Apartemen Studio: Desain, Kelebihan dan Tips Membeli

23 Sep 2021 Ditulis oleh: Redaksi OCBC NISP

Berencana tinggal di apartemen studio? Begini tips membelinya!

Tipe apartemen studio kini makin diminati oleh masyarakat, apalagi para kaum milenial seperti mahasiswa dan pekerja muda yang belum menikah. Meskipun ruangannya cenderung sempit, namun cukup praktis apabila hanya diisi satu orang.

Dibandingkan dengan tipe lainnya, apartemen jenis ini menawarkan harga yang lebih terjangkau. Tersedianya fasilitas lengkap juga merupakan alasan seseorang lebih memilih tinggal di apartemen daripada rumah kost biasa. Jika Anda tertarik, yuk simak kelebihan, kekurangan, tips membeli serta inspirasi desain apartemen studio di bawah ini.


Inspirasi Desain Apartemen Studio Type 21

Meskipun ukuran tipe ini cenderung kecil, namun Anda dapat menyulap interior apartemen studio dalam berbagai desain sehingga tampak nyaman dan cantik. Berikut ini inspirasi yang dapat Anda pilih.

  1. Desain Minimalis

    Sumber: decoist com

    Desain minimalis banyak dipilih karena memberikan kesan simpel dan bersih. Keindahan desain ini sangat dipengaruhi oleh warna cat dinding dan penataan perabotan. Anda dapat menggunakan warna putih, ivory, krem, dan abu-abu. Tambahkan furnitur berwarna putih, ornamen berwarna pastel, dan beberapa tanaman indoor.

  2. Desain Modern Eksklusif

    Sumber: pinterest com

    Meskipun sempit, Anda dapat mengubah ruangan menjadi nuansa modern eksklusif. Caranya adalah dengan memasang perabotan-perabotan berkualitas serta menggunakan dominasi warna putih, krem, abu-abu, dan hitam dalam ruangan. Selain itu, tambahkan lampu gantung, lilin, dan hiasan kaca yang memberikan kesan mewah.

  3. Desain Warna Monokrom

    Sumber: pufikhomes com

    Sesuai namanya, desain ini menggunakan warna monokrom, terutama hitam, putih, dan abu-abu untuk memunculkan nuansa klasik, mewah, sekaligus minimalis. Kemampuan dalam mengkombinasikan warna-warna dasar sangat dibutuhkan agar ruangan tidak terlalu gelap maupun pucat.

  4. Desain Apartemen Loft

    Sumber: iStock com

    Desain loft menghadirkan jendela lebar dan kesan industrial dengan penggunaan dinding batu bata atau ornamen balok. Selain itu, ciri khas desain ini adalah plafon tinggi serta tambahan mezzanine di dalam ruangan.

  5. Desain Apartemen Studio dengan Kasur Gantung

    Sumber: www.interiorzine.com

    Desain ini adalah solusi bagi Anda yang ingin menambah ruang gerak dalam apartemen. Menggantung tempat tidur di atas ruang kerja atau bersantai juga efektif untuk memberikan kesan rapi pada unit apartemen Anda.


Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Studio

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen tipe ini, alangkah baiknya Anda mengetahui kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan yang dapat Anda nikmati apabila membeli apartemen tipe ini.

  1. Harga Lebih Terjangkau
    Apartemen ini banyak diminati karena harganya lebih murah dibanding jenis lain dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Selain itu, melihat tingginya minat masyarakat, Anda dapat menjadikannya sebagai investasi untuk disewakan atau dijual lagi.

  2. Biaya Perbaikan Lebih Murah
    Biaya perawatan dan perbaikan apartemen biasanya dihitung berdasarkan luas bangunan. Dengan demikian, biaya perawatan apartemen ini tentu lebih murah dibanding jenis lain.

  3. Tidak Membutuhkan Banyak Interior
    Ukurannya yang kecil membuat apartemen berikut tidak membutuhkan banyak interior. Meskipun demikian, desain apartemen ini sudah diatur agar tetap terlihat nyaman walau tak banyak perabotan yang ditambahkan.

  4. Cukup Diminati karena Praktis
    Apartemen tipe ini didesain untuk gaya hidup simpel dan praktis. Dengan berbagai ruangan yang menyatu akan memungkinkan Anda mengetik pekerjaan kantor sambil menonton televisi atau melakukan kegiatan lain yang Anda sukai.

  5. Mudah Dibersihkan
    Ukurannya yang kecil dan perabotannya yang sedikit membuat Anda tak perlu menguras tenaga untuk bersih-bersih. Jika ingin ruangan Anda terlihat selalu rapi, ada baiknya untuk membiasakan membereskan barang setelah dipakai.


Kekurangan

Meskipun memiliki banyak daya tarik, sebelum membeli apartemen studio ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan, yakni sebagai berikut.

  1. Lebih Mahal Dibandingkan Kost
    Harga apartemen ini lebih mahal daripada kost. Padahal keduanya memiliki bentuk yang serupa. Pembeda utamanya adalah fasilitas yang diberikan. Oleh karena itu, pastikan dulu apakah Anda benar-benar membutuhkan fasilitas ini atau tidak.

  2. Ruang Gerak terbatas
    Ruangannya yang sempit membuat Anda tak bisa leluasa bergerak. Sehingga, Anda harus memindah barang-barang tertentu atau mengubah tatanan ruangan apabila ingin ruang gerak tambahan.

  3. Tidak Bisa Menerima Banyak Tamu
    Ukuran apartemen studio yang kecil dengan ruangan yang saling menyatu tidak memungkinkan Anda untuk menerima banyak tamu. Bahkan beberapa orang merasa tidak nyaman membiarkan tamu mereka melihat ruang tidur dan area privat lainnya.


Tips Membeli Apartemen Studio

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangannya, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjadikan apartemen jenis ini sebagai hunian ideal.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis
    Pastikan lokasi apartemen Anda dekat dengan tempat kerja, fasilitas kesehatan, sekolah, dan pusat perbelanjaan agar memudahkan Anda dalam beraktivitas sehari-hari.

  2. Pastikan Legalitasnya
    Jangan lupa untuk bertanya mengenai dokumen legalitas apartemen. Pastikan Anda akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM) apartemen saat membelinya. Tujuannya adalah agar Anda memiliki bukti otentik kepemilikan atas unit apartemen yang Anda beli.

  3. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan
    Perhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan agar Anda mendapat yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, cek juga fasilitas umum yang tersedia di sekitar apartemen untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

  4. Siapkan Biaya yang Cukup
    Biaya sewa apartemen studio bulanan beragam tergantung pada fasilitas dan perusahaan pengembang. Oleh karena itu Anda tidak perlu buru-buru membeli dan lakukan survey harga terlebih dahulu agar dapat menyediakan cukup biaya.


Itulah pembahasan mengenai apartemen studio. Bagi Anda yang tertarik membelinya, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips di atas. Selain itu, Anda juga bisa merencanakan anggaran pembelian apartemen studio dengan pinjaman KTA Cash Loan OCBC NISP yang menawarkan bunga flat mulai dari 0.99% saja.

Baca Juga:

Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

6 Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Apa Saja?

Baca

Edukasi - 26 Apr 2024

Jangan Panik! Uang Salah Transfer Bisa Kembali dengan Cara Ini!

See All

Produk Terkait

Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile