Waspada jika menerima email/pesan dari pihak yang mengatasnamakan instansi DJP dan mengarahkan Anda untuk meng-klik link berisi APK atau situs dengan alasan menawarkan bantuan pembayaran pajak ataupun melakukan penagihan denda pajak.
INGAT! Jangan mudah percaya dan cek dulu kebenaran informasinya.
Lalu bagaimana jika Anda menerima pesan penipuan seperti ini? Tetap tenang dan lakukan pencegahan berikut:
- Periksa kesesuaian domain dan nama pengirim, serta bandingkan dengan informasi yang ada di website atau social media resmi DJP.
- Domain email resmi DJP: @pajak.go.id
- Call Center/Kring Pajak: (62-21) 1500200
- Twitter/X: @kring_pajak atau @ditjenpajakri
- Situs: www.pajak.go.id
- Facebook, Youtube, Instagram: @ditjenpajakri
- Pastikan Anda memeriksa keaslian informasi tersebut melalui website resmi DJP online pada https://pajak.go.id/
- Jangan klik link atau unduh file apapun yang dikirimkan pada email tersebut.
Segera lakukan konfirmasi
Hubungi Relationship Manager Anda atau TANYA OCBC 1500999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri) dan pilih layanan "Nasabah Bisnis” atau hubungi email TANYA OCBC tanya@ocbc.id dan clientservices@ocbc.id terkait layanan OCBC Business bila Anda menemukan aktivitas mencurigakan. Jangan lupa untuk lampirkan screenshot pesan, salinan link palsu/file APK. yang dikirimkan oleh penipu.
Jangan berikan informasi pribadi (nomor Kartu Debit/Kredit, CVV, expired date, password, PIN, dan OTP.
Mari sama-sama cegah penipuan.
OCBC Corporate Banking.
Together We Achieve More.