10+ Tips Feng Shui Ruang Tamu Agar Rumah Dipenuhi Aura Positif

22 Feb 2024

Menerapkan feng shui pada ruang tamu merupakan keharusan agar rumah dipenuhi oleh aura positif.

Pasalnya, aura dan energi positif yang masuk ke rumah akan berpengaruh pada keberuntungan, keharmonisan, dan kesehatan keluarga.

Ruang tamu merupakan ruang pertama yang akan menyambutmu saat pulang. Bayangkan jika ruang tamu dalam kondisi berantakan, kamu yang lelah beraktivitas seharian tentu akan merasa kesal sehingga aura dan energi negatif yang datang menyelimuti rumah.

Begitu pula sebaliknya. Ketika ruang tamu tertata dengan rapi berdasarkan konsep feng shui, kamu yang baru pulang dari beraktivitas pun bisa langsung beristirahat tanpa harus membereskan ruangan tersebut. Hal ini tentu akan mengundang aura positif ke dalam rumah.

Baca juga: 14 Jenis Ekonomi Kreatif dari Berbagai Bidang, Wajib Tahu!

Tips Feng Shui Ruang Tamu

Beberapa tips berikut bisa kamu terapkan untuk menata ulang atau bahkan merenovasi ruang tamu. Tips-tips ini bersifat umum, sehingga bisa kamu terapkan untuk ruang tamu rumah, apartemen, atau rumah kontrakan yang kamu tempati.

Secara umum, feng shui ruang tamu mendorong pada kebersihan dan kerapian pada area tersebut. Selain itu, feng shui juga menekankan fungsionalitas suatu perabot, sehingga kamu bisa menyingkirkan apa saja yang sudah tidak terpakai.

  1. Sofa Sebagai Titik “Komando”

    Ruang tamu tidak akan lengkap tanpa keberadaan sofa. Maka, sofa memiliki peran penting dalam ruangan tersebut sebagai titik komando. Dalam feng shui, posisi titik komando akan sangat mempengaruhi energi yang menyelimuti sebuah ruangan.

    Sebagai titik komando, sofa harus diletakkan pada posisi yang strategis. Secara praktis, letakkan sofa pada posisi yang ketika kamu mendudukinya, kamu bisa melihat dengan jelas area pintu sehingga bisa langsung mengenali siapa yang datang dan masuk ke rumah.

    Dengan penjelasan tersebut, maka sofa bisa kamu letakkan di posisi yang berseberangan dan menghadap area pintu.

  2. Perhatikan Fungsi Perabotan

    Ruang tamu sama seperti ruangan lain yang tentu saja dipenuhi oleh barang atau perabot. Namun, sebaiknya kamu lebih selektif dalam menempatkan perabot di ruangan ini. Pilih barang atau perabot yang benar-benar dibutuhkan saja.

    Sebelum kamu mengisi ruang tamu, pikirkan dulu barang apa saja yang paling dibutuhkan. Dalam hal ini kamu bisa menyesuaikannya dengan aktivitas yang biasa dilakukan di ruang tamu, seperti menerima tamu, duduk bersantai, menonton televisi, dan sebagainya.

    Dengan demikian, kamu akan memerlukan satu set sofa beserta mejanya. Selain itu, kamu akan memerlukan televisi, lemari es kecil, dan rak penyimpanan. Singkirkan barang lain yang tidak berguna dari ruang tamu agar tampak rapi.

  3. Posisi Televisi yang Baik

    Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang biasanya diletakkan di ruang tamu. Namun kamu tidak bisa sembarangan dalam menempatkan televisi di ruang tamu.

    Selain sofa, posisi televisi juga sangat penting bagi ruang tamu. Sebaiknya tempatkan televisi pada posisi yang berseberangan dan menghadap ke area sofa.

    Jangan pernah meletakkan televisi membelakangi pintu sehingga menghalangimu untuk mengetahui siapa yang masuk dari pintu.

    Selain itu, mengingat televisi modern memiliki ketebalan yang sangat tipis, kamu juga bisa menempatkannya pada dinding. Hal ini akan membuat ruang tamu menjadi lebih luas.

    Baca juga: 5 Jenis Usaha Kelompok, Pengertian, Ciri, dan Untung Ruginya

  4. Pilih Warna yang Tepat

    Pemilihan warna yang tepat akan mempengaruhi energi dan aura yang masuk ke ruang tamu. Adapun warna terbaik untuk ruang tamu adalah mengikuti konsep lima elemen dalam feng shui yang disesuaikan dengan arah ruangan.

    Misalnya, ruang tamu di rumahmu menghadap ke selatan, maka warna yang disarankan adalah warna-warna hangat, seperti merah, oranye, kuning, hingga ungu.

  5. Aksesoris Ruang Tamu

    Ruang tamu tanpa aksesoris memang akan terkesan sepi. Oleh karena itu, kamu juga boleh menempatkan beberapa barang sebagai aksesoris ruang tamu.

    Dalam hal ini, kamu bisa memasang beberapa foto yang menampilkan keharmonisan keluarga, foto saat mendapat penghargaan, atau momen bahagia lainnya. Selain itu, tanda penghargaan yang pernah kamu dapatkan juga bisa dipasang di ruang tamu.

    Bagaimana dengan buku? Kamu juga bisa menempatkan rak buku di area ruang tamu. Namun pastikan rak buku itu tidak terlalu besar dan buku yang dipasang tidak terlalu banyak.

  6. Memasang Cermin

    Cermin merupakan barang yang sangat penting dalam konsep feng shui. Pasalnya, cermin dianggap mampu menangkal energi negatif yang masuk ke rumah serta membuat ruangan jadi terkesan lebar.

