Individu

Marketing Collateral: Manfaat, Jenis-Jenis, dan Tips Membuatnya

12 2月 2024 • Ditulis oleh: Redaksi OCBC

Bagikan Ke

Artikel Card Image
Promo Card Image

Marketing collateral adalah bentuk strategi pemasaran produk yang tujuan utamanya untuk memperkenalkan produk atau brand kepada calon pelanggan. Sebenarnya, istilah ini sudah lama digunakan dalam dunia bisnis, mungkin Sobat OCBC pun sudah tidak asing.

Kendati begitu, sudah tahukah Sobat OCBC bagaimana cara mengimplementasikan marketing collateral agar hasilnya efektif? Yuk, pelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis, manfaat, hingga tips menyiapkan marketing collateral di sini.

Apa itu Marketing Collateral?

Marketing collateral adalah kumpulan konten, media, atau informasi yang dibuat sebagai penunjang upaya pemasaran dan meningkatkan penjualan. Bentuk marketing ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan brand awareness pelanggan terhadap merek atau produk tertentu.

Jika Sobat OCBC pernah diberi brosur penjualan handphone saat berada di mall atau bahkan di pinggir jalan, maka itulah contoh marketing collateral konvensional yang paling umum. Hingga kini, strategi tersebut masih diterapkan.

Apabila dulu marketing collateral hanya berupa konvensional, kini strategi marketing collateral sudah merambah ke dunia digital. Seperti yang kita tahu, saat ini upaya promosi lebih mudah menjangkau orang dari semua kalangan melalui platform digital, seperti media sosial.

Pembuatan marketing collateral perlu disesuaikan dengan tahapan customer journey. Dilansir dari ReVerb, terdapat empat tahap customer journey beserta bentuk marketing collateral yang perlu diperhatikan oleh para marketer, di antaranya:

  • Awareness: Landing page, e-book, video viral, blog, dan infografis.
  • Consideration: Testimoni, email, dan katalog produk.
  • Decision: Proposal, newsletter, dan presentasi.
  • Loyalty: Merchandise, laporan digital, dan majalah anggota.

Jenis-Jenis Marketing Collateral

Marketing collateral dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan media, seperti media cetak, digital, dan lainnya. Adapun beberapa jenis umum marketing collateral adalah sebagai berikut:

  • Konten website.
  • Infografis.
  • Video.
  • E-book.
  • Landing page.
  • Pillar page.
  • Newsletter
  • Brosur.
  • Presentasi.
  • Katalog produk.
  • Majalah perusahaan.

Baca Juga: 7 Cara Belajar Digital Marketing yang Efektif untuk Pemula

Manfaat Marketing Collateral

Marketing collateral hingga saat ini masih relevan dengan kebutuhan bisnis. Adapun beberapa manfaat marketing collateral adalah sebagai berikut.

1. Mengenalkan Produk dan Layanan

Salah satu manfaat marketing collateral adalah mengenalkan produk dan layanan kepada calon pelanggan. Pilihlah jenis marketing collateral yang paling sesuai dengan target pasar, sehingga bisa lebih mudah dalam menjangkau mereka.

Di samping itu, saat mengenalkan produk, pastikan Sobat OCBC memberikan penjelasan deskripsi produk, manfaat, harga, fitur, dan hal lainnya dengan jelas. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi pelanggan tentang produk yang sedang dikenalkan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan membuat orang-orang mengenali produk atau layananmu, pada akhirnya Sobat OCBC dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk atau layanan tersebut. Jangan lengah untuk memberikan paparan brand secara terus-menerus agar pelanggan mudah mengingat brand milikmu.

3. Mendukung Campaign Produk

Marketing collateral juga sangat bermanfaat dalam kampanye iklan atau marketing campaign. Kampanye iklan dianggap sangat efektif dalam menarik perhatian pelanggan. Oleh karena itu, Sobat OCBC dapat menyisipkan marketing collateral untuk menyampaikan informasi penting kepada para calon pelanggan.

4. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari marketing collateral adalah membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Melalui penggunaan berbagai media pemasaran untuk mempromosikan produk dan layanan, maka brand pun akan lebih sering berinteraksi dengan pelanggan.

Lebih sering berinteraksi dengan pelanggan yang dimaksud misalnya, yaitu melalui media sosial akan membuat hubungan brand dan pelanggan menjadi lebih dekat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk terus terlibat dengan pelanggan guna menjalin hubungan yang positif.

