Tips Bepergian Ke Luar Negeri Tanpa Ribet, Yuk Ikuti!

25 Okt 2022 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Mau tahu tips bepergian ke luar negeri yang aman? Simak penjelasannya berikut!

Akses perjalanan untuk liburan kini telah dibuka kembali sejak dua tahun ditutup akibat pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Namun, perlu dicatat bahwa Sobat OCBC NISP tetap harus menjalankan tips bepergian ke luar negeri aman dengan mengikuti protokol kesehatan.

Hal tersebut guna mencegah penyebaran virus sejenis atau baru yang dapat menggagalkan kesenangan berlibur Anda. Lantas apa saja tips liburan dengan budget terjangkau tapi tetap menyenangkan? Simak penjelasannya di artikel berikut.

8 Tips Bepergian ke Luar Negeri

Berikut beberapa tips bepergian ke luar negeri yang bisa Anda ikuti. Check it out!

1. Persiapkan Tiket dari Jauh Hari

Tiket transportasi menjadi syarat bepergian ke luar negeri yang utama. Anda perlu menyesuaikan jenisnya dengan akses ke negara tujuan. Selain itu, menentukan dokumen ini jauh-jauh hari juga berarti memastikan tanggal keberangkatan.

Terkait dengan itu, tips bepergian ke luar negeri yang mudah yaitu mempersiapkan tiket dari jauh hari karena akan membantu Anda mendapatkan potongan harga atau promo. Hal ini disebabkan wisatawan belum merencanakan untuk pergi berlibur.

2. Cek Produk Kebersihan

Tips traveling ke luar negeri selanjutnya yaitu berkaitan dengan produk kesehatan. Walaupun pandemi COVID-19 sudah berakhir, ada baiknya Anda tetap membawa alat-alat kebersihan seperti hand-sanitizer, tisu kering atau basah, serta masker

Sebelum Anda berangkat, sebagai tips bepergian ke luar negeri, cek kembali stok produk kebersihan tersebut tersebar di tas genggam maupun koper sehingga jika terjadi potensi keterlambatan kedatangan bagasi, Sobat OCBC NISP masih memilikinya.

Selain mempersiapkan produk kebersihan, ada baiknya Anda juga mencari informasi tentang wabah penyakit atau larangan bepergian ke luar negeri yang mungkin sedang terjadi di negara atau daerah tujuan.

Tindakan ini guna mencegah adanya penyebaran virus dan berguna untuk mempersiapkan obat-obatan jika dibutuhkan atau vaksin sebelum bepergian.

3. Cari Tahu Lokasi Sekitar Penginapan

Perlengkapan traveling ke luar negeri selanjutnya yaitu peduli tentang situasi keamanan. Bukan hanya akibat penyakit tapi larangan bepergian ke luar negeri juga erat kaitannya dengan bahaya.

Maka dari itu, cari tahu informasi rinci tentang lokasi sekitar penginapan di daerah tujuan untuk memastikan bahwa area tersebut bukanlah kawasan bentrok, perang maupun perselisihan.

4. Susun Rencana Berkunjung ke Tempat Wisata

Cara bepergian ke luar negeri lainnya yaitu merencanakan kunjungan ke tempat wisata tertentu atau mencari tahu festival populer maupun karnaval yang akan digelar. Dengan menyusun list liburan, Anda bisa menggunakan waktu secara lebih efektif.

Sebagai tambahan informasi, Anda juga bisa mencari tahu kapan hari libur musiman dan tempat mana saja yang memang tidak dibuka untuk umum di negara tujuan. Pengetahuan ini akan membantu untuk menentukan kunjungan ke kawasan wisata.

5. Kenali Rute dan Jenis Transportasi

Apabila Anda ingin traveling ke luar negeri murah sebaiknya Anda mulai mempelajari rute dan jenis transportasi yang ada di negara tujuan sebelum keberangkatan. Biasanya, negara asing memiliki berbagai pilihan kendaraan umum sebagai akomodasi para turis.

Sehubungan dengan itu, tips bepergian ke luar negeri ini sangat penting agar Anda bisa menghindari taksi dan beralih menggunakan kendaraan umum. Perlu dipahami bahwa beberapa jenis transportasi tersebut memiliki harga yang berbeda.

Maka dari itu, lakukan riset dan tentukan rute menuju kawasan wisata yang dapat ditempuh dengan transportasi umum sehingga uang dapat digunakan dengan baik.

6. Foto Dokumen Penting

Dokumen seperti paspor, visa, dan asuransi penting untuk didokumentasikan. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga apabila hilang akibat kelalaian atau pencurian. Ketika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, Anda masih memiliki file di ponsel.

Selanjutnya, sebagai tips bepergian ke luar negeri, Anda juga harus mengamankan dokumen seperti SIM dan KTP yang biasa digunakan untuk keperluan identifikasi diri di tempat-tempat yang jauh dari jangkauan orang asing seperti di kantong koper.

7. Siapkan Uang Tunai dan Kartu ATM

Barang yang harus dibawa saat traveling ke luar negeri lainnya adalah uang tunai dengan kurs negara tujuan dan kartu ATM. Kedua barang ini sangat penting karena tanpanya Anda akan kesulitan untuk berlibur.

Oleh sebab itu, tips bepergian ke luar negeri dalam hal ini adalah tukarkan tunai Anda dengan mata uang negara tujuan sebelum berangkat, karena jika konversi dana dilakukan di bandara setempat, maka besar kemungkinan rate akan lebih mahal.

Sebaiknya tidak membawa terlalu banyak uang tunai karena potensi terjadi pencurian cukup tinggi. Sebaiknya, siapkan juga kartu ATM yang telah berlogo Mastercard atau Visa sebagai cadangan jika diminta melakukan transaksi cashless.

8. Simpan Nomor Telepon Darurat

Terakhir, simpan kontak darurat rumah sakit dan kepolisian di sekitar kawasan hotel, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Terkait dengan itu, simpan juga barang-barang berharga seperti uang tunai, kartu kredit dan kunci kamar di beberapa tempat yang berbeda agar menjadi cadangan apabila terjadi kehilangan mendadak.

Faktanya, tidak ada jaminan keamanan penuh saat Anda berada di luar negeri. Oleh sebab itu, tips bepergian ke luar negeri mencakup kelengkapan alat darurat untuk meminta pertolongan maupun mengantisipasi keadaan darurat perlu disiapkan.

Itu dia beberapa tips bepergian ke luar negeri yang patut Sobat OCBC NISP terapkan agar tetap bisa menikmati liburan sekaligus dijauhkan dari wabah penyakit. Ingin tahu kiat menarik tentang perjalanan ke negara asing? Jangan lupa untuk terus up to date dengan Blog OCBC NISP!

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

A means of payment for all transactions
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile