Pesan otomatis WhatsApp Bisnis menjadi fitur yang sangat berguna bagi para pelaku bisnis. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan balasan otomatis kepada pelanggan yang menghubungi bisnis kamu di luar jam kerja.
Meski kamu telah menuliskan jam operasional bisnis kamu, namun seringkali pelanggan atau konsumen menanyakan sesuatu di luar jam operasional tersebut. Inilah pentingnya Whatsapp Bisnis.
Meski bisnis kamu sedang tidak online, namun kamu tetap bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Dengan WhatsApp bisnis, kamu tetap bisa fast response kepada pelanggan.
Hal ini memberikan kesan bahwa bisnis kamu responsif dan peduli terhadap pelanggan. Menggunakan WhatsApp Bisnis juga bisa menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sering diajukan.
Selain itu, dengan menggunakan layanan ini, semua pelanggan akan menerima informasi yang sama. Dengan menggunakan balasan informasi yang terstruktur, pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Karena itu, membuat pesan otomatis dalam WhatsApp bisnis tidak boleh sembarangan. Pastikan kalimat-kalimat yang kamu gunakan terstruktur, jelas, dan mudah dipahami oleh pelanggan.
Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Fashion Modal Kecil
Bagaimana cara membuatnya? Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk bisa membuat pesan otomatis yang efektif dan efisien:
Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari kalimat yang bertele-tele.
Sebisa mungkin personalisasi pesan dengan menggunakan nama pelanggan.
Berikan solusi atau tindakan lanjutan yang dapat dilakukan pelanggan.
Manfaatkan fitur tombol pada WhatsApp Bisnis untuk memudahkan pelanggan memilih opsi yang diinginkan.
Sebelum mengaktifkan pesan otomatis, sebaiknya uji coba terlebih dahulu untuk memastikan pesan berjalan dengan baik.
Jika kamu masih bingung, silakan cek beberapa contoh pesan otomatis WhatsApp Bisnis berikut ini. Kamu bisa menyesuaikan lagi sesuai kebutuhan bisnis kamu.
Kamu perlu memberikan sambutan hangat kepada pelanggan yang bertanya melalui WhatsApp Bisnis. Selain itu, kalimat sambutan tersebut harus bisa mengarahkan pelanggan ke sumber informasi yang relevan.
Contoh kata sambutan yang bisa kamu gunakan adalah:
"Terima kasih telah menghubungi [Nama Bisnis]. Kami akan segera merespon pertanyaan Anda. Untuk pertanyaan umum, silakan kunjungi FAQ di [link website]."
Ketika ada pelanggan yang mengirim pesan di luar jam kerja, kamu perlu memberitahu mereka bahwa bisnis kamu sedang offline. Pesan tersebut juga memastikan bahwa pesan tersebut akan dibalas saat jam kerja.
Contoh pesan di luar jam kerja yang bisa kamu gunakan adalah:
"Maaf, saat ini kami sedang tidak beroperasi. Kami akan membalas pesan Anda sesegera mungkin pada [jam buka]. Terima kasih atas pengertiannya."
Jika ada pelanggan yang memesan barang, kamu bisa mengirimkan pesan konfirmasi pesanan kepada pelanggan. Pesan ini memberi informasi kepada pelanggan bahwa pesanan telah diterima dan sedang diproses.
Baca juga: Tips Mulai Bisnis Coffee Shop Modal Rp50 Juta Plus Rincian Anggarannya!
Contoh pesan untuk mengkonfirmasi pesanan yang bisa kamu gunakan adalah:
"Terima kasih atas pesanan Anda! Pesanan Anda sedang kami proses. Anda akan menerima notifikasi pengiriman segera setelah pesanan dikirim."
Kamu juga perlu membuat pesan untuk mengingatkan pembayaran kepada pelanggan. Pesan ini bertujuan untuk mengingatkan pembayaran yang perlu dilakukan oleh pelanggan sebelum barang pesanan bisa dikirimkan.
