Kemajuan teknologi membuat digitalisasi diadopsi dalam berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor perbankan yang saat hadir dengan memanfaatkan teknologi dalam berbagai layanannya dengan digital bank.
Sebagai contoh pembukaan rekening. Zaman dulu, nasabah harus datang ke kantor cabang bank terdekat untuk membuka rekening. Nasabah harus membawa dokumen seperti KTP dan NPWP, serta mengisi form pembukaan rekening yang sangat banyak isiannya.
Saat ini, praktik seperti itu sudah tidak ditemui lagi. Hampir semua bank sekarang melayani pembukaan rekening secara digital, melalui aplikasi mobile banking yang sudah disiapkan.
Praktik digitalisasi layanan perbankan inilah yang saat ini dikenal dengan sebutan digital banking. Yuk cari tahu lebih lengkap tentang digital banking ini!
Baca juga: Liburan Nyaman ke Luar Negeri dengan Global Wallet
Sesuai namanya, digital banking adalah kegiatan atau layanan perbankan yang seluruhnya dilakukan secara digital dengan bantuan jaringan internet.
Saat ini, digital banking mencakup seluruh layanan perbankan, mulai dari pembukaan rekening, transfer dan bayar, mengakses mutasi dan daftar transaksi, blokir rekening, hingga penutupan rekening.
Istilah digital banking atau bank digital turut disinggung dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 12/POJK.03/2021 tentang Bank Umum.
Dalam aturan itu dijelaskan bahwa bank digital adalah layanan perbankan elektronik yang ditujukan agar maksimal dalam pemanfaatan data nasabah sebagai upaya memberikan pelayanan lebih cepat, mudah, sesuai kebutuhan.
Baca juga: Manfaat Dompet Digital untuk Transaksi yang Mudah dan Aman
Digitalisasi perbankan menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengakses layanan perbankan. Tak heran minat masyarakat terhadap bank digital pun semakin tinggi.
Selain itu, pemerintah melalui berbagai aturan yang terkait juga menekankan pentingnya pihak bank menjaga keamanan data nasabah. Hal ini membuat nasabah tak perlu lagi mengkhawatirkan data mereka.
Seperti yang disebut di atas, digital banking merambah hampir semua layanan perbankan. Secara umum, ada beberapa jenis layanan digital banking yang perlu kamu ketahui sebagai berikut!
Layanan pertama dari digital bank adalah internet banking. Layanan ini memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi perbankan dengan menggunakan perangkat seperti smartphone atau laptop yang terkoneksi internet.
Layanan mobile banking ini juga memungkinkan nasabah bertransaksi melalui ponsel. Mobile banking biasanya tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh, dan tersinkronisasi dengan data rekening tabungan nasabah.
Seperti namanya, layanan SMS banking ini menggunakan fitur SMS dalam kegiatan transaksinya. Nasabah hanya perlu mengirim SMS pada nomor bank terkait dan memasukkan perintah atau permintaan untuk dapat melakukan suatu transaksi.
Phone banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah untuk menghubungi pihak bank melalui telepon. Layanan ini dapat ditangani oleh program otomatis atau tenaga manusia langsung untuk melakukan permintaan transaksi.
Baca juga: Aplikasi Dompet Digital Tanpa KTP yang Mudah dan Praktis
Inovasi digital banking bukan cuma mempermudah, tapi juga memberdayakan nasabah agar lebih melek finansial dan mandiri secara ekonomi.
Berikut ini beberapa manfaat utama dari adanya digital banking bagi masyarakat sebagai nasabah.
Digital banking memungkinkan kamu mengakses layanan perbankan kapan saja dan di mana saja, tanpa harus datang ke kantor cabang.
Fitur dan layanan yang disediakan akan sangat membantu masyarakat yang punya mobilitas tinggi dan ingin semua transaksi selesai dalam hitungan detik.
Dengan digital banking, kamu bisa menghemat waktu karena tak perlu antre atau mengisi formulir manual.
Selain itu, banyak transaksi yang bisa dilakukan tanpa biaya tambahan, seperti transfer antar bank dengan biaya rendah atau bahkan gratis.
Setiap transaksi yang kamu lakukan akan langsung tercatat secara otomatis di aplikasi digital banking.
Hal ini memudahkan kamu dalam memantau arus kas, mengelola pengeluaran, hingga membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.
Baca juga: Meredam Kekhawatiran Pertumbuhan Ekonomi
OCBC sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia turut melakukan inovasi digital dengan menghadirkan OCBC Mobile, yaitu mobile banking yang akan memudahkan keperluan transaksi nasabah melalui ponsel.
Ada banyak kemudahan yang ditawarkan OCBC mobile. Pertama, ini merupakan mobile banking yang merangkap superapps sehingga semua kebutuhan transaksi nasabah bisa dilakukan di dalamnya.
Saat menggunakan OCBC mobile, kamu bisa melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan di aplikasi fintech lain. Misalnya pengajuan kartu kredit, KTA, KPR, jual beli valas, hingga investasi.
Jadi kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini bukan hanya untuk simpan uang, tapi juga mengembangkan aset biar makin kaya.
Kedua, dengan menggunakan OCBC mobile, kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa bebas biaya admin bulanan dan bebas biaya transfer antar bank.
Ketiga dan tak kalah penting adalah OCBC mobile sudah terintegrasi dengan berbagai marketplace dan media sosial. Sehingga, proses transaksi mulai dari pengiriman dana, meminta dana, hingga pembayaran saat belanja online bisa dilakukan dengan sangat mudah.
Tak hanya itu, OCBC mobile juga dilengkapi dengan layanan perbankan bernama Nyala by OCBC.
Nyala by OCBC merupakan sebuah layanan untuk Nasabah OCBC yang ingin mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, mengembangkan aset, dan menikmati manfaat gaya hidup.
Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan dengan membuka Nyala, mulai dari pilihan tabungan dan investasi yang lengkap, bebas biaya admin, bebas biaya transfer online antar bank, bebas biaya tarik tunai, bebas biaya top-up e-wallet, hingga kesempatan mengikuti program kelas finansial.
Baca juga: OCBC Bakal Jadi Bank Swasta Terbesar Ketiga di Indonesia