Strategi Korporasi: Definisi, Jenis, Komponen, dan Contohnya

22 Agt 2023

Strategi korporasi adalah rencana untuk mencapai tujuan perusahaan.

Strategi korporasi adalah rencana jangka panjang yang dirancang oleh perusahaan untuk mencapai tujuan utama dan menciptakan nilai bagi stockholder serta pemegang lainnya. 

Strategi ini melibatkan pengambilan keputusan yang bersifat menyeluruh mengenai alokasi sumber daya, diversifikasi bisnis, sinergi antara unit, dan cara perusahaan beroperasi. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu strategi korporasi, jenis, komponen, contoh, dan cara menjalankannya dengan efektif. So, simak ulasannya sampai akhir, ya!

Pengertian Strategi Korporasi

Strategi korporasi adalah rencana komprehensif yang digunakan oleh perusahaan untuk mengarahkan semua operasi bisnisnya, menuju pencapaian tujuan jangka panjang. 

Strategi ini melibatkan pengambilan keputusan tentang arah pertumbuhan perusahaan, alokasi sumber daya, diversifikasi, dan strategi pemasaran yang akan diambil. 

Dalam istilah lebih sederhana, strategi korporasi adalah panduan yang mengarahkan perusahaan dari mana mereka berada saat ini ke arah tujuan.

Oleh karena itu, strategi korporasi memainkan peran yang sangat penting dalam mengarahkan perusahaan menuju pertumbuhan berkelanjutan.

Jenis-Jenis dan Contoh Strategi Korporasi

Adapun beberapa jenis-jenis strategi korporasi beserta contohnya, di antaranya yaitu:

1. Strategi Pertumbuhan

Salah satu jenis strategi korporasi adalah growth strategy (strategi pertumbuhan).

Strategi pertumbuhan adalah pendekatan yang bertujuan untuk memperluas ukuran perusahaan, pangsa pasar, atau cakupan produk. 

Ada beberapa bentuk strategi pertumbuhan yang dapat diambil, di antaranya yaitu:

Konsentrasi

Perusahaan berfokus pada bisnis utama yang sudah ada dengan menambah produk atau memperluas cakupan pasar. 

Contohnya adalah perusahaan teknologi Bose Corporation yang fokus pada pengembangan produk audio inovatif.

Saat ini, perusahaan tersebut menjadi pemimpin produksi perangkat audio dengan pendapatan lebih dari 3 miliar dolar per tahun.

Integrasi Vertikal Mundur

Perusahaan mengendalikan rantai pasokan dengan menjadi pemasok atau distributornya sendiri. 

Integrasi vertikal mundur terjadi saat perusahaan mengambil alih peran pemasok yang sebelumnya diisi oleh pihak ketiga. 

Sebagai contoh, Indomaret memproduksi produk tisu sendiri untuk dijual di minimarketnya.

Di sisi lain, integrasi vertikal maju terjadi ketika perusahaan mengambil alih peran distributor. Sebagai contoh, Apple yang membangun toko resminya.

Baca juga: Profil Perusahaan: Komponen, Fungsi, Contoh & Tips Membuat

Integrasi Horizontal

Perusahaan tumbuh melalui penggabungan atau akuisisi dengan kompetitornya dalam industri yang sama. 

Contohnya adalah merger antara "Indosat Ooredoo" dan "Tri Indonesia."

Diversifikasi

Strategi pertumbuhan diversifikasi adalah aktivitas perusahaan dalam memperluas bisnisnya ke industri berbeda, baik yang berkaitan maupun tidak. 

Diversifikasi berkaitan terjadi saat perusahaan mengakuisisi atau bergabung dengan perusahaan dalam industri yang berkaitan. Contohnya adalah akuisisi oleh Google terhadap YouTube dan DoubleClick. 

Sementara itu, diversifikasi tidak berkaitan terjadi saat perusahaan memperluas ke industri yang tidak berkaitan sama sekali.

Sebagai contoh, Coca-Cola yang mengakuisisi Columbia Pictures (industri film).

2. Strategi Kestabilan

Jenis berikutnya dari strategi korporasi adalah stability strategy (strategi kestabilan).

Strategi kestabilan adalah aktivitas mempertahankan operasi bisnis yang ada tanpa melakukan perubahan signifikan. 

