Salah Transfer? Ini 5 Cara Mudah Melacak & Tarik Uangnya!

7 Agt 2025

Salah transfer uang? Tenang, ini 5 cara mudah melacak dan tarik kembali dana kamu tanpa ribet. Tetap tenang dan jangan panik!

Penyebab salah transfer uang itu ada banyak, bisa karena kelalaian, tidak fokus, atau nomor rekening tujuan yang diberikan kepadamu salah. Kamu juga nggak perlu berkecil hati, karena kesalahan transfer bisa dilakukan siapa saja!

Jika kamu salah transfer kepada orang yang masih dikenal, proses pengembaliannya akan lebih mudah. Kamu hanya perlu menghubungi orang tersebut, menyampaikan maksud telah salah transfer ke rekening dia, dan tunjukkan bukti transfernya.

Kondisinya akan berbeda ketika salah transfer ke nomor rekening milik orang lain yang sama sekali nggak kamu kenal. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan beberapa langkah agar uang kembali.

Baca juga: Agen Transfer: Pengertian, Fungsi, Tugas & Kelebihannya

Cara Melacak dan Mengembalikan Uang Salah Transfer

Ketika mengalami kesalahan saat transfer uang, hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang dan nggak usah panik.

Kamu juga nggak perlu khawatir uangmu hilang, karena ada ancaman pidana bagi orang yang menggunakan uang yang masuk rekeningnya karena kesalahan transfer.

Hal ini diatur dalam UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana. Pada Pasal 85 UU tersebut dijelaskan bahwa:

“Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui sebagai miliknya Dana hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui bukan haknya dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp5 Miliar.”

Sehingga uangmu yang nyasar ke rekening orang tak dikenal itu pasti akan aman. Penerima nggak boleh menguasai dan menggunakannya, jika tidak ingin dipidana.

Lalu harus apa saat salah transfer? Ikuti langkah berikut untuk melacak dan menarik kembali uangmu!

1. Hubungi Bank

Menghubungi pihak bank merupakan cara pertama yang bisa kamu tempuh. Seperti yang diketahui, bank memiliki layanan customer service yang siap melayani nasabah 24/7, termasuk pengaduan salah transfer.

Hubungi nomor customer service bank, dan sampaikan keperluanmu yaitu telah terjadi kesalahan transfer. Kemudian mintalah agar bank melakukan pembatalan terhadap transaksi yang salah tersebut.

Misalnya kamu merupakan nasabah OCBC. Ada banyak kanal pengaduan yang lengkap dan bisa melayani keluhan sepanjang waktu, yaitu:

  • Tanya OCBC 1500-999 atau (021) - 26506300 (dari luar negeri)
  • Instagram (at) ocbc_indonesia
  • X (at) Tanya_OCBC
  • Live Chat di OCBC Mobile
2. Jelaskan Kronologi

Ketika sudah tersambung, pihak bank akan memintamu untuk menjelaskan kronologi salah transfer tersebut.

Maka, kamu harus memberikan penjelasan yang lengkap, termasuk kapan transaksi dilakukan, menggunakan mobile banking atau mesin ATM, nomor rekening penerima, dan jumlah uang yang ditransfer.

Baca juga: 6 Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri ke Indonesia, Mudah!

3. Kirim Bukti

Biasanya, pihak bank akan meminta bukti atas laporan yang kamu sampaikan, mulai dari identitas diri dan bukti transfer yang salah.

Dalam hal ini, kamu mungkin memerlukan mutasi rekening untuk menunjukkan detail transfer yang salah itu. Berikut cara cek mutasi rekening bagi nasabah OCBC melalui OCBC mobile:

  • Buka dan login ke aplikasi OCBC mobile
  • Pilih menu “Finansial”
  • Klik “Saldo Aktif” pada section simpanan
  • Pilih mata uang yang ingin dicetak rekening korannya
  • Klik tiga titik di kanan atas
  • Jika sudah muncul informasi rekening, klik “Download e-Statement
  • Filter periode menjadi “Semua Periode”
  • Klik Download
  • Masukkan password
  • Rekening koran akan muncul di layar

Jika menghubungi bank melalui telepon, kamu akan dijelaskan bagaimana cara pengiriman bukti tersebut. Biasanya, kamu diminta untuk mengirim bukti melalui email dengan menyebutkan nomor laporan yang disampaikan.

4. Proses Verifikasi oleh Bank

Setelah memahami masalah yang menimpamu dan menerima barang bukti, pihak bank akan melakukan verifikasi. Proses verifikasi ini akan dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku di bank tersebut.

Selain itu, verifikasi juga bisa memakan beberapa hari lamanya. Sehingga kamu harus bersabar sampai pihak bank menghubungimu lagi. Namun, kamu juga bisa memantau perkembangan proses dengan menghubungi bank lagi dan menyebutkan nomor laporan.

5. Bank Menghubungi Penerima Salah Transfer

Setelah verifikasi dilakukan, bank akan menyimpulkan benar tidaknya telah terjadi kesalahan transfer. Jika benar, pihak bank akan menghubungi pemilik rekening yang menerima salah transfer tersebut.

Proses ini sebenarnya bisa dipersingkat jika penerima salah transfer kooperatif dan melaporkan adanya dana yang masuk ke rekeningnya.

Setelah pihak bank menghubungi penerima dana atau penerima sudah mengembalikan dana, bank akan mulai melakukan proses pengembalian uang kepadamu.

Biasanya, proses ini berlangsung selama 2 minggu (14 hari kerja) atau lebih. Durasi pengembalian dana transfer juga disesuaikan dengan SOP masing-masing bank.

Seperti yang disinggung di atas, kesalahan transfer bisa terjadi dan menimpa siapapun. Maka penting untuk memilih bank yang kooperatif, profesional, dan menyediakan kanal pengaduan yang lengkap seperti OCBC.

Baca juga: Transaksi Perdagangan Luar Negeri Dibayar dengan Apa Saja?


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi, Investasi - 7 Agt 2025

Rincian Biaya Liburan ke Maldives, Siapkan Uang Segini!

Baca

Edukasi - 5 Agt 2025

5 Perbedaan Biaya Provisi & Administrasi Saat Ajukan Kredit

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile