilai jual.

  2. Usaha Laundry
    Contoh usaha mikro kecil selanjutnya adalah usaha laundry kiloan. Umumnya, orang yang sibuk dengan pekerjaan dan tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci akan memanfaatkan jasa laundry.

    Dengan modal Rp10 juta - Rp20 juta, Anda dapat memulai usaha mikro ini di rumah sendiri. Pilihlah lokasi yang strategis untuk mendatangkan omset besar, seperti kawasan proyek, perkotaan, dan kampus.

  3. Usaha Kerajinan Souvenir
    Contoh usaha mikro lainnya yang dapat Anda kembangkan adalah kerajinan souvenir. Anda hanya memerlukan modal awal sekitar Rp1 juta - Rp5 juta saja untuk membangun bisnis ini dari rumah sendiri

    Buatlah inovasi pada bisnis souvenir Anda dengan membuat kerajinan tangan unik dan beda dari yang lain. Selain membangun ciri khas produk, tetapi hal ini juga dapat meningkatkan omset Anda.

  4. Usaha Toko Kelontong
    Toko kelontong menjadi salah satu contoh usaha mikro kecil menengah yang dapat Anda lakukan dari rumah. Anda dapat menjual kebutuhan pokok sehari-hari. Meskipun minimarket semakin menjamur dimana-mana, tetapi masih banyak orang lebih nyaman berbelanja di toko kelontong.

    Agar bisnis toko kelontong Anda berbeda dari yang lain, buatlah versi online toko Anda di media sosial atau marketplace. Dengan begitu, calon pembeli tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

  5. Usaha Warmindo
    Warung makan indomie (warmindo) merupakan usaha mikro yang khusus menjual bermacam olahan mie. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sangat terjangkau, terlebih jika Anda dapat memanfaatkan lahan kosong di rumah sendiri.

    Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, peluang bisnis Warmindo dapat mencapai Rp10 juta per bulannya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk memanfaatkan media sosial Anda agar target konsumen semakin luas.

  6. Usaha Sayuran Organik
    Sayuran organik merupakan salah satu komoditas unik yang mudah ditemukan. Dengan packing menarik dan juga konsep unik, bisnis ini dapat menjadi salah satu contoh usaha mikro yang sukses.

    Apalagi jika Anda membangun usaha tersebut di perkotaan besar, dimana sayur organik sangat sulit dijumpai. Anda hanya membutuhkan modal awal sekitar Rp1 juta - Rp10 juta untuk mengembangkan bisnis sayuran organik, termasuk dengan biaya sewa dan tempat penyimpanan.

  7. Usaha Peternakan
    Usaha mikro ini memiliki peluang cukup besar, sebab banyak orang menyukai makanan berbahan dasar ayam. Tak perlu khawatir dengan modal yang banyak, karena Anda hanya membutuhkan dana sekitar Rp1 juta - Rp2 juta untuk memulai usaha ini.

    Anda dapat memulai dengan memanfaatkan lahan kosong di rumah. Dengan menggunakan cara pemasaran yang tepat, Anda dapat mengembangkan usaha mikro ini menjadi skala yang lebih besar.

  8. Usaha Tour & Travel
    Di daerah pariwisata, bisnis tour and travel menjadi salah satu contoh usaha mikro yang sangat potensial. Anda dapat menawarkan paket wisata dengan fasilitas tambahan yang memudahkan para wisatawan.

    Selain itu, Anda juga dapat menyediakan layanan akomodasi, seperti villa, guest house, dan cottage. Bahkan, ada pula bisnis oleh-oleh khas daerah tersebut yang menggiurkan, baik makanan maupun kerajinan tangan.

  9. Usaha Jajanan Rumahan
    Contoh usaha mikro ini menjadi kegiatan usaha termudah untuk Anda lakukan. Anda dapat menjual berbagai macam makanan dan minuman, maupun jajanan pasar yang menjadi ciri khas Indonesia.

    Jajanan tersebut sangat disukai oleh masyarakat, bahkan banyak sebagian orang yang mengkonsumsinya setiap pagi sebelum memulai beraktivitas. Sehingga, hal ini menjadi peluang besar untuk mengembangkan bisnis tersebut.


Itu dia bahasan mengenai beberapa contoh usaha mikro yang bisa Anda kembangkan di rumah. Perkara modal, Anda tidak perlu khawatir, Sobat OCBC bisa mengajukan Pembiayaan UKM dari bank OCBC NISP. Yuk produktif dan memperoleh cuan dengan di rumah saja. Selamat berbisnis!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile