15 faktor pendorong perdagangan internasional dari SDA hingga investasi asing.
Demi memacu pertumbuhan ekonomi di negara, sangat penting bagi pemerintah dan perusahaan untuk memahami apa saja faktor pendorong perdagangan internasional.
Perdagangan internasional adalah kegiatan jual-beli antar negara yang melibatkan sumber daya berbeda sesuai dengan kesepakatan bersama.
Dalam perdagangan internasional, negara dapat memperoleh berbagai macam manfaat, seperti menghemat biaya produksi dan peningkatan pendapatan nasional.
Namun, untuk meraih manfaat tersebut, beberapa faktor penting harus diperhatikan agar perdagangan internasional berhasil dilakukan di suatu negara.
Yuk, simak apa saja faktor pendorong perdagangan internasional di bawah ini beserta informasi penting lainnya!
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perdagangan internasional adalah kegiatan jual-beli antar negara sesuai dengan kesepakatan bersama.
Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa macam perdagangan internasional yang bisa dilakukan oleh negara, yaitu:
Setelah memilih jenis kegiatan jual-beli yang akan dilakukan, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mempelajari faktor pendorong perdagangan internasional. Beberapa faktor pendorong perdagangan internasional adalah:
Pertama, salah satu faktor pendorong perdagangan internasional adalah sumber daya alam. Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda tergantung dari letak geografis.
Oleh sebab itu, suatu negara akan melakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan barang dan mengekspor apabila kelebihan jumlah produksi.
Permintaan konsumen juga termasuk salah satu faktor pendorong perdagangan internasional.
Ketika konsumen di suatu negara menginginkan barang atau jasa yang tidak tersedia di daerahnya, maka mereka akan mencari pasokan dari negara-negara lain.
Perdagangan internasional akan berjalan dengan lancar dan efisien apabila didukung oleh kualitas infrastruktur yang baik.
Selain itu, transportasi yang efektif juga bisa mempersingkat waktu pengiriman sekaligus mengurangi biaya logistik sehingga mendorong keberhasilan perdagangan internasional.
Selanjutnya, salah satu faktor pendorong perdagangan internasional adalah kualitas sumber daya manusia di suatu negara.
Dikarenakan perdagangan internasional sangat kompetitif, maka dari itu kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan agar bisa bersaing dengan negara lainnya.
Baca juga: Apa itu Kredit Pajak Luar Negeri? Simak Cara Menghitungnya!
Apabila pendapatan nasional tinggi, maka negara dapat memaksimalkan kegiatan ekspor dan impor sehingga menyukseskan perdagangan internasional yang dilakukan.
Oleh karena itu, pendapatan negara termasuk salah satu faktor pendorong perdagangan internasional yang sangat penting.
Beberapa kondisi ekonomi, seperti fluktuasi, nilai tukar mata uang, dan suku bunga secara global dapat memengaruhi kesuksesan perdagangan internasional.
Jadi, ketika kondisi ekonomi global sedang dalam keadaan stabil, otomatis dapat meningkatkan permintaan barang dan jasa antar negara.
Adapun salah satu faktor pendorong perdagangan internasional adalah perjanjian yang dibuat antar negara untuk mengurangi hambatan saat jual-beli, seperti tarif dan kuota.
Contoh perjanjian perdagangan bebas adalah NAFTA (North American Free Trade Agreement) dan TPP (Trans-Pacific Partnership).
Perbedaan iklim termasuk faktor pendorong perdagangan internasional. Hal ini dikarenakan setiap negara memiliki iklim berbeda yang bisa memengaruhi kegiatan produksi.
Misalnya, iklim Indonesia membuat kualitas kedelai kurang bagus. Oleh karena itu, pemerintah melakukan impor kedelai agar pengusaha Indonesia bisa memproduksi tempe.
Kebijakan pemerintah yang baik dapat mendorong kesuksesan perdagangan internasional.
Kebijakan tersebut terdiri dari peraturan perdagangan luar negeri, tarif bea masuk, kuota impor, subsidi, dan lain-lain.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di suatu negara juga termasuk salah satu faktor pendorong perdagangan internasional.
Semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki, maka akan mempermudah dan mempercepat kegiatan produksi untuk perdagangan internasional.
Faktor-faktor seperti bahasa, kepercayaan, dan norma dapat memengaruhi preferensi konsumen saat kegiatan jual-beli.
Oleh karena itu, negara harus bisa menyesuaikan produk dengan aspek budaya supaya bisa menarik konsumen lokal dan memperluas jangkauan pasar di luar negeri.
Baca juga: Transaksi Perdagangan Luar Negeri Dibayar dengan Apa Saja?
Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional adalah kerja sama politik antar negara.
Dengan menjalin hubungan politik yang positif antar negara, maka dapat membangun kepercayaan dalam pasar global sekaligus memperlancar perdagangan internasional.
Biaya produksi termasuk faktor pendorong perdagangan internasional. Biaya produksi sendiri dipengaruhi oleh sumber daya, teknologi, tenaga kerja, dan kebijakan ekonomi.
Apabila salah satu faktor tersebut memiliki kualitas rendah, maka biaya produksi akan terkendala sehingga negara lebih memilih kegiatan ekspor untuk menghindari kerugian.
Untuk mendorong kesuksesan perdagangan internasional, maka negara harus bisa menjangkau target pasar yang lebih luas.
Jadi, sumber pendapatan negara akan bertambah pesat sehingga mampu memproduksi barang dan jasa dengan kualitas yang lebih tinggi.
Terakhir, faktor pendorong perdagangan internasional adalah investasi langsung asing atau FDI (Foreign Direct Investment).
Ketika perusahaan asing menanam modal di negara lain, maka sumber pendapatan nasional akan bertambah sehingga mampu meningkatkan produksi dan kegiatan ekspor.
Selain memahami apa saja faktor pendorong perdagangan internasional, Sobat OCBC NISP juga harus tahu beberapa hal yang dapat menghambat kegiatan jual-beli antar negara.
Berikut adalah faktor penghambat perdagangan internasional, yaitu:
Apabila suatu negara berhasil memaksimalkan faktor pendorong perdagangan internasional, maka akan ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Keuntungan tersebut terdiri dari:
Sekian penjelasan terkait 15 faktor pendorong perdagangan internasional beserta informasi penting lainnya.
Dengan memahami apa saja faktor pendorong perdagangan internasional, maka suatu negara dapat memikirkan strategi yang efektif untuk memaksimalkan kegiatan jual-beli.
Selain itu, Sobat OCBC NISP juga bisa memanfaatkan layanan Jaringan Bisnis Regional. Jaringan Bisnis Regional adalah layanan korporasi dari OCBC NISP untuk ekspansi bisnis hingga jangkauan regional.
Beberapa keuntungan yang ditawarkan layanan ini yaitu kemudahan membuka rekening regional dan dukungan Relationship Manager untuk solusi perbankan bisnis mancanegara.
Selain itu, dengan layanan Jaringan Bisnis Regional, Sobat OCBC NISP bisa menjalin kerja sama yang mudah bersama partner bisnis di China.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kembangkan usaha sekarang juga dengan Jaringan Bisnis Regional OCBC NISP!
Baca juga: Mengenal Kebijakan Perdagangan Internasional di Bidang Impor