Yuk Coba 10 Cara Kaya di Usia Muda, Cerdas & Mudah!

18 Nov 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Bagaimana cara kaya di usia muda? Ikuti beberapa tips cerdas berikut!

Meskipun uang bukan segalanya, namun semua orang sangat membutuhkannya untuk dapat bertahan hidup. Hal ini menjadikan banyak orang terus mencari tahu bagaimana cara kaya dengan cepat.

Namun, tentu saja kekayaan tersebut tidak diperoleh dengan mudah. Anda membutuhkan usaha serta kerja keras dalam mendapatkannya. Berikut ini beberapa tips OCBC untuk menjadi sukses dan kaya raya di usia muda.


10 Cara Kaya di Usia Muda

Karakter seseorang menjadi penentu kesuksesan. Pasalnya, dengan pola pikir positif, Anda dapat mengelola uang, bahkan memperbanyak jumlahnya. Berikut ini beberapa cara kaya dari internet yang wajib dicoba.

  1. Pandai Melihat Peluang Baru
    Dengan pesatnya perkembangan zaman saat ini, menjadikan semakin banyak peluang bisnis baru sebagai salah satu cara kaya raya yang dapat menambah penghasilan Anda. Penting bagi Anda untuk pintar melihat peluang seperti menjadi reseller pakaian maupun mengunggah video di Youtube.

  2. Hidup Sederhana
    Meskipun Anda sudah mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, namun jika masih bersikap boros, maka semua usaha itu akan sia-sia. Hindari untuk mengikuti tren gaya hidup yang tinggi jika pendapatan Anda masih terbatas.

    Salah satu cara kaya dengan cepat adalah menyimpan sebagian uang untuk dialihkan pada hal yang bermanfaat dan berguna dalam mengembangkan dana Anda. Misalnya, menabung atau berinvestasi, sehingga uang Anda tidak habis dengan percuma.

  3. Hidup Disiplin
    Disiplin adalah sifat dasar yang pasti dimiliki oleh setiap orang sukses. Jangan terburu-buru untuk mencari cara kaya raya jika Anda belum dapat menerapkan sikap disiplin atas diri Anda sendiri.

    Anda dapat memulainya dengan membuat jadwal kegiatan. Hindari untuk selalu menunda pekerjaan agar semuanya selesai tepat waktu. Hal ini akan menjadi salah satu bentuk mendisiplinkan diri.

  4. Berinvestasi Saham
    Investasi saham dikenal sebagai salah satu cara kaya dari internet. Anda dapat memulai investasi dengan menanamkan modal untuk menghasilkan keuntungan besar di masa depan. Adapun keuntungan tersebut dipengaruhi oleh kondisi keuangan yang berkembang serta stabil dalam periode waktu tertentu.

    Semakin berkembang suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu, menjadikan nilai saham perusahaan tersebut akan meningkat. Dalam situasi seperti ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk menjual saham pada posisi harga jual yang lebih tinggi dibanding saat membeli.

  5. Bijak dalam Berhutang
    Dalam suatu kondisi mendesak, tidak ada salahnya Anda mengajukan pinjaman uang. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai berhutang tanpa adanya rencana matang demi memenuhi kebutuhan tidak terlalu penting.

    Terkadang, banyak godaan datang menghampiri untuk berhutang atas barang yang bukan kebutuhan utama. Salah satunya adalah kredit tas branded terbaru, padahal tas lama pun masih layak dipakai.

  6. Berani Memulai
    Salah satu musuh terbesar seseorang saat merintis usaha adalah rasa tidak percaya diri. Hal ini akan membuatnya untuk menunda dalam memulai hal baru yang belum pernah dikerjakan sebelumnya, padahal Ia memiliki banyak ide menarik.

    Pasalnya, berani memulai merupakan sebuah modal cara kaya di usia muda dalam mencapai kesuksesan. Terlebih jika Anda masih berusia muda dan mempunyai banyak ide-ide baru untuk diwujudkan.

  7. Cepat Beradaptasi
    Di era digital saat ini, dunia bisnis mengalami perkembangan sangat pesat. Sehingga, sudah menjadi kewajiban Anda sebagai pelaku bisnis untuk dapat beradaptasi dengan cepat. Karena, salah satu cara kaya dari internet adalah beradaptasi terhadap perkembangan teknologi maupun tren masa kini.

    Jika Anda tidak mengikuti tren pasar, maka Anda akan tertinggal dari perkembangan teknologi tersebut. Dengan memahami minat konsumen, Anda dapat menemukan strategi pemasaran seperti apa yang harus dilakukan.

  8. Menerima Kritik dan Saran
    Kritik dan saran sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Usahakan selalu menampung semua kritikan yang diberikan kepada Anda. Hindari untuk menolaknya apalagi saran terkait dengan kegiatan bisnis.

    Jadikan kritik tersebut menjadi motivasi Anda untuk berkembang dan melangkah lebih jauh ke depannya. Banyak orang bersikap sombong sehingga menolak kritik maupun saran, padahal mampu menerima kritik adalah salah satu cara kaya dengan cepat.

  9. Memiliki Komitmen
    Komitmen adalah salah satu cara kaya raya yang dimiliki oleh orang sukses. Karena, jika Anda mengerjakan suatu hal dengan setengah hati, maka hasilnya pun akan biasa saja. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pekerjaan dengan bersungguh-sungguh.

    Selain komitmen penuh dan tekad yang bulat, Anda juga tidak boleh mudah menyerah saat usaha mengalami penurunan. Teruslah berjuang serta meningkatkan semua usaha sebagai bentuk komitmen Anda terhadap bisnis tersebut.

  10. Fokus Pada Proses, Bukan Hasil
    Jika selama ini Anda hanya berfokus pada hasil saja, maka Anda harus mengubah pandangan tersebut sekarang juga. Pasalnya, memusatkan perhatian atas proses yang dilakukan, dapat menjaga motivasi bisnis Anda sebagai salah satu cara kaya raya.

    Saat Anda terlalu fokus dengan hasil yang diperoleh, maka ada kemungkinan motivasi Anda dapat menurun ketika hasil tidak sesuai ekspektasi, dan bahkan membuat Anda berhenti untuk melanjutkan bisnis.


Itulah tadi penjelasan mengenai berbagai cara kaya di usia muda yang dapat Anda lakukan. Tak hanya berkomitmen mengembangkan usaha, Anda juga dapat mencoba untuk menabung. Kini, OCBC menyediakan layanan TAKA Bunga yang akan membantu Anda mewujudkan impian. Semangat!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

TAKA

TAKA

Kelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dan kemudahan bertransaksi
Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB

Download OCBC mobile