Contoh pesan pengingat pembayaran adalah sebagai berikut:
"Halo [Nama Pelanggan], ini pengingat pembayaran untuk pesanan Anda. Silakan melakukan pembayaran sebelum [tanggal] agar pesanan dapat segera diproses. Terima kasih."
Pesan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan juga perlu kamu buat. Hal ini agar para pelanggan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan umum dan tidak perlu menunggu bisnis kamu online.
Contoh pesan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan adalah:
"Untuk pertanyaan mengenai [topik], silakan ketik [keyword]. Contoh: status pesanan."
Kamu juga perlu membuat pesan promosi untuk menawarkan produk kapada pelanggan baru atau pelanggan setia. Contoh pesan promosi yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:
"Selamat! Anda beruntung mendapatkan diskon 10% untuk pembelian pertama. Gunakan kode promo [kode] saat checkout."
Pesan terakhir yang perlu kamu buat adalah survei terhadap kepuasan pelanggan terhadap bisnis dan pelayanan yang kamu berikan. Hal ini dilakukan untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga produk yang kamu miliki.
Baca juga: Ide Bisnis Modal Rp20 Juta: Buka Barbershop
"Bagaimana pengalaman Anda berbelanja di [Nama Bisnis]? Silakan isi survei kepuasan pelanggan kami melalui link berikut: [link survei]."
Kamu juga bisa menambahkan tombol-tombol bersama pesan otomatis yang kamu buat. Beberapa contoh penggunaan tombol adalah:
"Untuk bantuan lebih lanjut, silakan pilih salah satu opsi di bawah ini:
Demikian ulasan tentang pesan otomatis WhatsApp Bisnis yang bisa menjadi alat untuk meningkatkan efisiensi komunikasi kamu dengan pelanggan. Selain pelayanan, kamu juga perlu menyiapkan tentang pengelolaan keuangan bisnis kamu dengan baik.
Salah satunya adalah dengan tidak mencampuradukkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Nyala Bisnis dari OCBC.
Nyala Bisnis adalah layanan saldo gabungan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis secara terpadu. Ada tiga keunggulan, yaitu dua rekening terpisah dalam satu layanan, bebas biaya transaksi, dan solusi digital.
Dalam pengelolaan dana, Nyala Bisnis menawarkan rekening bisnis yaitu Giro Business Smart dan pribadi melalui Tanda 360. Kamu juga bisa memanfaatkan transaksi valas dengan kurs kompetitif via OCBC mobile.
Baca juga: Cara Memulai Bisnis Hijab dengan Modal Rp500 Ribu
Nyala Bisnis juga menawarkan bebas biaya transaksi, meliputi:
Jika kamu membutuhkan tambahan modal usaha, Nyala Bisnis juga membuka akses pinjaman kepada pelaku UMKM. Ada dua produk pinjaman yang ditawarkan yaitu KTA Cashbiz dan Kredit Usaha.
KTA Cashbiz memungkinkan pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp200 Juta, tenor hingga 3 bulan, dan pengajuan yang mudah secara online. Sementara Kredit Usaha menyediakan akses pinjaman hingga Rp500 Juta, bunga ringan hingga 0%, dan proses pengajuan yang mudah dan cepat.
Keunggulan Nyala Bisnis lainnya, nasabah bisa mendapat akses pada Layanan Digitalisasi Bisnis. Ada beberapa kemudahan yang ditawarkan layanan ini, meliputi Sistem Manajemen ERP, Gerbang Pembayaran, dan Sistem Loyalitas.
Ada juga Business Fitness Solution yang berguna untuk mengecek kesehatan keuangan bisnis, rekomendasi agar bisnis selalu Fit, hingga akses pada kelas-kelas finansial untuk bisnis. Banyak banget kan manfaatnya?
Baca juga: Mengenal Money Game dan Ciri-cirinya