Strategi ini biasanya diterapkan ketika perusahaan berada di lingkungan yang stabil dan tidak memerlukan pertumbuhan besar. 

3. Strategi Pembaruan

Jenis terakhir dari strategi korporasi adalah renewal strategy (strategi pembaruan).

Strategi pembaruan digunakan ketika perusahaan mengalami masalah atau penurunan kinerja yang serius dan memerlukan perubahan drastis. 

Ada dua jenis utama strategi pembaruan, di antaranya yaitu:

Retrenchment Strategy 

Strategi ini melibatkan tindakan jangka pendek untuk mengatasi masalah yang lebih kecil. 

Perusahaan dapat melakukan pemangkasan biaya dan revitalisasi operasional untuk mengembalikan kinerja yang lebih baik.

Turnaround Strategy

Strategi ini diterapkan saat perusahaan menghadapi masalah serius, dan melibatkan pemangkasan biaya serta restrukturisasi yang lebih dalam atau drastis. 

Contohnya adalah CIT Group yang menjual unit bisnis keuangan pesawat untuk fokus pada peminjaman komersial.

Komponen Strategi Korporasi

Agar strategi korporasi dapat berhasil, beberapa komponen kunci perlu didefinisikan dengan jelas.

Adapun beberapa komponen dari strategi korporasi adalah sebagai berikut:

1. Visi

Visi perusahaan adalah gambaran tentang tujuan jangka panjang dan arah di mana mereka ingin tumbuh. 

Visi membantu memberikan panduan bagi seluruh organisasi tentang tujuan dan aspirasi perusahaan.

2. Tujuan

Tujuan adalah target spesifik dan terukur yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka waktu tertentu. 

Ini bisa mencakup peningkatan pendapatan, pangsa pasar, keuntungan, atau metrik lain yang relevan.

Baca juga: Apa itu Perusahaan Startup? Ini Ciri, Sejarah, dan Contohnya

3. Alokasi Sumber Daya

Strategi korporasi melibatkan bagaimana sumber daya perusahaan, seperti modal, tenaga kerja, dan teknologi, dialokasikan untuk mendukung tujuan perusahaan.

4. Prioritas

Prioritas adalah menentukan tindakan yang harus diambil lebih dulu untuk mencapai tujuan strategis. 

Cara Menjalankan Strategi Korporasi

Adapun beberapa cara efektif untuk menjalankan strategi korporasi adalah sebagai berikut:

  • Mempersiapkan karyawan melalui proses pembelajaran yang berfokus pada nilai-nilai perusahaan, guna mendorong kolaborasi dalam mencapai tujuan.

  • Merancang dan menyempurnakan proses bisnis dengan mempertimbangkan aspek operasional, serta memastikan kesesuaian nilai, visi, juga misi perusahaan.

  • Mengutamakan pelayanan pelanggan dan memperhatikan kepuasan konsumen, sehingga terbangun kepercayaan serta dukungan terhadap perusahaan.

Itu tadi penjelasan seputar pengertian, jenis, komponen, contoh, dan cara menjalankan strategi korporasi.

Pada kesimpulannya, strategi korporasi adalah panduan utama perusahaan dalam mencapai tujuan jangka panjangnya. 

Dengan memilih strategi sesuai lingkungan bisnis dan sumber daya yang ada, perusahaan dapat mengoptimalkan peluang pertumbuhan, serta menciptakan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan.

Dalam mewujudkan strategi korporasi yang kuat, OCBC NISP hadir dengan solusi unggulan berupa dukungan Relationship Manager (RM).

Relationship Manager dari OCBC NISP siap membantu menemukan solusi perbankan bisnis mancanegara yang sesuai dengan kebutuhan Sobat OCBC NISP. 

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas, kami bersama-sama membangun kesuksesan bisnis skala internasional.

Ayo, optimalisasi peluang bisnis global dengan dukungan ahli dari Bank OCBC NISP!

Baca juga: Mengenal Perusahaan Go Public, Keuntungan, & Syaratnya

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 28 Mei 2024

3 Cara Cek Sisa Token Listrik di Rumah Sebelum Berbunyi

Baca

Edukasi - 28 Mei 2024

Mengenal Koin Tiktok, Fungsi dan Cara Top Up dengan Mudah

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC

Download OCBC mobile