Ingin Liburan ke Luar Negeri Anti Boncos? Ini Dia Tipsnya

17 Okt 2022 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Bisa lho, ke luar negeri mulai dari 2 juta! Yuk, simak artikel berikut.

Tips anti boncos saat liburan nampaknya amat dibutuhkan ketika kebutuhan sudah semakin mahal harganya. Apalagi, jika sehari-hari sudah bekerja keras untuk memenuhi keperluan tersebut, maka kita butuh liburan atau refreshing supaya kesehatan mental tetap terjaga

Setiap orang tentu mendambakan liburan murah bukan? Nah, kini liburan murah ke luar negeri bukanlah lagi sekadar angan-angan. Yuk, simak ulasan dari OCBC NISP berikut untuk tahu apa saja tipsnya.

Tips 2 Juta Bisa ke Luar Negeri

Sobat OCBC NISP, selama ini yang diketahui adalah untuk liburan ke luar negeri, butuh budget yang fantastis. Nyatanya, ada lho, tips 2 juta bisa ke luar negeri!

Namun, perlu diingat bahwa, budget 2 juta mungkin tidak bisa digunakan untuk dalam jangka waktu lama. Akan memungkinkan bila Anda berencana tinggal selama 2 atau 3 hari saja.

Dan yang terpenting, pastikan Anda membeli tiket pesawat saat promo dan mencari hotel dengan budget rendah. Akan lebih baik jika Anda memiliki saudara atau teman yang tinggal di sana untuk bermalam.

Nah, untuk tips lainnya, yuk simak berikut ini.

1. Tentukan Destinasi Wisata yang Ingin Dituju

Tips yang pertama adalah tentu kita harus menargetkan tujuan wisata. Dengan budget terbatas, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati liburan dengan menyenangkan. Banyak negara-negara yang underrated untuk dikunjungi.

Cari tahu lebih banyak tentang negara yang akan dituju, mulai dari kuliner, budaya, hingga kondisi alamnya. Pilihlah destinasi paling sesuai untuk Anda datangi.

Agar lebih pas dengan budget, Anda dapat mengunjungi negara tetangga yang bebas visa, seperti Singapura.

2. Riset Hotel dan Harga Pesawat

Ternyata, harga hotel atau penginapan dan pesawat tidak semahal di angan-angan, apalagi kalau Anda lihai dalam mencari promo. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan voucher atau reward poin yang tersedia dalam aplikasi online untuk akomodasi.

Selain itu, negara dengan jarak dekat bisa menjadi pilihan wisata dengan biaya murah. Rajinlah mengecek biayanya karena harga tiket pesawat sangat fluktuatif. Pilih kelas ekonomi agar semakin hemat.

Sementara, saat berburu hotel, Anda bisa memesan hotel bintang satu atau dua. Banyak lho, di antaranya yang bagus dan fasilitasnya tidak kalah dengan bintang di atasnya. Carilah ulasan atau komentar lewat internet untuk mendukung pilihan Anda.

3. Pelajari Bahasa Inggris

Zaman sekarang, bahasa Inggris sebenarnya tak hanya digunakan untuk liburan saja, tetapi dalam kegiatan profesional. Sebagai alat komunikasi internasional, kemampuan berbahasa ini akan sangat Anda butuhkan saat pergi ke luar negeri.

Bahasa Inggris dapat dipelajari secara otodidak dengan cara menyenangkan, mulai dari mendengarkan lagu atau podcast, nonton film, bermain games, hingga membaca fun fact atau trivia.

4. Manfaatkan Teknologi

Selain mengunduh dan memasang aplikasi akomodasi untuk mencari tiket pesawat dan hotel pada smartphone, Anda dapat memanfaatkannya untuk hal lain. Misalnya, mencari teman dari negara tujuan.

Dengan bertukar informasi, rasa bingung akan berkurang, dan semangat berkunjung ke negara tersebut semakin besar. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan fitur lainnya, misalnya Google Assistant untuk menjadi pemandu online atau Google Map sebagai pengganti peta.

5. Liburan Ala Backpacker

Tentu Anda sudah pernah mendengar istilah backpacker. Jika belum, backpacker adalah sebutan untuk orang yang suka berpetualang dan jalan-jalan dengan biaya seminimal mungkin.

