OCBC Cetak Kinerja Positif pada Semester I 2025

31 Jul 2025

Jakarta, 31 Juli 2025 – PT Bank OCBC NISP Tbk (“OCBC”) berhasil mencatat pertumbuhan positif, dengan likuiditas yang solid dan permodalan yang kuat.

Kinerja Keuangan Utama (Konsolidasi) per 30 Juni
dalam Rp triliun, kecuali %
Keterangan 2025 2024 ∆% YoY
Laba Bersih 2.57 2.39 7%
Jumlah Kredit 166.34 162.47 2%
Jumlah Dana Pihak Ketiga 216.28 198.59 9%
Jumlah Aset 295.97 266.48 11%
Jumlah Ekuitas 41.08 37.99 8%

Hingga 30 Juni 2025, Bank membukukan laba bersih sebesar Rp2,57 triliun, tumbuh 7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan ini didukung oleh jumlah pendapatan yang meningkat sebesar 14% YoY. Jumlah dana pihak ketiga (DPK) meningkat 9% YoY menjadi Rp216,28 triliun, sedangkan jumlah kredit yang diberikan tumbuh 2% YoY menjadi Rp166,34 triliun.

Bank berhasil menjaga kualitas aset yang tercermin dari kredit bermasalah bruto (Gross NPL) yang turun menjadi 1,9% dari 2,0% pada periode yang sama tahun lalu, dan lebih rendah dibandingkan rata-rata industri, sementara NPL Net stabil sebesar 0,7%.

Likuiditas dan permodalan Bank terjaga dengan baik, tercermin dari Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 267% dan rasio kecukupan modal (CAR) sebesar 23,6% jauh di atas ketentuan minimum regulator.

“Kami senantiasa berfokus pada pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya, kami tetap menerapkan prinsip kehatian-hatian serta menjaga keseimbangan antara pencapaian perkembangan dan pengelolaan risiko secara optimal,” jelas Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC.

Dengan fondasi tersebut, Bank terus berupaya mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan sekaligus menjaga kualitas aset dan likuiditas yang kuat. Sebagai bagian dari penguatan struktur pendanaan dan dukungan terhadap pertumbuhan kredit yang berkualitas dan berkelanjutan, Bank pun baru-baru ini menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV OCBC Tahap I Tahun 2025 senilai Rp1,5 triliun.

Parwati menambahkan, “Terlepas dari dinamika ekonomi yang terjadi saat ini, bank akan terus aktif berkolaborasi untuk membuka peluang baru agar dapat memperluas akses keuangan, baik dalam pendanaan maupun pengembangan produk dan layanan yang berfokus pada kebutuhan nasabah.”

Dalam memperkenalkan layanan individu, OCBC secara konsisten mengusung #FUNanciallyFIT yaitu pentingnya mengelola keuangan secara bijak dan menyeimbangkan gaya hidup yang esensial dan berkelanjutan, dengan menghadirkan produk-produk inovatif seperti Kartu Kredit OCBC Voyage, Kartu Kredit OCBC Star Wars Platinum, dan Young NYALA.

Selain itu, sepanjang perjalanan semester I 2025, Bank juga berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi dari berbagai kategori, mulai dari tata kelola perusahaan, produk dan layanan, teknologi digitalisasi, hingga kekaryawanan. Beberapa penghargaan tersebut antara lain:

  • Infobank-MRI Banking Service Excellence Appreciation 2025 dengan beragam kategori, diantaranya Peringkat 1 Best Conventional Bank in Excellence Customer Service dan Peringkat 2 Best Conventional Bank in Service Excellence Walk in Channel.
  • HR Asia Award 2025 dalam kategori Best Company to Work For dan Most Caring Company;
  • The Asian Banker Indonesia Award 2025, dengan kategori Best Wealth Management for Affluent Segment; dan
  • Asian Banking & Finance, Wholesale Banking Awards 2025 dalam kategori International Trade Finance Bank of the Year.

Sekilas laporan keuangan dan rasio keuangan per 30 Juni 2025, disajikan dalam factsheet terlampir.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 84 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 30 Juni 2025, OCBC melayani nasabah melalui 205 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 536 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 450 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id

Aleta Hanafi
Division Head
aleta.hanafi@ocbc.id,
Mobile: 62-8119860068
Chandra Novita
Publicist
chandra.novita@ocbc.id
Mobile: 62-8111071069
Nadya Maharani
Publicist
nadya.maharani@ocbc.id
Mobile: 62-8118725945
Novi Henriatika
Publicist
novi.henriatika@ocbc.id
Mobile: 62-8119812329

News for your Inspiration

Read More
Mudik Asyik OCBC Syariah

Kinerja OCBC - 10 Apr 2025

OCBC Syariah Catat Kinerja Positif di 2024 dan Terus Perkuat Kontribusi untuk Masyarakat Melalui program Zakat & Mudik Asyik

Read More
RUPST OCBC 2025

Kinerja OCBC - 20 Mar 2025

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2025

See All