Koperasi Konsumsi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ciri-Ciri

1 Feb 2024

Koperasi konsumsi adalah koperasi yang memenuhi kebutuhan barang dan jasa untuk anggotanya.

Koperasi konsumsi adalah salah satu jenis koperasi yang banyak beroperasi di Indonesia. Lantas, apa yang dimaksud dengan koperasi konsumsi? Sesuai namanya, koperasi konsumsi adalah badan yang menjual barang dan jasa sesuai kebutuhan anggotanya.

Hal tersebut sejalan dengan landasan dari badan koperasi yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan pada anggotanya. Meski demikian, koperasi konsumsi memiliki fungsi dan ciri-ciri yang cukup berbeda dari jenis lainnya.

Nah, apabila Sobat OCBC ingin lebih tahu tentang apa itu koperasi konsumsi beserta contohnya yang bisa ditemukan di sekitar, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Koperasi Konsumsi?

Koperasi konsumsi adalah badan yang didirikan berdasarkan kesamaan kepentingan ekonomi dari anggotanya. Sederhananya, tujuan koperasi konsumsi adalah memenuhi kebutuhan anggotanya dalam hal barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Pelaksanaan koperasi konsumsi juga berasaskan pada konsep tolong menolong di mana kegiatannya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya. Oleh karena itu, koperasi konsumsi biasanya menjual dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar.

Pengelolaannya biasanya dipegang oleh anggota dengan status pemilik koperasi dan merangkap sebagai pelanggan koperasi. Meskipun bertujuan untuk menyejahterakan anggota koperasi, masyarakat umum juga bisa membeli barang di koperasi konsumsi.

Namun, harga yang diberikan biasanya sedikit berbeda dengan harga untuk anggota. Berikut adalah beberapa contoh barang yang biasanya dijual di koperasi konsumsi:

  • Beras
  • Telur
  • Minyak goreng
  • Gula
  • Makanan dan minuman
  • Pakaian
  • Peralatan rumah tangga
  • Kebutuhan sehari-hari

Perolehan modal untuk menjual barang di koperasi konsumsi biasanya merupakan hasil iuran dari para anggota. Oleh karena itu, tidak heran jika harga yang diberikan untuk anggota akan lebih murah.

Baca juga: Ini Dia 7 Tujuan Koperasi beserta Jenis-Jenisnya, Yuk Simak!

Ciri-Ciri Koperasi Konsumsi

Secara umum, koperasi konsumsi beroperasi selayaknya koperasi lainnya yang berasaskan pada kekeluargaan dan memberikan kesejahteraan untuk anggota. Namun, terdapat beberapa hal pokok yang membedakan. Beberapa ciri-ciri koperasi konsumsi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela
  • Pembentukan koperasi konsumsi biasanya dilakukan oleh anggota lembaga tertentu atau masyarakat di suatu lingkungan.
  • Harga produk yang dijual jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga pasar pada umumnya.
  • Modal dalam koperasi konsumsi cenderung terus berkembang dengan adanya simpanan wajib bagi para anggota.

Fungsi Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi memiliki beberapa fungsi berdasarkan kegiatan yang dilakukannya. Beberapa fungsi koperasi konsumsi adalah:

  • Mengembangkan peluang dan meningkatkan taraf ekonomi anggotanya sehingga hidupnya juga lebih sejahtera.
  • Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup anggota dan masyarakat luas.
  • Memperbaiki dan meningkatkan kondisi perekonomian nasional yang berasal dari masyarakat.
  • Mendukung dan menyediakan lapangan pekerjaan.

Contoh Koperasi Konsumsi

Jenis koperasi konsumsi juga terbagi menjadi beberapa bentuk dengan fokusnya yang berbeda-beda. Berikut beberapa contoh koperasi konsumsi adalah:

  • Koperasi sekolah adalah koperasi yang biasanya tersedia di lingkungan sekolah dengan para guru dan siswa sebagai anggotanya.
  • Koperasi Serba Usaha (KSU) adalah contoh koperasi konsumsi yang memiliki kegiatan usaha di berbagai bidang.
  • Koperasi Unit Desa (KUD) adalah koperasi yang beroperasi di wilayah desa untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat.
  • Koperasi Pegawai Negeri (KPN) adalah contoh koperasi konsumsi yang memiliki anggota dengan status pegawai negeri.
  • Koperasi Mahasiswa (Kopma) beroperasi di lingkungan universitas atau perguruan tinggi dengan para mahasiswa sebagai anggotanya.
  • Koperasi karyawan (Kopkar) biasanya ada di lingkungan perusahaan di mana karyawan pada bisnis tersebut yang menjadi anggota koperasi.

Perbedaan Koperasi Konsumsi dan Koperasi Produksi

Koperasi konsumsi dan koperasi produksi adalah dua bentuk koperasi dengan fokus dan tujuan yang berbeda. Koperasi konsumsi memiliki anggota yang terdiri dari konsumen atau pengguna jasa untuk memperoleh manfaat dari pembelian bersama barang atau layanan.

Tujuan utama koperasi konsumsi adalah memberikan akses yang lebih baik, harga yang lebih terjangkau, atau kualitas yang lebih baik dari produk atau layanan tertentu kepada anggotanya.

Sedangkan, koperasi produksi terdiri dari anggota yang merupakan sekelompok produsen atau pekerja untuk bekerja sama dalam produksi, pemasaran, atau distribusi produk atau jasa.

Tujuan utama koperasi produksi adalah meningkatkan kondisi ekonomi anggotanya melalui kerja sama kegiatan produksi dan pemasaran bersama. Anggota koperasi produksi dapat berpartisipasi dalam berbagai tahap produksi mulai dari pengadaan bahan baku sampai pemasaran produk jadi.

Itulah pembahasan tentang koperasi konsumsi beserta ciri-ciri dan fungsinya. Pada intinya, koperasi konsumsi adalah bagian dari upaya badan koperasi untuk memberikan kesejahteraan secara optimal kepada para anggotanya, baik itu dalam bentuk kebutuhan sehari-hari maupun pinjaman.

Tidak hanya koperasi, Bank OCBC juga memberikan penawaran beragam produk Pinjaman dengan persyaratan yang mudah untuk membantu memenuhi kebutuhan finansial. Ada banyak jenis pinjaman yang bisa dipilih, mulai dari Kredit Kepemilikan Rumah sampai Kredit Agunan.

Tidak hanya itu, Sobat OCBC juga dapat mengajukan pinjaman dengan mudah secara online. Dengan menggunakan aplikasi OCBC mobile, Sobat OCBC dapat mengirim pengajuan pinjaman secara praktis, dari mana saja, dan kapan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, rencanakan keuangan bersama Bank OCBC!

Baca juga: Fungsi Badan Usaha dan Jenis-Jenisnya yang Ada di Indonesia


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 18 Apr 2024

Hati Senang, Pikiran Tenang dengan Cegah Penipuan!

Baca

Tips & Trick - 18 Mar 2024

Waspadai Modus Penipuan Ramadhan, Jaga Data Diri Tetap Aman

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile