5 Cara Cek Harga Emas Hari Ini Paling Praktis dan Mudah

27 Des 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Cara cek harga emas dapat dilakukan dengan bermodal internet. Yuk simak caranya!

Cara cek harga emas kini tak harus dengan mendatangi tokonya satu-persatu. Berkat kemajuan teknologi komunikasi, Anda cukup membuka website atau aplikasi tertentu untuk mengetahui berapa nominal yang harus dikeluarkan untuk membeli tiap gram logam mulia ini.

Nah, pada artikel kali ini, OCBC akan membahas cara cek emas hari ini secara mudah beserta beberapa tips saat membelinya. Yuk simak!


Cara Cek Harga Emas

Kini, mengecek harga emas dapat dilakukan tanpa harus datang langsung ke toko. Anda dapat melakukan pengecekan cukup melalui website dan aplikasi. Nah berikut ini beberapa platform terpercaya untuk mengecek harga emas harian.

  1. Aplikasi dan Website Sahabat Pegadaian
    Layanan untuk pengecekan harga emas terupdate yang pertama adalah menggunakan aplikasi Sahabat Pegadaian. Selain itu, Anda dapat memperhatikan pergerakan nominalnya tiap hari dan berkesempatan meraih berbagai hadiah menarik. Caranya, cukup mengajak orang lain bergabung menjadi nasabah pegadaian.

    Selain melalui aplikasi, cara cek harga emas melalui Sahabat Pegadaian dapat dilakukan di situs web mereka. Nah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

    1. Buka situs www.sahabatpegadaian.com
    2. Klik opsi “Simulasi” kemudian pilih “Harga Emas”
    3. Harga emas yang lengkap dan akurat pun akan segera ditampilkan.
  2. Situs IndoGold.com
    Cara cek harga emas naik atau turun dapat Anda lakukan melalui situs IndoGold.com. Website yang dikelola oleh Indo Gold ini telah disertai sertifikasi dari PT Antam sehingga terpercaya di kalangan investor logam mulia.

    Selain menjadi salah satu layanan pengecekan harga emas yang disertai grafik, situs ini juga membantu Anda untuk melakukan jual beli, perencanaan dan investasi, penggadaian barang, hingga layanan cicilan.

    Apabila Anda hendak melakukan pengecekan harga emas melalui situs ini, maka berikut langkah yang perlu dilakukan.

    1. Buka situs IndoGold.com
    2. Klik menu Harga Emas pada bagian atas.
    3. Daftar harga emas yang ingin Anda lihat akan segera ditampilkan.

     

  3. Aplikasi Harga Emas Logam Mulia Antam
    Cara cek harga emas Antam termudah adalah melalui aplikasi yang dapat Anda unduh melalui Google Play Store. Selain memberi informasi nominal terkini, pengguna juga akan menemukan infografis yang akan diperbarui setiap hari.

    Infografis ini berisi harga berdasarkan lokasi pemasok sehingga akurasinya terjamin. Selain itu, terdapat fitur kalkulator sebagai cara cek harga emas batangan jika dikonversikan dalam rupiah. Bahkan terdapat layanan notifikasi naik turun nila logam mulia ini sehingga membantu Anda dalam pengambilan keputusan jual beli.

  4. Aplikasi Laku Emas
    Aplikasi Laku Emas merupakan salah satu cara cek harga emas dunia terkini. Oleh karena itu, investor logam mulia sangat disarankan untuk mengunduhnya di gadget. Anda cukup masuk dengan cara memasukkan email, nama lengkap, dan nomor telepon ketika mendaftar.

    Selain dapat membantu Anda memantau harga emas terkini secara praktis, aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk website sehingga menjadi solusi bagi perangkat dengan kapasitas penyimpanan terbatas.

  5. Aplikasi e-Mas
    Cara cek harga emas hari ini yang dapat Anda gunakan adalah pengecekan melalui aplikasi e-Mas. Selain dapat menampilkan nominal terkini, juga bisa melakukan transaksi dan investasi kapan saja secara praktis karena dilakukan secara online melalui gadget.


Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Setelah mengikuti cara cek harga emas di atas, mungkin Anda akan bertanya-tanya alasan mengapa nominal tersebut sering berubah. Hal ini dipicu oleh beberapa faktor berikut ini.

  1. Suku Bunga
    Kenaikan suku bunga biasanya memicu investor untuk menarik dana dari investasi emas untuk beralih ke deposito, dengan demikian nominalnya akan berbanding terbalik dengan harga emas.

  2. Produksi Emas Dunia
    Produksi emas dunia sangat berpengaruh pada harga. Hal ini karena ketika produsen semakin sulit mencari sumber penambangan, maka nilai logam mulia ini secara otomatis akan melonjak naik.

  3. Kurs Dollar Amerika Serikat
    Saat menerapkan cara cek harga emas di atas, Anda mungkin akan menemukan keterangan mengenai kurs dollar Amerika Serikat. Pasalnya, hal ini memang sangat berpengaruh. Sudah menjadi hal biasa bahwa semakin tinggi kursnya, makin mahal pula harga emas. Sebaliknya, ketika nilai tukar dollar AS terhadap rupiah melemah, maka harganya pun turun.


Tips Saat Membeli Emas

Setelah mengetahui cara cek harga emas, penting bagi Anda untuk tahu beberapa tips ketika membelinya, yakni sebagai berikut.

  1. Lihat Harga Terkini
    Nilai emas seringkali naik turun, oleh karena itu, pastikan mengetahui nominal terbarunya. Lakukan pembelian ketika harganya turun agar Anda dapat menjualnya saat terdapat kenaikan harga.

  2. Cek Kadar Karatnya
    Semakin tinggi kadarnya, maka makin tinggi pula kualitasnya. Apabila ingin berinvestasi, ada baiknya memilih emas 24 karat dengan kemurnian 99.9%.

  3. Cek Keaslian Emas
    Pastikan toko tempat Anda membelinya memiliki reputasi yang baik dan lakukan pengecekan keaslian melalui aplikasi, misalnya Certieye. Selain itu, sebaiknya hindari perhiasan berlapis emas karena akan sulit untuk dijual kembali.

  4. Simpan Sertifikat Keaslian dan Surat Tanda Pembelian
    Jangan lupa untuk menyimpan semua dokumen yang diberikan saat membeli emas karena akan berguna ketika Anda ingin menjual kembali.


Itu tadi penjelasan OCBC mengenai cara cek harga emas dengan mudah dan cepat. Sebelum membeli, pastikan beberapa hal seperti keaslian, budget, dan hal penting lainnya, ya!


Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile