Sebagian bisnis telah menerapkan marketing collateral untuk mempromosikan produknya.
Marketing collateral adalah bentuk strategi pemasaran produk yang tujuan utamanya untuk memperkenalkan produk atau brand kepada calon pelanggan. Sebenarnya, istilah ini sudah lama digunakan dalam dunia bisnis, mungkin Sobat OCBC pun sudah tidak asing.
Kendati begitu, sudah tahukah Sobat OCBC bagaimana cara mengimplementasikan marketing collateral agar hasilnya efektif? Yuk, pelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis, manfaat, hingga tips menyiapkan marketing collateral di sini.
Marketing collateral adalah kumpulan konten, media, atau informasi yang dibuat sebagai penunjang upaya pemasaran dan meningkatkan penjualan. Bentuk marketing ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan brand awareness pelanggan terhadap merek atau produk tertentu.
Jika Sobat OCBC pernah diberi brosur penjualan handphone saat berada di mall atau bahkan di pinggir jalan, maka itulah contoh marketing collateral konvensional yang paling umum. Hingga kini, strategi tersebut masih diterapkan.
Apabila dulu marketing collateral hanya berupa konvensional, kini strategi marketing collateral sudah merambah ke dunia digital. Seperti yang kita tahu, saat ini upaya promosi lebih mudah menjangkau orang dari semua kalangan melalui platform digital, seperti media sosial.
Pembuatan marketing collateral perlu disesuaikan dengan tahapan customer journey. Dilansir dari ReVerb, terdapat empat tahap customer journey beserta bentuk marketing collateral yang perlu diperhatikan oleh para marketer, di antaranya:
Marketing collateral dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan media, seperti media cetak, digital, dan lainnya. Adapun beberapa jenis umum marketing collateral adalah sebagai berikut:
Baca Juga: 7 Cara Belajar Digital Marketing yang Efektif untuk Pemula
Marketing collateral hingga saat ini masih relevan dengan kebutuhan bisnis. Adapun beberapa manfaat marketing collateral adalah sebagai berikut.
Salah satu manfaat marketing collateral adalah mengenalkan produk dan layanan kepada calon pelanggan. Pilihlah jenis marketing collateral yang paling sesuai dengan target pasar, sehingga bisa lebih mudah dalam menjangkau mereka.
Di samping itu, saat mengenalkan produk, pastikan Sobat OCBC memberikan penjelasan deskripsi produk, manfaat, harga, fitur, dan hal lainnya dengan jelas. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi pelanggan tentang produk yang sedang dikenalkan.
Dengan membuat orang-orang mengenali produk atau layananmu, pada akhirnya Sobat OCBC dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk atau layanan tersebut. Jangan lengah untuk memberikan paparan brand secara terus-menerus agar pelanggan mudah mengingat brand milikmu.
Marketing collateral juga sangat bermanfaat dalam kampanye iklan atau marketing campaign. Kampanye iklan dianggap sangat efektif dalam menarik perhatian pelanggan. Oleh karena itu, Sobat OCBC dapat menyisipkan marketing collateral untuk menyampaikan informasi penting kepada para calon pelanggan.
Manfaat selanjutnya dari marketing collateral adalah membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Melalui penggunaan berbagai media pemasaran untuk mempromosikan produk dan layanan, maka brand pun akan lebih sering berinteraksi dengan pelanggan.
Lebih sering berinteraksi dengan pelanggan yang dimaksud misalnya, yaitu melalui media sosial akan membuat hubungan brand dan pelanggan menjadi lebih dekat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk terus terlibat dengan pelanggan guna menjalin hubungan yang positif.
Baca Juga: Perencanaan Bisnis: Pengertian, Tujuan, Komponen, dan Tipe
Segala upaya yang dilakukan suatu bisnis dalam memasarkan produknya tentu bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Pada dasarnya, beberapa manfaat marketing collateral yang sudah kita bahas sebelumnya memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan penjualan.
Adapun beberapa cara yang bisa Sobat OCBC lakukan untuk menyiapkan marketing collateral adalah sebagai berikut.
Perlu kita sadari bahwa kemungkinan seseorang untuk membeli produk hanya dengan sekali melihat iklan sangatlah kecil. Lihat lagi tahapan customer journey yang sudah Sobat OCBC buat dan pertimbangkan tahap mana yang perlu ditingkatkan lagi.
Hal ini bisa dilakukan jika Sobat OCBC sudah menetapkan tujuan dengan jelas dari awal sebelum membuat marketing collateral. Misalnya, apakah upaya ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness atau kesetiaan pelanggan.
Branding bisa dibilang sebagai wajah dari suatu brand atau bisnis. Untuk mencapai prospek bisnis seperti yang sudah direncanakan sejak awal, maka Sobat OCBC perlu melakukan kegiatan ini secara konsisten.
Kemudian, tentukan juga media pemasaran yang tepat, misalnya melalui media sosial, website, atau media cetak. Hal ini bisa disesuaikan dengan target pasar Sobat OCBC. Jika ingin menjangkau anak muda, maka cobalah menggunakan sosial media.
Itulah penjelasan mengenai apa itu marketing collateral yang perlu Sobat OCBC pahami jika ingin menekuni dunia bisnis. Dalam memulai bisnis, memang ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari modal, marketing, dan lain sebagainya.
Nah, bila ingin memulai suatu bisnis, Sobat OCBC bisa bergabung bersama Nyala Bisnis, solusi finansial untuk mengelola dana dan mengembangkan bisnis secara terpadu agar #BeraniNaikLevel.
Kini, melalui satu aplikasi saja, OCBC mobile, Sobat OCBC dapat melakukan berbagai kebutuhan, seperti investasi hingga pengajuan peminjaman. Mari kembangkan usaha bersama OCBC dan raih cuan se-maksimal mungkin!
Baca Juga: Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya