Sangat Mudah, Begini Cara Beli Pulsa Lewat ATM OCBC NISP

16 Nov 2022 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Bagaimana cara beli pulsa lewat ATM? Simak penjelasannya di sini yuk.

Tidak hanya sekedar melakukan transaksi seperti transfer dan tarik tunai, kini cara beli pulsa lewat ATM dan Aplikasi juga sudah bisa Anda coba lho! Melalui fitur layanan tersebut, Anda tidak perlu lagi pergi ke toko pulsa.

Hal tersebut adalah salah satu keuntungan dari perkembangan teknologi finansial di era digital seperti sekarang. Lalu, bagaimana cara beli pulsa lewat ATM? Bagi yang belum paham, yuk simak ulasan di bawah ini.

Bisakah Beli Pulsa Lewat ATM?

ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine, yaitu mesin elektronik yang melayani nasabah secara otomatis.

Dalam hal ini, fungsi ATM adalah menyediakan layanan mandiri, memungkinkan nasabah untuk melakukan penarikan sendiri dan transaksi nontunai lainnya.

Kehadiran ATM tentunya memberikan akses yang sangat mudah bagi nasabah. Pasalnya, kapabilitas layanan telah ditingkatkan dari mulanya hanya layanan transfer, menjadi pembayaran invoice, hingga pembelian pulsa elektronik.

Biaya beli pulsa lewat ATM pun terbilang lebih murah dibandingkan secara langsung di konter-konter.

ATM dapat menjadi salah cara untuk melakukan pembayaran melalui fitur top up. Mengikuti perkembangan dunia yang semakin canggih, Indonesia tertarik pada pembayaran digital kepada masyarakatnya.

Cara pembayaran secara elektronik akan diterbitkan oleh Bank Indonesia melalui Uang Elektronik sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No. 20/6/PBI/2018.

Tentunya ini merupakan hal yang positif dan akan diterima oleh masyarakat. Pembayaran elektronik tidak hanya dinilai mudah dan nyaman, tetapi juga membuat transaksi menjadi lebih efisien. Salah satu pembayaran elektronik adalah dengan menggunakan layanan top up.

Cara Beli Pulsa Lewat ATM OCBC NISP

Tidak hanya untuk melakukan transaksi tunai atau transfer, ATM juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian pulsa. Cara beli pulsa lewat ATM pun terbilang mudah untuk dilakukan, berikut langkah-langkahnya.

  1. Masukkan "Kartu ATM" Anda dan masukkan "PIN" Anda.
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya, pilih Pulsa Teratas, lalu pilih Penyedia Seluler yang Tersedia.
  3. Pilih kredit "nominal" yang ingin Anda beli.
  4. Masukkan nomor ponsel yang akan diisi ulang di ATM
  5. Cek nomor handphone dan jumlah pulsa yang ingin dibeli.
  6. Jika benar, pilih Ya.
  7. Jika transaksi berhasil, maka akan dikeluarkan struk dan dana akan dikirim langsung  ke nomor handphone yang disediakan.

Itulah salah satu contoh cara beli pulsa lewat ATM yang dapat Anda ikuti. Tidak hanya melalui atm, pengisian pulsa pun dapat dilakukan melalui mobile banking.

Cara Beli Pulsa Lewat ONe Mobile

Melakukan pembelian pulsa melalui mobile banking terbilang mudah karena Anda hanya perlu menggunakan smartphone saja. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke aplikasi mobile banking Anda
  2. Pilih “m-Commerce
  3. Pilih "Voucher Isi Ulang"
  4. Pilih operator untuk nomor yang ingin Anda masukkan
  5. Masukkan nomor ponsel yang ingin Anda masukkan
  6. Pilih jumlah pinjaman yang Anda inginkan dan pastikan detail transaksi yang ditampilkan di layar  sesuai dengan detail Anda.
  7. Masukkan PIN Anda dan Anda akan menerima pesan notifikasi keberhasilan atau kegagalan transaksi.

Keuntungan Beli Pulsa Melalui ATM OCBC NISP/ONe Mobile

Adapun keuntungan melakukan cara beli pulsa lewat ATM OCBC NISP atau ONe Mobile, antara lain sebagai berikut.

1. Keamanan Terjaga

Keuntungan pertama menggunakan transaksi digital adalah keamanan Anda akan terjaga dengan baik. Sobat OCBC dijamin oleh Bank Indonesia sehingga tidak perlu khawatir dengan data yang dimasukkan.

Selain itu, jika Anda ingin membuka e-wallet, Anda memerlukan PIN untuk masuk agar melakukan pencegahan sehingga orang lain tidak dapat memasukinya.

2. Praktis, Efisien, dan Lebih Mudah

Pada era serba digital, penggunaan transaksi digital mendatangkan keuntungan. Salah satunya membuat aktivitas transaksi menjadi lebih praktis.

Anda bahkan tidak perlu meninggalkan rumah untuk melakukan sebuah transaksi. Selain itu, lebih hemat dan efisien karena pengguna tidak perlu membawa uang kemana-mana.

3. Transaksi Lebih Cepat

Hal ini mempercepat transaksi karena sistem berjalan secara online. Hanya dalam beberapa detik, Anda dapat melakukan pembayaran untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

4. Ada History untuk Mengecek Transaksi Sebelumnya

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak atau memantau transaksi secara teratur. Oleh karena itu, Anda jadi bisa mendapatkan kontrol yang lebih baik atas penggunaan ATM atau mobile banking.

Fitur ini memungkinkan Anda agar dengan mudah melakukan penambahan atau pengisian ulang dana ke rekening setiap melakukan transaksi. Namun, ingatlah untuk selalu melindungi informasi pribadi Anda untuk menghindari kejahatan cyber crime.

Nah, itulah langkah-langkah mengenai cara beli pulsa lewat ATM OCBC NISP ataupun ONe Mobile. Kini, Anda sudah paham dan bisa mempraktekkannya bukan?

Bagi Sobat OCBC yang belum terdaftar di ONe Mobile, tunggu apa lagi, yuk download dan daftar sekarang juga untuk menikmati berbagai fitur menariknya!

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Kartu Debit OCBC NISP

Kartu Debit OCBC NISP

A means of payment for all transactions
Kartu Kredit OCBC NISP

Kartu Kredit OCBC NISP

Jadikan setiap tahapan kehidupan sebagai pengalaman baru yang penuh makna

Download OCBC mobile