Nasabah Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

27 Sep 2022

Nasabah adalah sebutan bagi pengguna layanan perbankan suatu instansi keuangan. 

Anda tentu sudah tidak asing dengan apa itu nasabah. Nasabah adalah istilah yang digunakan untuk menyebut para pengguna layanan perbankan suatu lembaga keuangan.

 

Meskipun kini bank sudah banyak berdiri hampir di seluruh wilayah Indonesia, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang belum menggunakan produk keuangan melalui lembaga ini.

 

Pada artikel kali ini, OCBC NISP akan membahas apa itu nasabah. Bukan hanya itu saja, terdapat juga sejumlah informasi mengenai apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang nasabah bank. Yuk simak!

Apa Itu Nasabah?

Menurut Otoritas Jasa Keuangan atau lebih dikenal dengan OJK, pengertian nasabah adalah individu atau kelompok yang memanfaatkan atau menggunakan fasilitas perbankan, baik dalam bentuk produk maupun jasa.

 

Secara umum, istilah nasabah tidak selalu merujuk pada pelanggan bank saja. Sebab, perusahaan asuransi juga menggunakan istilah ini dalam menyebut orang yang memanfaatkan layanan atau jasanya.

 

Selain itu, para ahli juga menyebutkan bahwa pengertian nasabah adalah orang yang mempercayakan pengelolaan keuangannya pada bank, untuk kemudian digunakan dalam memenuhi kebutuhannya setiap hari.

 

Dasar hukum yang menjelaskan hubungan antara bank dan nasabah adalah UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Di mana di dalamnya dijelaskan mengenai bagaimana hak dan kewajiban dari lembaga keduanya.

 

Oleh sebab itu, Anda sebagai pelanggan tidak perlu khawatir lagi akan kredibilitas dan juga keamanan dari lembaga ini, karena semuanya sudah diatur dalam Undang-Undang.

 

Selain itu, apabila di kemudian hari instansi keuangan tersebut tidak menjalankan kewajiban sebagaimana mestinya, maka nasabah dapat mengirimkan pengaduan pada Bank Indonesia.

Jenis Nasabah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, nasabah adalah pihak yang memercayakan kepengurusan finansialnya pada bank, baik itu secara individu maupun berkelompok dalam suatu instansi.

 

Selain berdasarkan jumlahnya, nasabah juga dibedakan menurut fasilitas yang digunakannya. Penjelasan lebih lanjut mengenai pembagian jenis dari nasabah adalah sebagai berikut.

1. Nasabah Penyimpanan

Jenis pertama pada nasabah adalah mereka yang menempatkan dana atau asetnya pada simpanan biasa atau berjangka berdasarkan perjanjian yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak, yakni pelanggan dan juga instansi bersangkutan.

2. Nasabah Debitur

Pada jenis ini nasabah adalah para pelanggan instansi keuangan yang memperoleh fasilitas kredit atau pembiayaan setelah melalui proses, pengajuan, persetujuan, dan juga penandatanganan perjanjian dengan pihak dari lembaga bersangkutan.

Manfaat Nasabah Prioritas

Selain kedua jenis pada penjelasan diatas, nasabah juga memiliki pengkategorian lainnya, yaitu  berdasarkan keistimewaan layanan dan juga fasilitas perbankan yang akan didapatkannya. Mereka yang masuk ke dalam golongan ini selanjutnya disebut sebagai nasabah prioritas.

 

Nasabah prioritas adalah sebutan bagi pengguna yang mendapatkan layanan dan juga fasilitas istimewa dari bank.

 

Namun, Anda juga perlu mengetahui bahwa mereka dapat memperoleh berbagai keistimewaan tersebut karena sudah memercayakan pengelolaan aset atau hartanya dalam jumlah tinggi pada instansi bersangkutan.

 

Nah, lalu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi salah satu bagian dari nasabah prioritas? Penjelasan lengkap mengenai keuntungan menjadi bagian dari nasabah prioritas adalah sebagai berikut.

1. Layanan Khusus

Manfaat pertama dari nasabah prioritas adalah Anda tidak perlu lagi mengantri karena pihak bank sudah menyediakan teller khusus pelanggan golongan ini. Selain itu, pihak dari instansi juga dapat bekerja lebih cepat dan responsif dalam melayani permintaan Anda.

2. Promo Suku Bunga

Fasilitas yang paling menguntungkan bagi nasabah adalah mempunyai kesempatan untuk memperoleh suku bunga lebih rendah.

 

Rate suku bunga ini berlaku untuk berbagai macam skema pinjaman, mulai dari Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Perumahan Rakyat (KPR), dan lain sebagainya

3. Personal Banker Sebagai Financial Advisor

Manfaat selanjutnya bagi nasabah adalah akan dipermudah untuk melakukan konsultasi terkait masalah keuangannya, mulai dari perencanaan investasi, program asuransi (bancassurance), hingga dana pensiun.

 

Jadi, bisa dibilang dengan menjadi nasabah prioritas, Anda akan mendapatkan jasa perbankan berupa konsultan keuangan yang siap membantu dalam perencanaan keuangan.

4. Kemudahan Perjalanan

Selanjutnya, keistimewaan layanan bagi nasabah adalah mampu memberikan akses masuk ke executive airport lounge secara gratis. Bahkan, ada juga instansi yang memfasilitasi pelanggannya berupa jasa penanganan bagasi tanpa perlu membayar.

 

Tidak sampai di situ saja, nasabah pada golongan ini juga akan mendapatkan berbagai macam diskon khusus ketika berada di restoran, pusat perbelanjaan, dan juga hotel.

5. Peringatan Hari Ulang Tahun

Keuntungan selanjutnya yang bisa diperoleh nasabah adalah pengiriman hadiah-hadiah khusus sebagai peringatan hari ulang tahun Anda.

 

Berbeda dengan pelanggan reguler yang hanya mendapatkan ucapan saja, nasabah prioritas akan mendapatkan beberapa kado spesial, mulai dari promo dan diskon pada merchant-merchant tertentu, hingga kupon undian bernilai tinggi.

 

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu nasabah. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa nasabah adalah mereka yang memercayakan urusan keuangannya serta menggunakan produk atau layanan bank. Yuk ikuti terus insight menarik tentang finansial lainnya hanya di OCBC NISP. Sampai jumpa!

 

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

News Update, Investasi - 30 Apr 2024

Harga emas tinggi, masih aman untuk berinvestasi?

Baca

Edukasi - 30 Apr 2024

Cara Kredit HP Online Tanpa DP dan Kartu Kredit, Hanya Pakai KTP

See All

Produk Terkait

Private Banking

Private Banking

OCBC NISP Private Banking memastikan kerja keras Anda menjadi peninggalan terbaik untuk generasi penerus berikutnya

Download OCBC mobile