Korporasi

Antisipasi Aplikasi Palsu & Link Phishing yang Beredar dengan Berbagai Modus Aksi

10 Oct 2025 • Write By: Redaksi OCBC

Bagikan Ke

Antisipasi Aplikasi Palsu & Link Phishing yang Beredar dengan Berbagai Modus Aksi

Seiring meningkatnya aktivitas digital, pelaku kejahatan siber terus mencari cara baru untuk menipu pengguna layanan perbankan. Salah satu risiko yang perlu diantisipasi sejak dini adalah beredarnya aplikasi palsu & link phishing yang dikirim dari pihak yang menyamar sebagai pihak resmi OCBC Business atau instansi lainnya.

Modus ini bisa terjadi ketika pelaku membuat aplikasi tiruan dan menyebarkannya melalui tautan link atau APK (Android Package Kit) yang mengarah pada halaman platform palsu menyerupai App Store atau Google Play Store. Jika pengguna mengunduh dan memasang aplikasi palsu tersebut, pelaku dapat menyisipkan malware untuk mencuri data penting hingga kredensial perbankan.

Potensi Modus yang Perlu Diwaspadai

  • Aplikasi tiruan (APK) / link dikirim melalui pesan singkat, email, atau WhatsApp dari pihak yang menggunakan nama dan logo mirip OCBC Business atau pihak lainnya seperti, instansi pemerintah, kerabat, kurir, atau e-commerce dengan kedok lampiran dokumen atau undangan. Selain itu, pesan penipuan juga dapat berupa link phishing dengan modus pembatalan transaksi atau penagihan pembayaran invoice serta tagihan pajak.
  • Pelaku memancing korban membagikan data pribadinya dengan modus meminta pengguna memperbarui data identitas NIB (Nomor Induk Perusahaan), mengkinikan data pajak perusahaan  melalui aplikasi tiruan Coretax atau meminta Anda untuk melakukan verifikasi akun OCBC Business dengan mengisi kredensial login OCBC Business milik anda.

Kunci Antisipasi Sejak Dini

  • Selalu unduh aplikasi OCBC Business hanya dari Google Playstore dan Apple App Store resmi.
  • Jangan pernah mengunduh file APK dari tautan pesan, email, situs, atau permintaan login dari sumber tidak dikenal.
  • Waspada dengan pihak yang menyerupai OCBC Business namun tidak memiliki centang verifikasi atau tidak terdaftar sebagai kontak resmi OCBC. 
  • Jangan bagikan data perbankan Anda seperti ID organisasi, ID pengguna, kata sandi, nomor kartu, CVV, atau kode OTP kepada pihak mana pun. 
  • Laporkan segera jika menemukan aplikasi atau tautan mencurigakan.

Apabila terdapat aktivitas mencurigakan, silakan hubungi Relationship Manager Anda, TANYA OCBC di 1500-999 atau +62-21-26506300 dari luar negeri (#2 Nasabah Bisnis), WhatsApp ke 08121500999, atau email ke clientservices@ocbc.id.

Dengan kewaspadaan dan langkah pencegahan yang tepat sejak dini, kita dapat menghindari risiko penipuan digital yang mungkin muncul di masa depan. OCBC berkomitmen untuk senantiasa mendampingi dan menjaga keamanan transaksi Anda.

Together We Achieve More
Corporate Banking

Share this Article

Related Product

Announcement

Announcement

Latest information and news about OCBC corporate activities

All the Convenience
in One Hand

Enjoy the benefits from OCBC based on your needs

Other Articles

Waspada Phishing Link Pembatalan Transaksi: Tingkatkan Kewaspadaan, Lindungi Akses Perbankan
  • Korporasi

Waspada Phishing Link Pembatalan Transaksi: Tingkatkan Kewaspadaan, Lindungi Akses Perbankan

14 Nov 2025

Aktivitas digital yang semakin meningkat di dunia usaha turut mendorong munculnya berbagai modus kejahatan siber yang menargetkan nasabah. Salah satu pola yang kembali marak adalah dengan kedok pembatalan transaksi dengan nada mendesak atau penting, di mana pelaku menyamar sebagai pihak bank untuk memperoleh akses terhadap informasi perbankan Perusahaan Anda.

Modus Phishing & APK Palsu Mengincar Data Penting Perusahaan
  • Korporasi

Modus Phishing & APK Palsu Mengincar Data Penting Perusahaan

10 Sep 2025

Seiring meningkatnya aktivitas digital, pelaku kejahatan siber semakin sering memanfaatkan pesan (SMS/WhatsApp/E-mail) untuk mengirimkan tautan berupa link phishing / APK (Android Package Kit) yang disamarkan sebagai pembaruan data NIB (Nomor Induk Berusaha) atau NPWP Badan oleh instansi berwenang/pemerintah, atau modus lainnya seperti penawaran pembatalan transaksi yang mengatasnamakan Bank.

Waspada! Tipuan Re-aktivasi Akun Pajak Menjebak
  • Korporasi

Waspada! Tipuan Re-aktivasi Akun Pajak Menjebak

16 Jan 2025

Kasus penipuan hingga akses perangkat pribadi dengan mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus terjadi dan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.

Jangan ragu, Jangan Tunggu! Laporkan setiap Pelanggaran!
  • Korporasi

Jangan ragu, Jangan Tunggu! Laporkan setiap Pelanggaran!

17 Sep 2024

Whistleblowing adalah saluran pelaporan yang dapat digunakan oleh pihak internal maupun eksternal (Nasabah, vendor atau pihak ketiga lainnya) Bank untuk melaporkan indikasi Fraud, ataupun pelanggaran code of conduct.


Banking at Your Fingertips

Download OCBC mobile now!