Jakarta, 10 Juni 2025 – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) dan Ant International, perusahaan global terkemuka di bidang pembayaran digital, digitalisasi, dan teknologi keuangan, secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan ini menandai dimulainya kolaborasi strategis untuk menghadirkan solusi pembiayaan digital yang cepat, fleksibel, dan inklusif, serta memperluas akses pembiayaan kepada lebih banyak pengusaha di seluruh Indonesia.
Kemitraan ini dirancang untuk mempermudah akses pembiayaan bagi para pelaku usaha; baik individu maupun entitas bisnis. Dengan menggabungkan pengalaman panjang OCBC di sektor UKM, pemahaman mendalam tentang pasar lokal, serta solusi perbankan end-to-end, dengan keunggulan Ant International di bidang alternative-data modelling, strategi kredit yang dinamis, dan proses keputusan kredit otomatis, kolaborasi ini diharapkan mampu menghadirkan layanan pembiayaan yang berbeda dan relevan dalam ekosistem digital.
Ini merupakan kolaborasi pertama Ant International dengan bank komersial di Indonesia yang berfokus pada layanan keuangan terintegrasi. Kedua pihak meyakini bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat besar bagi ribuan pengusaha di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.
Martin Widjaja, Direktur OCBC, menyampaikan, “Kami sangat antusias bermitra dengan Ant International. Kolaborasi ini mempertegas komitmen kami untuk memperluas akses keuangan bagi para pengusaha. Dengan memanfaatkan teknologi sebagai enabler, kami ingin menjadi mitra pertumbuhan sejati bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya.”
Martin menambahkan, “Kami percaya bahwa memberdayakan bisnis lokal melalui solusi keuangan yang bertanggung jawab dan mudah diakses akan memberikan banyak dampak positif. Untuk itu, kami di OCBC akan terus mendorong pemanfaatan teknologi digital, serta melakukan berbagai kolaborasi strategis seperti dengan Ant International, serta melakukan penyempurnaan proses kredit untuk memperluas jangkauan layanan dan memperkuat kualitas pembiayaan.”
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, sektor UKM menyumbang lebih dari 60,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyerap sekitar 97% dari total tenaga kerja nasional . Melalui kolaborasi ini, OCBC dan Ant International berupaya menjembatani kesenjangan tersebut — bukan dengan pendekatan konvensional, melainkan dengan pemanfaatan teknologi berbasis data yang inklusif.
Ant International juga memiliki komitmen yang sama dalam mendukung UMKM di seluruh dunia, dengan lebih dari 90% mitra usahanya merupakan usaha mikro dan kecil. Perusahaan ini terus bekerja sama dengan para pemimpin keuangan global dan lokal untuk memperluas akses pembiayaan melalui solusi kredit berbasis kecerdasan buatan (AI-driven), melampaui keahliannya dalam pembayaran dan digitalisasi.
“Di tengah percepatan transformasi digital di Indonesia, UMKM muncul sebagai penggerak utama inovasi dan pertumbuhan. Dengan menggandeng OCBC, perusahaan tepercaya yang memiliki akar kuat di Indonesia, kami berkomitmen membantu usaha kecil berkembang dan membangun ketahanan jangka panjang melalui solusi keuangan yang terpersonalisasi dan didukung oleh teknologi,” ujar Quan Yu, General Manager of Credit Services, Ant International.
Kedua perusahaan menegaskan komitmen kuat terhadap perlindungan data nasabah dan kepatuhan penuh terhadap regulasi, guna membangun kepercayaan terhadap layanan keuangan digital.
OCBC dan Ant International berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan bagi masyarakat dengan terus mengembangkan rencana kolaborasi ke depan guna menghadirkan lebih banyak produk keuangan inklusif, dan menjangkau lebih banyak pelaku usaha di seluruh Indonesia.
Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 84 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Maret 2025, OCBC melayani nasabah melalui 205 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 529 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.
Brand & Communication Division, OCBC
OCBC Tower, Jl Prof Dr Satrio Kav 25, Jakarta 12940
Tel: 021- 25533888; Fax: (62)-021-57944000
Email: brand.communication@ocbc.id
Website: www.ocbc.id