Biasanya, backpacker menikmati liburan dengan cara yang lebih tidak biasa, misalnya menginap di rumah penduduk setempat. Selain itu, backpacker lebih fokus pada eksplorasi wisata, jarang sekali menghambur-hamburkan uang untuk tiket wahana atau jajan.

Anda bisa meniru cara tersebut agar dana liburan lebih minim. Bergabung ke komunitasnya pun bermanfaat untuk mendapatkan tips dan trik liburan ala mereka.

6. Persiapkan Uang Negara yang Dituju

Mempersiapkan valas untuk wisata ke luar negeri adalah salah satu hal yang memusingkan, karena Anda harus menghitung berapa banyak cash yang harus dibawa, berapa harga kurs negara dituju saat ini dan sebagainya. 

Sementara, membawa cash terlalu banyak sangat rawan untuk sebuah perjalanan, sehingga dibutuhkan cara simple agar tetap nyaman bertransaksi. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan? OCBC NISP punya solusinya!

Sebelum liburan, pastikan Anda memiliki rekening Tanda 360 Plus dan nabung valas via ONe Mobile yang sudah dilengkapi 11 mata uang asing dengan kurs yang kompetitif.

Selain itu, melalui kartu Debit Mastercard Global Wallet, Anda bisa tarik tunai dan belanja di luar negeri langsung secara debet  dan bebas konversi kurs dari rekening valas. So, tinggal gesek saat belanja juga lebih aman karena tidak perlu bawa banyak uang tunai!

Destinasi Murah di Asia

Setelah mengetahui lima tips 2 juta bisa ke luar negeri, mungkin ada pertanyaan dalam pikiran Anda, “apa saja destinasi liburan murah ke luar negeri?” Nah, berikut rekomendasinya.

1. Singapura

Siapa tidak kenal dengan Singapura? Letaknya sangat dekat, berbatasan langsung dengan Kepulauan Riau. Biaya pulang pergi dengan pesawat hanya berkisar satu jutaan, lho, jika ada promo.

Nah, sisa biaya bisa Anda gunakan untuk menginap satu malam sekaligus jalan-jalan ke beberapa destinasi liburan murah yang menarik, misalnya Patung Merlion, Singapore Botanic Garden, atau Universal Studio Singapore.

Malah, banyak dari warga Indonesia tidak menginap ketika liburan ke Singapura. Dengan jarak tempuh cukup dekat, pergi pagi pulang sore bukanlah hal aneh.

2. Malaysia

Negara kerajaan ini menjadi salah satu destinasi liburan murah ke luar negeri paling populer. Kultur yang mirip dengan negara Indonesia, membuat cita rasa kulinernya tidak akan terlalu asing di lidah masyarakat kita.

Tiket pulang pergi ke Malaysia juga mulai dari satu jutaan, jika Anda berhasil menemukan promo menarik. Selain itu, banyak penginapan murah di sana, sehingga tidak perlu khawatir soal tempat beristirahat. Tempat wisata yang ikonik juga gratis dari negara tersebut adalah Menara Petronas.

3. Brunei Darussalam

Meskipun tidak terlalu banyak dibahas, Brunei Darussalam bisa menjadi salah satu destinasi liburan murah ke luar negeri, lho!

Harga tiket pesawat pulang pergi ke sana berkisar 1 hingga 1,5 jutaan saja. Malah, jika berangkat dari Kalimantan, bisa menggunakan bus. Penginapan di Brunei pun tidak terlalu mahal, kurang dari 500 ribu per malam.

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi ketika di Brunei. Ikon paling terkenal adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dan Kampung Ayer. Selain itu, beberapa pantai dengan pemandangan indah juga ada di sana.

Itulah dia beberapa tips 2 juta bisa ke luar negeri, lengkap dengan destinasi liburan murah. Punya dana liburan tentunya berasal dari gaya hidup hemat, rajin menabung, dan pandai mengatur keuangan.

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Asuransi

Asuransi

Perlindungan demi masa depan yang lebih aman
KPM

KPM

Solusi memenuhi kebutuhan finansial
KPR Easy Start

KPR Easy Start

KPR untuk generasi muda wujudkan rumah impian dengan angsuran rendah

Download OCBC mobile