Apa itu Dana? Pengertian, Sumber dan Penggunaannya

27 Mei 2022

Dana adalah uang yang disediakan untuk keperluan tertentu.

Dana adalah himpunan uang disediakan untuk tujuan tertentu. Dana dapat disediakan untuk banyak tujuan, misalnya oleh pemerintahan demi proyek pembangunan, perusahaan ketika meluncurkan suatu produk, atau individu dalam melakukan investasi.

 

Dana adalah komponen utama dalam segala urusan bisnis sebagai fungsi pembayaran. Sehingga, sangat penting bagi Anda mempelajari unsur-unsurnya. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai dana, simak artikel di bawah ini.

Pengertian Dana

Pengertian dana adalah sejumlah uang yang diadakan dan memiliki tujuan tertentu, baik dalam bentuk tunai atau non tunai. Dana memiliki arti sama dengan uang, atau sering disebut juga sebagai anggaran. Secara lebih luas, dana dapat berarti modal dalam sebuah usaha yang dijalankan.

 

Pada pengertiannya tersebut, terdapat aspek tujuan dari diadakannya dana. Bahwa anggaran dana adalah uang yang memiliki fungsi, bukan hanya tersedia saja. Hal ini sesuai dengan definisi dana dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) maupun OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

Dalam KBBI, disebutkan bahwa dana merupakan uang yang disediakan untuk suatu keperluan; biaya. Lalu dalam pengertian OJK diartikan sebagai uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan, yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu.

Dana Berdasarkan Konsep

Dana terbagi ke dalam beberapa konsep sesuai pemahamannya. Dijelaskan dalam Bambang Riyanto (1995) bahwa dana dapat diartikan berdasarkan tiga konsep, yaitu:

Konsep Fungsional

Dalam konsep ini dilihat dari fungsinya pada sebuah usaha, bahwa dana berperan untuk menghasilkan laba atau keuntungan.

Konsep Kualitatif

Secara kualitatif, dana adalah sebagian aktiva lancar yang dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan perusahaan tanpa berurusan dengan likuiditasnya. Dalam konsep ini artinya adalah modal kerja netto atau kelebihan aktiva lancar di atas hutangnya.

Konsep Kuantitatif

Terakhir yaitu pemahaman secara kuantitatif. Yakni dana adalah modal kerja bruto, atau seisi jumlah dana sebagai aktiva lancar tersebut.

Jenis-Jenis Dana

Dana berperan penting untuk membiayai berbagai urusan. Fungsi mencari dana adalah untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan atau jenis-jenis dana yang kita perlukan. Berikut beberapa jenis dana di antaranya adalah:

Jenis Dana Secara Umum

Pengelompokan jenis dana yang pertama adalah pembagian jenis secara umum, atau dana untuk membiayai keperluan-keperluan pribadi.

1. Dana Darurat

Jenis dana secara umum pertama adalah dana darurat atau emergency funds. Dana darurat adalah tabungan personal seseorang yang disiapkan untuk memenuhi keadaan kesulitan ekonomi seperti kehilangan pekerjaan, jatuh sakit dalam waktu lama, atau keperluan lainnya yang memerlukan dana dalam jumlah besar.


Untuk menyiapkan dana darurat, pada umumnya disarankan berjumlah setidaknya setara tiga bulan dari pendapatan bersih atau net income.

2. Dana Kuliah

Jenis dana umum berikutnya adalah dana kuliah atau college funds. Yaitu tabungan yang disiapkan orang tua untuk mendanai biaya perkuliahan anak-anaknya di kemudian hari, biasanya menggunakan jasa tabungan bank dengan bunga tertentu karena bersifat jangka panjang.

3. Dana Pensiun

Terakhir terdapat dana pensiun atau retirement funds. Adalah penyimpanan dana oleh individu dengan tujuan pensiun. Nantinya dana tersebut dapat diterima sebagai pendapatan bulanan setelah melewati masa pensiun.

Jenis Dana dalam Investasi

Pengelompokan jenis dana berikutnya adalah keperluan investasi. Dalam dunia investasi, jenis-jenis dana meliputi:

1. Reksa Dana (Mutual Funds)

Salah satu jenis investasi dana adalah reksa dana atau mutual funds. Reksa dana adalah jenis investasi yang dikelola oleh manajer profesional, dengan mengalokasikan dana dari individu kepada pasar uang, saham, obligasi, dan aset lainnya.

2. Reksa Dana Pasar Uang (Money-market Funds)

Berikutnya adalah reksa dana pasar uang atau money-market funds. Reksa dana pasar uang adalah bentuk reksa dana yang sifatnya sangat cair, berfungsi untuk mendapat keuntungan jangka pendek.

3. Dana Obligasi Pemerintah (Government Bond Funds)

Lalu ada juga jenis dana obligasi pemerintah atau government bond funds. Jenis dana ini ditujukan bagi para investor yang menginginkan untuk menaruh uangnya dalam investasi berisiko rendah, dan biasanya pada agensi berkaitan dengan pemerintah.

Sumber dan Penggunaan Dana

Selain pengertian dan jenisnya, dapat dipahami juga sumber serta penggunaan dana. Sumber dana adalah asal dana yang dimaksud didapatkan. Dalam pengertian kas, sumber dana adalah kegiatan yang mengakibatkan bertambahnya kas seperti berkurangnya aktiva tetap seperti terjualnya barang, bertambahnya hutang, serta keuntungan dari operasi lainnya.

 

Sumber ini tidak harus dari kegiatan penjualan. Pada intinya, sumber dana adalah segala yang dapat meningkatkan jumlah dana dan bersumber dari orang lain. Atau pada lingkup lebih luas misalnya repatriasi dana yang meliputi negara lain.

 

Sebagai contoh, dalam pendirian perusahaan bisa memanfaatkan sumber dana dari orang lain seperti suntikan atau penggalangan dana. Untuk tujuan ini, suntikan dana adalah pemberian sejumlah dana dari satu pihak tertentu, sedangkan penggalangan dana adalah akumulasi dari banyak orang.

 

Seperti itulah penjelasan tentang dana yang berhasil OCBC rangkum. Dana adalah inti dari setiap aktivitas finansial. Mengetahui dari dasar mengenai arti serta jenis-jenisnya tentu akan bermanfaat bagi Sobat OCBC. Informasi seputar finansial dan bisnis lainnya dapat Anda simak di laman artikel OCBC berikut.

Baca juga:

 

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB

Download OCBC mobile