Feng Shui Meja dan Kursi Kantor Biar Karir Makin Melesat

23 Feb 2024

Selama ini, konsep feng shui atau ilmu topografi kuno Cina hanya kerap diterapkan dalam menentukan ruang saja. Tapi ternyata, konsep ini bisa juga diterapkan dalam penataan meja dan kursi kantor.

Menerapkan konsep feng shui dipercaya dapat mengubah energi dalam di tempat kerja menjadi lebih positif dengan memancarkan energi “Qi”. Dengan begitu, ide-ide dan kreativitas kamu dapat keluar dengan lancar. Karier pun semakin melesat.

Apa Itu Energi “Qi”

Qi” atau lebih sering dieja sebagai “chi” atau “ch'i” (dalam Romanisasi gaya Wade-Giles) atau “ki” (dalam ejaan Romaji bahasa Jepang) adalah sebuah konsep dasar budaya Tionghoa. “Qi” dipercayai adalah bagian dari semua makhluk hidup sebagai semacam "kekuatan hidup" atau "kekuatan spiritual".

Kata ini sering kali diterjemahkan sebagai "aliran energi" atau secara harfiah sebagai "udara" atau "napas". Menurut tradisi, karakter ini ditafsirkan sebagai "asap kukus yang naik dari nasi yang masak."

Baca Juga: 12 Tips Menjadi Wanita Karir Sukses yang Harus Diketahui

Seperti darah, energi “Qi” dipercaya juga mengalir di dalam tubuh. Darah membawa oksigen dan zat gizi, sementara energi “Qi” membawa pikiran, ide, emosi, dan impian dalam hidup.

Karena itu, apa yang kamu pikirkan akan berpengaruh langsung pada sel-sel dalam tubuh. Dan hal itu bisa berdampak pada kesehatan fisik.

Energi “Qi” bekerja dua arah. Pikiran kamu bisa berpengaruh pada energi “Qi”. Dan sebaliknya, energi “Qi” kamu akan mempengaruhi cara kamu berpikir. Karena itu, lingkungan kamu akan sangat mempengaruhi energi “Qi”, dan itu akan berpengaruh terhadap cara berpikir dan perasaan.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi energi “Qi” antara lain makanan, cuaca, dan lingkungan. Dalam feng shui, pengaruh utama energi “Qi” adalah lingkungan.

Lingkungan ini mencakup tempat tinggal, lokasi kerja, dan tata lingkungan di sekeliling kamu. Karena itu, kamu perlu memperhatikan tata letak meja dan kursi kantor agar energi “Qi” mengalir dengan lancar.

Feng Shui Meja dan Kursi Kerja agar Karir Melesat

Energi “Qi” dapat digunakan sebagai sumber kekuatan untuk memenuhi tantangan pekerjaan kamu sehari-hari. Untuk itu, aturlah meja dan kursi kerja yang memancarkan “Qi” dan mengurangi “Sha Qi”.

“Sha Qi” adalah energi negatif dalam feng shui yang dapat menyebabkan masalah dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk karir, keuangan, hubungan, dan kesehatan.

Baca Juga: Gaya Hidup Minimalis, 5 Tips Kurangi Barang agar Lebih Hemat

Prinsip dari feng shui adalah menyelaraskan kamu dan lingkungan di sekitar yaitu dengan meningkatkan hal-hal yang baik dan mengurangi hal buruk, baik dari lingkungan maupun diri sendiri. Konsep ini berdasarkan energi positif yang disebut “Qi”.

Elemen “Qi” bisa membuat yang menerapkannya menjadi lebih makmur, sehat dan memiliki hubungan positif terutama di tempat kerja. Penempatan meja kerja kamu bisa menentukan pancaran energi “Qi” dan bisa berpengaruh pada prestasi kerja.

Berikut tips menata meja dan kursi kerja agar memancarkan energi “Qi”:

  1. Meja Kerja Bisa Melihat ke Segala Arah

    Pertama pastikan meja kamu berada di tempat yang tepat. Idealnya posisi meja di tempat yang bisa melihat ke segala arah dan berlawanan dengan sudut dan pintu masuk.

    Jika kamu tidak mungkin mengubah posisi meja kerja letakkanlah cermin kecil di meja. Tempatkan di sebelah komputer atau laptop sehingga kamu bisa melihat sekeliling.

