Korporasi

Waspada Phishing Link Pembatalan Transaksi: Tingkatkan Kewaspadaan, Lindungi Akses Perbankan

14 Nov 2025 • Write By: Redaksi OCBC

Bagikan Ke

Artikel Card Image
Promo Card Image

Aktivitas digital yang semakin meningkat di dunia usaha turut mendorong munculnya berbagai modus kejahatan siber yang menargetkan nasabah. Salah satu pola yang kembali marak adalah dengan kedok pembatalan transaksi dengan nada mendesak atau penting, di mana pelaku menyamar sebagai pihak bank untuk memperoleh akses terhadap informasi perbankan Perusahaan Anda.

Guna memitigasi risiko, penting bagi setiap pelaku bisnis untuk memahami alur penipuan yang digunakan dan memastikan setiap informasi yang diterima telah diverifikasi melalui kanal resmi.

Modus Phishing yang umum terjadi

Modus phishing pembatalan transaksi umumnya berlangsung melalui tahapan berikut:

1. Kontak Melalui Email 

Pelaku menghubungi korban dan mengatasnamakan pihak Bank melalui email dengan bernada mendesak. Mereka menawarkan bantuan untuk membatalkan transaksi palsu dan mendorong korban mengikuti instruksi tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

2. Penyebaran Link Palsu untuk Mengambil Data

Pelaku kemudian mengirimkan tautan palsu yang dirancang menyerupai halaman resmi Bank / Kanal Digital Bank. Korban diarahkan untuk memasukkan informasi sensitif, seperti:

  • Informasi login ke OCBC Business seperti ID Organisasi, ID Pengguna, dan Kata Sandi, atau informasi perbankan lainnya.
  • Instruksi untuk mengklik tautan palsu yang akan mengambil seluruh dana perusahaan atau mencuri informasi perbankan perusahaan dengan dalih “pengamanan dana”.

Seluruh data tersebut kemudian disalahgunakan untuk melakukan transaksi tidak sah.

Untuk memastikan keamanan akun dan transaksi perusahaan, pastikan untuk selalu mematuhi prinsip #MustSayNo berikut:

  1. Jangan membuka atau mengklik tautan dari pihak yang tidak resmi. Selalu ketahui kanal resmi perbankan yang Anda miliki.

    Pastikan penulisan tautan yang Anda pilih itu benar!

  2. Jangan pernah membagikan informasi perusahaan maupun kredensial perbankan kepada pihak mana pun, termasuk yang mengaku dari pihak Bank.
  3. Waspadai seluruh bentuk upaya penipuan. Segera blokir nomor telepon atau email yang mengirimkan tautan mencurigakan.

Kejahatan siber kini semakin canggih dan sering kali memanfaatkan kelengahan pengguna. Oleh karena itu, setiap informasi terkait transaksi dan keamanan akun harus diverifikasi melalui kanal resmi OCBC sebelum mengambil tindakan apa pun.

Pastikan seluruh informasi berasal dari akun & nomor resmi OCBC yang terdaftar:

  • Website ocbc.id atau web.ocbc.id
  • TANYA OCBC 1500-999 atau +62-21-26506300 (dari luar negeri)
  • WhatsApp: TANYA OCBC (+62-812-1500999)OCBC Indonesia (+62-811-2250-0999 & +62-811-5850-0999) dan OCBC Info (+62-811-1060-6222)
  • Emailclientservices@ocbc.idtanya@ocbc.id atau email resmi OCBC lainnya dengan domain/akhiran @ocbc.id
  • Media Sosial:
    • Instagram: @ocbc_indonesia
    • Facebook: OCBC Indonesia
    • X: @OCBC_Indonesia & @tanya_OCBC
    • Youtube: OCBC_Indonesia
    • Tiktok: ocbc_indonesia

Apabila Anda menemukan aktivitas yang mencurigakan atau membutuhkan klarifikasi lebih lanjut, mohon segera menghubungi Relationship Manager Anda atau kanal layanan resmi OCBC. 

Share this Article

Related Product

Announcement

Announcement

Latest information and news about OCBC corporate activities

All the Convenience
in One Hand

Enjoy the benefits from OCBC based on your needs

Other Articles

Antisipasi Aplikasi Palsu & Link Phishing yang Beredar dengan Berbagai Modus Aksi
  • Korporasi

Antisipasi Aplikasi Palsu & Link Phishing yang Beredar dengan Berbagai Modus Aksi

10 Oct 2025

Seiring meningkatnya aktivitas digital, pelaku kejahatan siber terus mencari cara baru untuk menipu pengguna layanan perbankan. Salah satu risiko yang perlu diantisipasi sejak dini adalah beredarnya aplikasi palsu & link phishing yang dikirim dari pihak yang menyamar sebagai pihak resmi OCBC Business atau instansi lainnya.

Modus Phishing & APK Palsu Mengincar Data Penting Perusahaan
  • Korporasi

Modus Phishing & APK Palsu Mengincar Data Penting Perusahaan

10 Sep 2025

Seiring meningkatnya aktivitas digital, pelaku kejahatan siber semakin sering memanfaatkan pesan (SMS/WhatsApp/E-mail) untuk mengirimkan tautan berupa link phishing / APK (Android Package Kit) yang disamarkan sebagai pembaruan data NIB (Nomor Induk Berusaha) atau NPWP Badan oleh instansi berwenang/pemerintah, atau modus lainnya seperti penawaran pembatalan transaksi yang mengatasnamakan Bank.

Waspada! Tipuan Re-aktivasi Akun Pajak Menjebak
  • Korporasi

Waspada! Tipuan Re-aktivasi Akun Pajak Menjebak

16 Jan 2025

Kasus penipuan hingga akses perangkat pribadi dengan mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus terjadi dan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.

Jangan ragu, Jangan Tunggu! Laporkan setiap Pelanggaran!
  • Korporasi

Jangan ragu, Jangan Tunggu! Laporkan setiap Pelanggaran!

17 Sep 2024

Whistleblowing adalah saluran pelaporan yang dapat digunakan oleh pihak internal maupun eksternal (Nasabah, vendor atau pihak ketiga lainnya) Bank untuk melaporkan indikasi Fraud, ataupun pelanggaran code of conduct.


Banking at Your Fingertips

Download OCBC mobile now!