    Kamu bisa memilih cermin bulat dengan ukuran yang bisa menangkap kepala hingga bahu orang dewasa. Untuk posisi, kamu bisa menempatkan di mana saja sesuai selera.

  7. Bersih dan Rapi

    Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, feng shui menuntut kebersihan dan keteraturan pada sebuah ruangan. Begitu pula dengan ruang tamu, pastikan ruangan ini selalu dalam kondisi bersih, rapi, dan teratur.

    Menjaga ruang tamu dalam keadaan bersih dan rapi bisa membuat mood tetap dalam kondisi baik. Sehingga, energi yang terpancar pada ruang tamu adalah energi positif yang akan berpengaruh pada keharmonisan dan keberuntungan.

  8. Ciptakan Flow yang Sederhana

    Ruang tamu adalah ruangan pertama yang menyambutmu saat memasuki rumah. Selain itu, ruang tamu juga dilengkapi pembatas atau pintu yang akan mengantarmu ke ruangan lain di rumah.

    Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk menciptakan alur “lalu lintas” atau flow yang sederhana. Pastikan saat kamu masuk pintu dan melewati ruang tamu untuk menuju ruangan lain bisa dilakukan dengan mudah.

    Salah satu cara menciptakan flow yang sederhana ini adalah meminimalisir jumlah perabot dalam ruang tamu. Singkirkan barang yang tidak diperlukan, sehingga membuatmu bisa berjalan dengan mudah saat melewati ruang tamu.

    Baca juga: Asuransi Rumah Tinggal: Jenis, Biaya serta Manfaatnya

  9. Pencahayaan Seimbang

    Pada poin ke-4, kamu diminta untuk memilih warna yang tepat untuk ruang tamu. Berikutnya, kamu juga perlu menghadirkan pencahayaan yang seimbang pada ruangan ini.

    Pencahayaan seimbang tidak hanya dipengaruhi oleh lampu saja, melainkan juga dipengaruhi oleh interior dan warna cat yang dipilih. Berbicara tentang lampu, kamu bisa memanfaatkan beberapa jenis lampu, seperti lampu gantung dan lampu meja.

    Lampu gantung atau lampu di langit-langit digunakan untuk menerangi seluruh ruangan. Sementara lampu meja untuk penerangan saat ruangan tidak digunakan.

  10. Tanaman Hoki

    Kamu juga bisa menambahkan tanaman pembawa hoki ke dalam ruang tamu. Tanaman ini bisa berupa tanaman hias maupun tanaman hidup yang bisa tumbuh dalam ruangan.

    Beberapa tanaman yang membawa keberuntungan antara lain bambu keberuntungan, sirih gading, tanaman giok, palem kecil, peace lily, hingga anggrek. Tempatkan tanaman ini di posisi yang terpapar cahaya alami untuk membuatnya bertahan hidup.

  11. Tambahkan Lukisan

Konsep feng shui menganggap beberapa lukisan bisa menghadirkan keberuntungan. Lukisan-lukisan ini juga bisa kamu tampilkan sebagai hiasan dinding di ruang tamu rumahmu.

Beberapa contoh lukisan pembawa keberuntungan antara lain lukisan bunga, lukisan bambu, lukisan kupu-kupu, lukisan ikan koi, hingga lukisan kuda.

Namun kamu perlu teliti dalam memasang lukisan ini. Menurut feng shui, memasang lukisan terlalu rendah bisa menurunkan suasana hati. Dengan demikian lukisan harus dipasang dengan ketinggian yang pas dan enak dilihat.

Baca juga: Estimasi Biaya Bangun Rumah Sendiri yang Perlu Disiapkan

Kredit Multiguna OCBC

Apakah kamu berencana merenovasi ruang tamu agar sesuai dengan konsep feng shui? Jika iya, kamu bisa mendapatkan dana untuk renovasi melalui produk Kredit Multiguna dari OCBC.

Kredit Multiguna OCBC adalah layanan kredit untuk membantu memenuhi kebutuhan dengan menjadikan properti properti milikmu sebagai jaminan. Dengan kredit ini, kamu bisa mendapatkan dana tunai hingga Rp10 Miliar, tenor hingga 15 tahun, dan proses pengajuan yang mudah.

Misalnya kamu perlu dana sebesar Rp50 Juta untuk keperluan renovasi rumah. Kamu memilih mengajukan Kredit Multiguna OCBC dengan jaminan tanah seluas 8x12 meter, maka simulasi Kredit Multiguna sebagai berikut:

  • Jumlah pinjaman Rp50 Juta dengan tenor 1 tahun
  • Cicilan per bulan tanpa bunga: 50.000.000 : 12 bulan = 4.166.666 per bulan
  • Suku bunga 10,5% per tahun, total bunga Rp5.250.000 atau Rp437.500 per bulan
  • Total cicilan yang harus dibayar: Rp4.166.666 + Rp437.500 = Rp4.604.166 per bulan

Dalam kasus ini, nasabah tidak dikenakan biaya provisi dan asuransi. Namun nasabah hanya dikenai biaya materai dan uang muka sebesar 1,5% dari total pinjaman yang dibayarkan pada cicilan pertama.

Baca juga: Syarat KPR Rumah Beserta Langkah-langkah Pengajuannya


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 16 Apr 2024

Daftar Mobil Limousine di Indonesia dan Harganya

Baca

Edukasi - 12 Apr 2024

3 Rekomendasi Airport Lounge di Bali, Harga dan Fasilitasnya

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile