Ini Dia Estimasi Biaya Bayi Tabung 2022, Jangan Kaget!

22 Nov 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Berikut ini rincian terbaru biaya bayi tabung di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Kehadiran anak dalam keluarga adalah sebuah anugerah berharga. Tak heran jika banyak pasangan yang sulit mendapatkan momongan, mencari jalan pintas melalui prosedur bayi tabung. Sayangnya, biaya bayi tabung terbilang cukup mahal karena menggunakan berbagai teknologi dan perawatan intensif.

Meskipun demikian, banyak pasangan yang tidak mempermasalahkan biayanya. Anda penasaran? Pada artikel kali ini, OCBC akan mengulas mengenai pengertian dan berapa biaya bayi tabung 2022. Yuk simak!


Apa itu Program Bayi Tabung?

Program bayi tabung atau in vitro fertilization adalah metode pembuahan sel telur oleh sperma melalui serangkaian metode ilmiah di laboratorium. Tujuannya adalah agar pasangan yang mengalami infertilitas dapat memiliki keturunan.

Umumnya, infertilitas yang diderita pasangan adalah masalah rahim, sperma terlalu sedikit, hingga gangguan alat reproduksi. Karena melalui prosedur yang rumit, pengobatan, dan perawatan berkala, tak heran jika biaya bayi tabung cukup mahal dan tidak ditanggung oleh program jaminan kesehatan.


Prosedur Bayi Tabung

Tingginya biaya bayi tabung juga disebabkan oleh rumitnya prosedur yang perlu dijalani. Berikut ini proses lengkapnya.

  1. Konsultasi dengan dokter kandungan diikuti penilaian hormon, kesehatan kandungan, kondisi sel telur dan sperma, imun, serta pencegahan infeksi.

  2. Pemeriksaan legalitas, meliputi keabsahan pernikahan, tujuan, dan kesanggupan membayar biaya.

  3. Suntik hormon ke pihak istri untuk menstimulasi sel telur.

  4. Pengambilan sel telur dengan jarum berongga sekitar 30 menit - 1 jam.

  5. Pengambilan sperma pada saat yang bersamaan dengan sel telur.

  6. Proses pembuahan di laboratorium.

  7. Memasukkan embrio ke dalam rahim melalui alat berbentuk tabung (kateter).


Biaya Bayi Tabung

Biaya program bayi tabung berbeda-beda menurut jenis program, rumah sakit, maupun wilayah. Berikut ini rinciannya.

  1. Biaya Bayi Tabung di Beberapa Kota
    Seperti telah disinggung di atas, biaya program bayi tabung berbeda-beda menurut kota letak rumah sakit. Apabila Anda melakukannya di Jakarta, maka nominal yang harus dikeluarkan berkisar Rp30 hingga lebih dari Rp80 juta.

    Adapun biaya bayi tabung di Bandung relatif lebih murah dibanding Jakarta, yakni sekitar Rp37.5 juta - Rp50 juta. Apabila Anda ingin melakukannya di Jogja atau Jawa Tengah, maka siap-siap merogoh kocek antara Rp60 juta - Rp80 juta.

  2. Biaya Bayi Tabung Kembar
    Sejauh ini, biaya bayi tabung kembar masih sama seperti tarif untuk program biasa, yakni mulai dari Rp30 juta. Hal ini karena prosedur yang dilakukan sama, perbedaannya hanya pada jumlah embrio yang ditanam. Meskipun tidak semua menghasilkan dua janin, namun peluangnya mencapai 20-40%.

  3. Biaya Bayi Tabung Murah
    Meskipun harganya cukup tinggi, ada beberapa rumah sakit yang menawarkan program bayi tabung murah. Berikut ini telah kami rangkum daftarnya.

    1. Rumah Sakit Daya Medika
      Berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, rumah sakit ini menerapkan metode SMART (Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive and Technology) yang menjanjikan program bayi tabung dengan biaya terjangkau.

      Adapun biaya di rumah sakit ini mulai dari Rp30 juta per siklus, meliputi stimulasi induk, pengambilan sperma, pemantauan dan pematangan sel telur, pembuahan, hingga transfer dan perawatan.