Baca Juga: Perencanaan Bisnis: Pengertian, Tujuan, Komponen, dan Tipe

5. Meningkatkan Penjualan

Segala upaya yang dilakukan suatu bisnis dalam memasarkan produknya tentu bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Pada dasarnya, beberapa manfaat marketing collateral yang sudah kita bahas sebelumnya memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan penjualan.

Tips Menyiapkan Marketing Collateral

Adapun beberapa cara yang bisa Sobat OCBC lakukan untuk menyiapkan marketing collateral adalah sebagai berikut.

1. Menetapkan Tujuan

Perlu kita sadari bahwa kemungkinan seseorang untuk membeli produk hanya dengan sekali melihat iklan sangatlah kecil. Lihat lagi tahapan customer journey yang sudah Sobat OCBC buat dan pertimbangkan tahap mana yang perlu ditingkatkan lagi.

Hal ini bisa dilakukan jika Sobat OCBC sudah menetapkan tujuan dengan jelas dari awal sebelum membuat marketing collateral. Misalnya, apakah upaya ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness atau kesetiaan pelanggan.

2. Ciptakan Branding yang Konsisten

Branding bisa dibilang sebagai wajah dari suatu brand atau bisnis. Untuk mencapai prospek bisnis seperti yang sudah direncanakan sejak awal, maka Sobat OCBC perlu melakukan kegiatan ini secara konsisten.

3. Tentukan Media Pemasaran

Kemudian, tentukan juga media pemasaran yang tepat, misalnya melalui media sosial, website, atau media cetak. Hal ini bisa disesuaikan dengan target pasar Sobat OCBC. Jika ingin menjangkau anak muda, maka cobalah menggunakan sosial media.

Itulah penjelasan mengenai apa itu marketing collateral yang perlu Sobat OCBC pahami jika ingin menekuni dunia bisnis. Dalam memulai bisnis, memang ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari modal, marketing, dan lain sebagainya.

Nah, bila ingin memulai suatu bisnis, Sobat OCBC bisa bergabung bersama Nyala Bisnis, solusi finansial untuk mengelola dana dan mengembangkan bisnis secara terpadu agar #BeraniNaikLevel.

Kini, melalui satu aplikasi saja, OCBC mobile, Sobat OCBC dapat melakukan berbagai kebutuhan, seperti investasi hingga pengajuan peminjaman. Mari kembangkan usaha bersama OCBC dan raih cuan se-maksimal mungkin!

Baca Juga: Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Tertarik dengan artikel kami?

Bagikan Artikel Ini?

Produk Terkait

Cross Selling Banner Global

Min. size 1204x240px. Less than that, there is a possibility that your image will be blurry or stretched

最新文章

5 Kesalahan Fatal Anggaran Proposal yang Bikin Ditolak Client!
  • Individu

5 Kesalahan Fatal Anggaran Proposal yang Bikin Ditolak Client!

18 6月 2025

Jangan sampai proposalmu ditolak karena anggaran berantakan! Simak 5 kesalahan umum dalam menyusun anggaran biaya proposal yang wajib dihindari.

Apakah Asuransi Jiwa Bisa Dicairkan Sebelum Meninggal Dunia? Cek Faktanya di Sini!
  • Individu

Apakah Asuransi Jiwa Bisa Dicairkan Sebelum Meninggal Dunia? Cek Faktanya di Sini!

17 6月 2025

Tidak banyak yang tahu, tapi asuransi jiwa bisa dicairkan sebelum meninggal, loh! Namun tetap ada syarat dan ketentuannya. Yuk cek fakta-faktanya berikut ini!

Pinjaman Apa Saja yang Masuk BI Checking? Cek 7 Jenis Ini!
  • Individu

Pinjaman Apa Saja yang Masuk BI Checking? Cek 7 Jenis Ini!

13 6月 2025

Ternyata, 7 jenis pinjaman ini tercatat di BI Checking dan bisa mempengaruhi credit score jika tidak diselesaikan dengan baik. Cari tahu detailnya di artikal ini, yuk!

Mau Ambil KPR 200 Juta? Ini Cicilan Per Bulan yang Harus Disiapkan!
  • Individu

Mau Ambil KPR 200 Juta? Ini Cicilan Per Bulan yang Harus Disiapkan!

9 6月 2025

Cicilan per bulan untuk ambil KPR Rp 200 Juta berapa sih? berikut syarat dan simulasi lengkap sesuai tenor yang dipilih