Pemasaran online adalah suatu cara pengembangan bisnis. Yuk simak strateginya!
Pemasaran online adalah teknik marketing yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet, misalnya melalui website, media sosial, iklan, blog, dan sebagainya. Manfaatnya pun banyak dirasakan oleh para pebisnis sebab di era sekarang ini pengguna medsos, situs web, maupun aplikasi berbasis internet selalu meningkat.
Pasar yang digunakan dalam pemasaran online disebut e-market, dapat berupa media sosial, marketplace, dan sebagainya. Meskipun terlihat mudah dioperasikan, namun dibutuhkan berbagai strategi khusus agar lebih efisien. Apa saja kah itu? Simak uraian di bawah ini!
Digital marketing memiliki banyak cara sesuai dengan produk, layanan, dan target konsumen. Adapun beberapa strategi pemasaran online adalah sebagai berikut.
Search Engine Optimization (SEO)
Strategi pemasaran online yang pertama adalah SEO atau Search Engine Optimization. Tujuan SEO sebagai sarana pemasaran online adalah agar website Anda muncul di halaman pertama Google. Namun ini dilakukan tanpa penggunaan iklan melalui Google Ads, sehingga kunci keberhasilannya terletak pada konten yang disajikan dalam website perusahaan.
Saat ini, SEO dibagi menjadi dua, yakni sebagai berikut:
Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click atau PPC adalah pemasaran produk menggunakan iklan berbayar, dimana nantinya Anda akan membayar jasa promosi sesuai jumlah klik yang dilakukan oleh konsumen. Keuntungan menggunakan Pay Per Click sebagai strategi pemasaran adalah sebagai berikut:
Content Marketing
Salah satu strategi terbanyak yang dilakukan pada media pemasaran online adalah melalui content marketing. Anda dapat membuat artikel, infografis, e-magazine, atau video untuk diunggah di website maupun media sosial.
Affiliate Marketing
Selanjutnya, strategi melakukan pemasaran online adalah bekerjasama dengan pengusaha lain untuk saling memasarkan produk dan membagi keuntungannya. Hal ini tak hanya berpeluang pada peningkatan penjualan, namun juga memperluas relasi bisnis Anda sehingga semakin dikenal banyak kalangan.
Setelah mengetahui strategi untuk memasarkan produk, kenali juga jenis-jenis pemasaran online yang dapat Anda pilih. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut.
Website
Salah satu media pemasaran online adalah website. Tak hanya mudah digunakan, website juga lebih efektif dibanding media sosial dan email karena memiliki kemungkinan untuk terus berkembang dalam jangka panjang. Jadi, Anda hanya perlu menulis artikel menarik, menambahkan informasi seputar produk, promo, kontak, dan memastikan konten di dalamnya SEO friendly.
Search Engine Marketing (SEM)
Contoh pemasaran online adalah menggunakan SEM, yakni mengiklankan website perusahaan agar menempati halaman pertama di pencarian Google. Tentu layanan ini berbayar karena Anda harus menggunakan iklan. Namun hasilnya terbilang cepat karena iklan produk akan selalu muncul di first page ketika konsumen mencari jenis produk tersebut.
Online Advertising
Online advertising adalah jenis pemasaran dengan memanfaatkan iklan untuk ditampilkan di website, YouTube, atau media sosial. Contohnya adalah dengan berlangganan Google Ads.
Email Marketing
Bagi Anda yang telah memiliki basis pelanggan cukup luas, pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan mereka melalui penawaran diskon, promo, produk terbaru, dan strategi lain melalui email marketing. Tindakan ini cukup efektif untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
Social Media Marketing
Tren penggunaan Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, dan Twitter yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan membuat pemasaran online adalah hal yang dapat dilakukan secara mudah melalui sosial media. Anda cukup membuat postingan dan copy menarik atau menggunakan jasa endorse untuk memasarkan produk.
Selain itu, cara meningkatkan efektivitas kinerja media sosial sebagai tempat pemasaran online adalah dengan melakukan survey produk atau layanan yang sedang digemari masyarakat melalui fitur polling. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan efektivitas produksi.
Meskipun terkesan mudah karena dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun melalui gadget, guna mendapat keuntungan pemasaran online yang maksimal, Anda perlu menggunakan beberapa cara berikut.
Tentukan Jenis dan Strategi Pemasaran Online
Langkah pertama dalam melakukan pemasaran online adalah dengan menentukan terlebih dahulu strategi dan jenis yang tepat menurut budget serta kebutuhan Anda. Hal ini akan mempermudah dalam mengatur pembuatan konten, modal, dan sebagainya.
Tentukan Target Konsumen
Selanjutnya, penting bagi Anda untuk melakukan segmentasi terhadap calon konsumen, misalnya berdasarkan tempat tinggal, sosial-budaya, waktu, dan harga sesuai kemampuan ekonomi. Selain itu, sasaran demografis yang perlu diperhatikan dalam pemasaran online adalah jenis kelamin, penghasilan, dan usia. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan produk maupun strategi marketing sesuai sasaran.
Buat Konten yang Menarik
Setelah mengetahui target yang akan disasar, langkah selanjutnya untuk melakukan pemasaran online adalah pembuatan konten yang menarik dan bersifat persuasif sesuai dengan target pasar.
Gunakan Tools untuk Digital Marketing
Setelah mengunggah konten sesuai strategi dan platform yang diinginkan, lakukan pemantauan juga evaluasi. Beberapa tools untuk memantau efektivitas pemasaran online adalah Google Analytics, Ahrefs, Yoast, dan sebagainya.
Pemasaran online adalah suatu gagasan yang tergolong baru dalam dunia bisnis. Sejauh ini, beberapa manfaat dari adanya teknik marketing tersebut meliputi beberapa hal berikut.
Nah itu tadi penjelasan OCBC mengenai pengertian pemasaran online beserta strategi, media, jenis, dan manfaatnya. Bagaimana, sudahkah Anda menemukan teknik mana yang akan Anda gunakan?