    2. Klinik FFC (Family Fertility Center), Rumah Sakit Family
      Klinik yang terletak di Pluit, Jakarta Utara ini menyediakan program bayi tabung dengan biaya terjangkau, yakni mulai Rp20 juta - Rp65 juta. Selain itu, dalam prosesnya, terdapat metode unik, yakni mematangkan sel telur tanpa obat-obatan.

    3. Klinik Bandung Fertility Center (BFC)
      Klinik di Bandung ini juga menawarkan biaya bayi tabung murah, yakni mulai dari Rp38.5 juta saja. Fasilitas kesehatan ini merupakan bagian dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Limijati, yang beroperasi sejak 2013 dengan lebih dari 2000 klien serta tingkat keberhasilan 47%.

    4. Rumah Sakit Harapan Kita
      Rumah sakit ini merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang memberikan layanan program bayi tabung berbiaya murah, yakni antara Rp20 juta - Rp80 juta. Nominal ini dapat berubah sesuai dengan kondisi pasien. Untuk tingkat keberhasilannya sendiri cukup tinggi, yakni 30-40%.


Efek Samping dan Keberhasilan Bayi Tabung

Selain biayanya yang mahal, kelemahan dari program bayi tabung adalah adanya efek samping. Berikut ini beberapa dampak yang biasa dirasakan pasien pasca transfer embrio.

  1. Pusing, kram, kembung, dan sembelit ringan.

  2. Keluar cairan jernih atau muncul bercak darah usai prosedur.

  3. Nyeri panggul dan urin berdarah.

  4. Demam di atas 38 derajat celcius.

  5. Pendarahan berat pada vagina.

Apabila muncul efek samping parah, yakni pendarahan atau demam tinggi, maka segera hubungi dokter yang menangani program bayi tabung.

Tips Memilih Rumah Sakit untuk Program Bayi Tabung

Karena biaya bayi tabung tidaklah murah, maka alangkah baiknya Anda selektif dalam memilih rumah sakit atau klinik. Berikut ini tips yang dapat Anda gunakan.

  1. Teknologi yang Digunakan
    Teknologi adalah hal yang sangat menentukan keberhasilan program bayi tabung. Pastikan rumah sakit tujuan Anda memiliki fasilitas memadai dengan teknik terkini dan terbukti memiliki tingkat kesuksesan tinggi.

  2. Dukungan Selama Perawatan
    Kestabilan emosi pasca prosedur bayi tabung juga dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan. Oleh karena itu, carilah rumah sakit dengan layanan support group berisi dukungan mental atau layanan konsultasi gratis.

  3. Layanan Tambahan
    Beberapa rumah sakit menyediakan layanan tambahan berupa pembekuan embrio. Jika Anda tertarik melakukan program bayi tabung untuk anak selanjutnya, maka layanan ini patut dipertimbangkan. Selain mudah, biayanya pun lebih terjangkau karena tidak perlu ada proses pengambilan sel telur.

  4. Biaya
    Sudah tentu biaya merupakan pertimbangan penting bagi para calon pasien. Agar mendapatkan harga terbaik, lakukan survey tarif di beberapa rumah sakit, kemudian membandingkan dengan fasilitas yang disediakan.

  5. Lokasi
    Pasca prosedur, biasanya Anda akan sering berkunjung ke rumah sakit untuk pemantauan dan konsultasi. Oleh karena itu, pilihlah rumah sakit terdekat. Selain lebih hemat, tips ini dapat mengurangi stres karena terlalu lama di perjalanan.


Nah itu tadi penjabaran OCBC mengenai program, efek samping, dan berapa biaya bayi tabung di Indonesia saat ini. Mengingat nominalnya cukup besar, bagi Anda yang ingin menjalani prosedur ini, pastikan untuk menabung dari sekarang, ya!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

TAKA

TAKA

Kelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan bertransaksi
WM Kesehatan

WM Kesehatan

Download OCBC mobile