7 Manfaat Artificial Intelligence (AI) dalam Sektor Keuangan

19 Mei 2023

Ada banyak sekali manfaat AI dalam keuangan yang sangat membantu kita. Apa saja?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, manfaat AI dalam keuangan menjadi sangat penting dan memberikan banyak perubahan

Terutama pada beberapa tahun terakhir, AI atau Artificial Intelligence mendorong pertumbuhan ekonomi digital ke arah yang lebih maju lagi.

Tapi sebetulnya, apa saja manfaat AI dalam industri keuangan? Untuk mengetahuinya, simak uraian lengkap berikut ini sampai habis!

7 Manfaat AI dalam Keuangan

Sebenarnya, AI bukanlah merupakan fenomena yang baru. Sebab, kemunculannya sudah ada sejak tahun 1950-an.

Namun, perkembangannya kini membuat manusia mau tidak mau harus bisa beradaptasi dengan AI. Apalagi, kegunaan AI dalam berbagai bidang juga sangat membantu.

Padahal awalnya, kegunaan AI hanya untuk memudahkan pekerjaan menjadi lebih efisien. Namun kini, potensi AI bahkan bisa mempengaruhi peningkatan revenue perusahaan.

Nah, untuk sekarang ini, akan dibahas mengenai apa saja manfaat AI dalam keuangan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menganalisis Kebutuhan Nasabah

Agar pelanggan dapat tetap menggunakan produk-produk perusahaan, diperlukan pengembangan secara konsisten untuk bisa memenuhi kebutuhan dari konsumen.

Nah, hal ini juga berlaku untuk industri perbankan. Dengan bantuan AI, bank dapat mengumpulkan dan menganalisis data-data tentang preferensi, kebutuhan, serta keperluan nasabah.

Hasil analisis tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pengembangan produk-produk yang dapat memanjakan para nasabah sehingga terbangunlah customer loyalty.

2. Meningkatkan Keamanan

Manfaat AI dalam keuangan yang lain adalah dapat meningkatkan keamanan, seperti mencegah penipuan dan melindungi pembayaran.

Di zaman serba digital ini, transaksi online semakin masif digunakan. Sayangnya, kejahatan cyber juga banyak terjadi, mulai penipuan kartu kredit, phishing, hingga typosite.

Maka dari itu, peran AI dalam meningkatkan keamanan bagi bank maupun nasabah sangat diperlukan.

AI bisa memantau transaksi, mengawasi tingkah laku dan kebiasaan nasabah, serta mendeteksi adanya anomali pada perilaku yang dianalisis.

Selain itu, banyak aplikasi perbankan digital yang kini sudah memanfaatkan sistem AI untuk mengadakan fitur fingerprint/face verification jika ingin melakukan login atau pembayaran.

Jadi, apabila ada orang lain yang ingin melakukan transaksi menggunakan akun dompet digital seseorang, AI akan langsung mendeteksi adanya kesalahan input data.

Baca juga: Jenis-Jenis Penipuan Bank, Jangan Percaya 4 Modus Ini!

3. Mengurangi Risiko Kesalahan Manusia

Salah satu manfaat AI dalam keuangan adalah mampu mengidentifikasi dan menganalisis banyak data yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi secara akurat.

Analisis data tersebut mencakup verifikasi identitas nasabah, pengelolaan transaksi, hingga penilaian risiko kredit.

Dengan demikian, risiko adanya kesalahan yang dilakukan manusia dalam menganalisis data secara masif pun dapat diantisipasi.

4. Menurunkan Biaya Operasional

Manfaat AI dalam keuangan selanjutnya adalah menurunkan biaya operasional karena kemampuannya untuk melakukan tugas-tugas yang sebelumnya memerlukan keterlibatan manusia.

Adapun beberapa tugas perbankan yang bisa digantikan AI antara lain pekerjaan administratif dan pengambilan keputusan dari hasil analisis data.

Alhasil, biaya yang awalnya dialokasikan untuk membayar tenaga kerja manusia pun dapat diminimalisasi karena adanya AI.

5. Membantu Pengambilan Keputusan

Seperti pemaparan sebelumnya, manfaat AI dalam keuangan adalah melakukan analisis data yang lebih akurat dan efisien. Alhasil, prediksi yang dihasilkan oleh AI pun lebih akurat.

Nah, hasil analisis dan prediksi tersebut dapat menjadi dasar dalam proses pengambilan keputusan yang ada pada perbankan, baik untuk asuransi, kredit, maupun pinjaman.

Jadi misalnya, calon nasabah X ingin mengajukan kredit kepada bank A. Untuk mengajukannya, diperlukan data mengenai riwayat kredit, profil pekerjaan, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, AI dapat melakukan analisis dari data tersebut secara akurat apakah calon nasabah X layak atau tidak untuk mendapatkan kredit.

Baca juga: 10 Aplikasi Keuangan Terbaik 2022 Agar Pengeluaran Terkendali

6. Meningkatkan Efisiensi Proses Transaksi

Dalam dunia perbankan, manfaat AI dalam keuangan adalah membantu proses transaksi, mulai dari pembukaan rekening, pengolahan pembayaran, pemeriksaan saldo, pengiriman uang, hingga penyelesaian transaksi.

Semua proses transaksi keuangan tersebut dapat dilakukan secara lebih cepat, praktis, dan tentunya efisien berkat AI.

Selain bank, efisiensi dalam proses transaksi juga tentunya sangat membantu nasabah karena hal tersebut dapat dilakukan tanpa harus memakan banyak waktu.

7. Mempermudah Layanan dengan Otomatisasi

Manfaat AI dalam keuangan yang terakhir adalah kemampuannya untuk melakukan otomatisasi layanan perbankan.

Beberapa contoh layanan perbankan yang terbantu dengan otomatisasi AI, antara lain yaitu:

  • Membuat chatbot atau virtual assistant sebagai customer service yang membantu nasabah dalam melakukan proses perbankan kapan saja dan di mana saja
  • Melakukan analisis informasi klaim asuransi serta membuat keputusan dengan lebih cepat dan akurat
  • Melakukan pengolahan dokumen dari nasabah, seperti verifikasi identitas

 

Jadi, dengan adanya bantuan oleh AI, banyak sekali layanan perbankan yang dilakukan secara otomatis sehingga proses pun menjadi lebih mudah dan efisien.

Nah, itu dia uraian lengkap mengenai 7 manfaat AI dalam keuangan yang membantu berbagai proses perbankan

Dengan kehadiran AI, layanan dan transaksi perbankan dapat dilakukan menjadi lebih praktis dan efisien.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat AI dalam keuangan dapat diterapkan pada aplikasi bank digital.

Salah satu contoh aplikasi bank digital adalah ONe Mobile dari OCBC NISP.

Di ONe Mobile, sistem verifikasi login telah dilengkapi dengan fingerprint atau face verification, sehingga keamanan pun terjamin.

Selain itu, proses transaksi perbankan yang ada dalam ONe Mobile pun dilakukan secara otomatis, sehingga nasabah dapat melakukannya tanpa memerlukan banyak waktu.

Jadi, yuk bertransaksi secara digital dengan ONe Mobile sekarang juga dan jadi #FinanciallyFit bersama OCBC NISP!

Baca juga: 15 Peluang Bisnis Digital Menjanjikan yang Wajib Dicoba

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 22 Mei 2024

Lukisan hingga Berlian, Ini 7 Barang Lelang Termahal di Dunia

Baca

Edukasi - 22 Mei 2024

Mau Beli Barang Antik? Ini 5 Situs Lelang Internasional Terpercaya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile