Pemalsuan Identitas Vendor Rugikan Perusahaan!

17 Jul 2025 Ditulis oleh: Redaksi OCBC

Waspada Link Phishing! Jaga Keamanan Isi Rekening

Link Phishing menjadi kejahatan siber yang semakin banyak memakan korban. Pelaku kerap menyamar sebagai pihak tepercaya seperti Bank, Agen Travel, Vendor, atau Rekan Kerja, lalu mereka akan mengirim link palsu melalui email, chat WA, SMS, media sosial, atau telepon.

Modus penipuan yang sering digunakan pelaku biasanya seperti: menawarkan pembatalan transaksi atau pemblokiran kartu dengan kalimat mendesak atau penting, Sehingga korban segera mengklik link dan mengisi data informasi pribadi/perusahaan  yang bersifat rahasia. Tanpa disadari setelah data diberikan, pelaku akan mengakses data perbankan korban dan menguras isi rekeningnya.

Tanda-Tanda Link Phishing yang Perlu Diwaspadai:
  • Alamat URL yang terlihat menyerupai situs resmi;

  • Link dikirimkan melalui email, chat WA, SMS, media sosial, atau telepon dan akan mengarah korban mengakses website/halaman login palsu untuk memancing korban memasukkan informasi perbankannya.
  • Penggunaan logo dan elemen visual yang menyerupai pihak resmi pada pesan yang dikirimkan.
  • Menawarkan pembatalan transaksi, pengamanan akun, promo, hingga meminta verifikasi.
Cara Lindungi Diri dari Link Phishing
  1. Jangan bagi data rahasia kepada siapapun
    Jangan pernah memberikan OTP, ID Pengguna, Kata Sandi, PIN OCBC mobile, PIN Token Internet Banking, Password dan CVV Kartu Kredit/ATM kepada siapapun. Pihak Bank tidak pernah meminta data rahasia ini dengan alasan apapun.
  2. Segara tolak bantuan atas pemblokiran kartu atau pembatalan transaksi yang mencurigakan, apalagi jika sampai meminta data rahasia perbankan. Matikan telepon dan laporkan ke kontak resmi Bank.
  3. Jangan klik link sebelum memastikan keasliannya
    Pastikan seluruh informasi berasal dari akun & nomor resmi OCBC yang terdaftar:
    • Website ocbc.id atau web.ocbc.id
    • TANYA OCBC 1500-999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri)
    • WhatsApp: TANYA OCBC (+62-812-1500999), OCBC Indonesia (+62-811-2250-0999 & +62-811-5850-0999) dan OCBC Info (+62-811-1060-6222)
    • Email: clientservices@ocbc.id, tanya@ocbc.id atau email resmi OCBC lainnya dengan domain/akhiran @ocbc.id
    Media Sosial:
    • Instagram: @ocbc_indonesia
    • Facebook: OCBC Indonesia
    • X: @OCBC_Indonesia & @tanya_OCBC
    • Youtube: OCBC_Indonesia
    • Tiktok: ocbc_indonesia

Phishing bukan sekadar spam, ia adalah bentuk kejahatan digital yang bisa terjadi pada siapa saja. Edukasi adalah senjata utama kita.

Jika Anda menerima pesan mencurigakan, jangan buru-buru klik & tetap tenang. Segera hubungi nomor resmi bank & tanyakan langsung kebenaran Informasi atas pesan/telepon yang diterima.

Mari sama-sama cegah penipuan.

OCBC Corporate Banking.
Together We Achieve More.


Story for your Inspiration

Baca
PBB

Edukasi - 26 Mei 2025

Cara mendapatkan potongan hingga 50% saat bayar PBB via aplikasi OCBC mobile

Baca
Artikel - Scam

Edukasi - 21 Mei 2025

Pemalsuan Identitas Vendor Rugikan Perusahaan!

See All

Produk Terkait

Pengumuman

Pengumuman

Informasi dan berita terkini tentang kegiatan korporasi OCBC NISP

Download OCBC mobile