    Dengan menerapkan hal tersebut kamu bisa mendapatkan pancaran “Qi” dari teman-teman kamu yang ada di kantor.

  2. Posisi Duduk

    Sama seperti meja, posisikan tempat duduk sehingga dapat melihat ke pintu masuk. Dengan posisi ini, kamu bisa melihat dengan jelas siapa duduk di belakang meja kamu.

    Jika kamu duduk membelakangi pintu, kamu mungkin mengundang orang lain untuk memanfaatkan kamu. Posisi ini juga akan mengeliminasi peluang dan berkah yang masuk untuk karier kamu.

    Salah satu posisi tempat duduk terbaik adalah duduk dengan punggung menghadap ke dinding atau sudut yang kokoh tanpa jendela di belakang punggung kamu. Namun jika posisi itu tidak bisa diubah, disarankan untuk memasang cermin yang diletakkan di meja sehingga kamu dapat melihat di belakang kamu.

  3. Buang Tumpukan Kertas di Atas Meja

    Kebanyakan meja kerja memiliki ukuran yang sangat terbatas, sehingga kertas dan peralatan tulis terlihat menumpuk. Tumpukan kertas yang berantakan serta alat tulis yang berceceran bisa mengurangi “Qi” dan meningkatkan “Sha Qi”.

    Tatalah meja kerja agar terlihat rapi dan buang kertas yang tidak diperlukan. Meja kerja yang berantakan hanya akan membuat kamu kesulitan saat sedang mencari sesuatu dan mengurangi efisiensi kerja.

  4. Seimbangkan Warna dan Dekorasi Meja Kerja

    Pilihlah warna-warna lembut dan tata sesuai dengan selera pribadi bukan mengikuti tren. Warna-warna yang bisa kamu gunakan dan berkesan menenangkan antara lain biru laut, hijau daun atau ungu muda.

    Warna tersebut bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan mental kamu dalam bekerja. Agar kamu mendapatkan energi alami positif, tempatkanlah pot kecil berisi tanaman seperti kaktus dan foto orang tersayang kamu dengan bingkai dekoratif.

    Ini dipercaya akan meningkatkan daya kreativitas kamu. Untuk meningkatkan kemakmuran, hiasi meja dengan hiasan air terjun mini karena dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi dan karir kamu.

  5. Atur Barang di Meja

Kamu disarankan tidak menaruh lebih dari sembilan barang di meja kerja secara permanen. Hindari barang-barang yang bisa memancarkan energi “Sha Qi” seperti tanaman palsu dan hiasan berbentuk runcing.

Segera bereskan barang-barang saat kamu telah menyelesaikan pekerjaan. Jika pekerjaanmu belum selesai dan akan kamu selesaikan esok hari, jangan tinggalkan meja dalam kondisi berantakan.

Hal itu akan menciptakan energi stagnan di keesokan harinya. Simpan barang-barang di lemari atau rak samping meja yang masih berada dalam jangkauan kamu.

Itu tadi beberapa tips menata meja dan kursi kantor sesuai konsep feng shui agar kamu mendapatkan pasokan energi positif yang cukup. Energi positif dapat membantu kamu untuk mencapai karir yang kamu impikan.

Karir cemerlang kamu tentu akan dibarengi dengan pemasukan yang semakin baik. Dan mulailah investasi obligasi di OCBC mobile.

Ada banyak pilihan obligasi seperti FUTURE Contract (Kontrak Berjangka), Obligasi Pemerintah, Obligasi Korporasi, hingga Bond Repo. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Obligasi Pemerintah yang merupakan investasi dalam bentuk surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia.

Investasi ini sangat diminati karena dijamin aman oleh pemerintah. Saat jatuh tempo, dana yang telah disetorkan akan dikembalikan 100 persen, pembayaran kupon secara rutin, dan produk yang likuid karena bisa diperjualbelikan.

Untuk memulai investasi ini, kamu cuma perlu membuka OCBC mobile. Mudah kan?

Baca Juga:  10 Cara Menabung untuk Beli Rumah agar Cepat Terwujud


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 16 Apr 2024

Daftar Mobil Limousine di Indonesia dan Harganya

Baca

Edukasi - 12 Apr 2024

3 Rekomendasi Airport Lounge di Bali, Harga dan Fasilitasnya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile