Apa itu Melek Finansial? Ini Pentingnya & Tips Mewujudkannya

4 Okt 2023 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Melek finansial adalah kemampuan untuk mengelola finansial dengan baik. Pahami manfaat melek finansial dan cara mewujudkannya di sini.

Setiap orang menginginkan kehidupan tentram dengan dompet yang aman, tidak peduli mereka lajang ataupun sudah berkeluarga. Akan tetapi, tidak banyak orang tahu ketentraman semacam ini tidak dapat dicapai dengan gaji tinggi lho! Satu-satunya cara mencapainya dari segi keuangan adalah dengan melek secara finansial. Apa pengertian melek finansial dan bagaimana caranya? Simak artikel dari OCBC NISP berikut sampai habis ya!


Pengertian Melek Finansial

Menurut Gerakan Literasi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian melek finansial adalah kecakapan dalam mengaplikasikan pengetahuan terkait konsep dan resiko sehingga mampu mengambil keputusan efektif terkait finansial agar kesejahteraan finansial meningkat, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Secara umum, pengertian melek finansial adalah kemampuan untuk mengelola finansial secara teratur dengan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan, agar mampu mencapai kesejahteraan hidup.


Mengapa Literasi Keuangan Penting?

Literasi keuangan adalah hal yang penting dipelajari agar melek finansial, terutama bagi pekerja baru dan orang dengan tanggungan keluarga. Selengkapnya tentang pentingnya literasi keuangan adalah berikut ini.

  1. Mampu Mengelola Keuangan Secara Teratur
    Informasi dan wawasan literasi keuangan akan membuat Anda mampu mengatur keuangan dengan baik. Dengan literasi keuangan, alokasi finansial dapat terdistribusi secara lebih bijak dan terencana. Sehingga terciptanya kondisi keuangan yang sehat dan seimbang.

  2. Mengurangi Risiko Menjadi Korban Penipuan
    Literasi keuangan membuat Anda memiliki banyak pengetahuan terkait keuangan. Pengetahuan ini akan membantu Anda menyeleksi produk/layanan finansial asli dan mana yang penipuan. Sehingga Anda bisa menghindarkan diri dari kerugian.

  3. Mempunyai Kesejahteraan Hidup
    Dalam jangka panjang, literasi keuangan akan membantu Anda mencapai kesejahteraan dan ketentraman hidup. Di fase-fase awal mempelajari literasi keuangan, Anda mungkin harus meluangkan waktu untuk mempraktikkan ilmunya. Akan tetapi, kesusahan ini akan terbayarkan dengan kondisi finansial lebih baik.


7 Tips Ampuh Mewujudkan Melek Finansial

Setelah membaca pentingnya literasi keuangan, ada beberapa cara mewujudkan melek finansial yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Pelajari Hal-Hal Berkaitan Dunia Keuangan
    Tips pertama mewujudkan melek finansial adalah dengan mempelajari hal-hal berkaitan dunia finansial. Anda tidak perlu mengambil kuliah di jurusan keuangan guna mempelajari hal ini. Cukup rajin-rajin mempelajarinya melalui buku, materi digital, atau berita terkait keuangan.

  2. Biasakan Merencanakan Keuangan Tiap Bulan
    Tips berikutnya untuk mewujudkan melek finansial adalah dengan membiasakan diri merencanakan keuangan tiap bulan. Perencanaan keuangan ini akan membantu Anda lebih hati-hati dan disiplin saat membuat pengeluaran. Selain itu, saat melakukan perencanaan keuangan Anda juga dapat membuat alokasi seimbang untuk kebutuhan sehari-hari, keinginan, dan tabungan.

  3. Ingat Target yang Ingin Dicapai
    Setiap orang memiliki target-target di masa depan, dan sebagian target ini membutuhkan dana untuk realisasi. Dengan mengingat target-target tersebut, Anda dapat menahan keinginan menghambur-hamburkan uang. Sebaliknya, Anda justru akan bersemangat mempelajari bagaimana memanfaatkan uang dengan lebih baik dan mengembangkannya agar jumlahnya bertambah.

  4. Prioritaskan Kebahagiaan Jangka Panjang
    Memprioritaskan kebahagiaan jangka panjang merupakan cara mewujudkan literasi keuangan selanjutnya. Orang-orang yang mengutamakan kebahagiaan jangka pendek akan menghambur-hamburkan pendapatannya tanpa pikir panjang. Mereka tidak akan peduli jika uang mereka habis demi hal-hal tidak bermanfaat.

    Akan tetapi, orang-orang dengan prioritas kebahagiaan jangka panjang akan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Dibandingkan untuk menyenangkan diri di masa sekarang, seseorang dengan literasi keuangan tinggi akan mengutamakan kesejahteraan di masa mendatang.

  5. Siapkan Tabungan untuk Dana Darurat
    Selanjutnya, tips mampu melek finansial adalah menyiapkan dana darurat. Dengan adanya dana darurat, kita dapat mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kebutuhan pengeluaran tidak terduga. Jika tidak digunakan, dana darurat akan menjadi cadangan tabungan yang dapat dipakai memenuhi kebutuhan lain di masa depan.

  6. Belajar Investasi dengan Konsisten
    Mempelajari investasi adalah salah satu cara mewujudkan melek finansial dengan cepat. Faktanya, menyimpan uang saja tidak cukup, karena uang yang disimpan tanpa diinvestasikan akan tergerus inflasi. Dengan belajar investasi secara konsisten, Anda dapat mempelajari cara mengembangkan pendapatan melalui pendanaan ke sektor-sektor produktif.

  7. Terapkan Prinsip Hidup Ikigai
    Terakhir, tips mewujudkan melek finansial adalah menerapkan prinsip Ikigai, prinsip hidup orang Jepang agar hidup lebih bermakna. Filosofi ini mengajarkan Anda untuk hidup secara seimbang dari hal yang finansial, keinginan, kebutuhan, dan kemampuan yang dimiliki.

    Dengan menerapkan prinsip Ikigai, hidup Anda akan lebih tenang dan tentram, karena menjalani hidup berdasarkan kebijaksanaan, bukan hanya berfoya-foya memenuhi kesenangan.


Demikian pembahasan OCBC NISP tentang pengertian melek finansial dan tips ampuh untuk mewujudkannya! Yuk segera realisasikan visi literasi keuangan sekarang juga dengan bergabung ke gerakan #FinanciallyFit dari OCBC NISP! Join program Nyala OCBC NISP sekarang juga dan rasakan serunya belajar literasi keuangan bersama kita!

Baca juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Cash Management

Cash Management

Kelola bisnis jadi lebih mudah dan nyaman
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile