Individu

Waspada Call Center Palsu, Simak Tips Ini!

12 Jan 2023 • Write By: - Faradilla Anandra

Bagikan Ke

Artikel Card Image
Promo Card Image

Penipuan secara digital ini sering menimbulkan kerugian, terutama dari segi finansial. Seperti sebelumnya, terdapat nasabah OCBC yang menjadi korban setelah dihubungi oleh call center yang menyerupai nomor resmi bank. Modus ini dikenal dengan Voice Phising.

Apa itu Voice Phising?

Vishing atau voice phising merupakan penipuan melalui telepon, untuk mendapatkan informasi pribadi yang sifatnya sensitif dan rahasia seperti nomor kartu hingga kata sandi, agar pelaku dapat mengakses perbankan nasabah dengan cara memancing emosi korban. Pada kasus di atas, pelaku melancarkan aksinya dengan cara berikut :

  • Penipu menghubungi nasabah dengan mengatasnamakan Bank OCBC dan menyatakan adanya transaksi pada tagihan Kartu Kredit nasabah tersebut
  • Korban diarahkan untuk melakukan pemblokiran kartu demi keamanan Kartu Kreditnya
  • Pelaku mengirimkan SMS, Whatsapp, dan E-mail berisi link, yang mengharuskan nasabah mengisi data pribadi rahasia seperti nomor Kartu Kredit, nomor rekening, expired date, CVV, OTP SMS, user ID, hingga password internet banking dan mobile banking OCBC sebagai persyaratan

Dalam waktu yang singkat, nasabah Kartu Kredit tersebut kehilangan uang dengan jumlah besar, karena pelaku mampu mengakses perbankan korban. Masalah ini mengharuskan Anda untuk lebih bijaksana dalam bertransaksi dan menjaga data rahasia. Pencegahan apa yang bisa dilakukan?

  1. Jangan mudah percaya, bila penelpon meminta Anda untuk memberikan informasi adanya transaksi yang mencurigakan pada fasilitas Kartu Kredit dan Kartu ATM yang nasabah miliki.
  2. Hati-hati jika penelpon menawarkan bantuan pemblokiran fasilitas kartu atau ATM, guna menghindari terjadinya transaksi kembali.

Perlu Anda ketahui, pelaku biasanya memanfaatkan jam malam untuk beraksi.

Pemilihan waktu ini pelaku manfaatkan saat seluruh calon korbannya dalam kondisi tubuh yang kurang optimal setelah beraktifitas sehari penuh. Tanpa sadar, korban telah memberikan informasi berisi data rahasia.

Apa yang harus Anda lakukan jika mengindikasi Voice Phising?

  1. PASTIKAN NOMOR CALL CENTER RESMI

    Ada banyak cara bagi pelaku untuk meyakinkan nasabah, salah satunya dengan menggunakan nomor yang serupa dengan call center resmi. Maka dari itu, Anda bisa memastikan valid tidaknya call center tersebut melalui website bank terkait.
    Contoh nomor CS palsu: 0816278330, 0816278327, 1 (971) 2686824, 1(620) 220 6831. Contoh website palsu dengan domain yahoo.com; gmail; ymail; seperti : cs@ocbc.id, kredit@ocbc.id

  2. WASPADA SAAT MENERIMA SMS, WHATSAPP, DAN E-MAIL YANG MENCURIGAKAN!

    Penipu sering menggunakan metode ini untuk mengecoh nasabah. Biasanya terdapat pesan yang menggiring korban untuk mengakses dan mengisi link palsu yang dikirimkan oleh pelaku, untuk mendapatkan data penting korbannya.

Perhatikan hal ini saat Anda menerima pesan mencurigakan :

  1. Hati-hati jika menerima panggilan. Penipu bisa menggunakan nomor telepon yang mirip dengan TANYA OCBC tapi bukan nomor resmi.
    1. +621 1500999, +1500999, +01500999 ini adalah nomor call center palsu
    2. Nomor TANYA OCBC yang benar adalah 1500999
  2. Bila menerima pesan berisi link, pastikan benar dikirimkan oleh OCBC
    1. Pengirim SMS resmi OCBC :
      OCBC Info
    2. Pengirim e-mail resmi OCBC :
      tanya@ocbc.id
      Nama email: OCBC News & OCBC Info
    3. Pengirim WA resmi OCBC:
      OCBC Indonesia: 081-122-500999 dan 081-158-500999
      OCBC info : 0811-1060-6222
      Tanya OCBC : 0812-1500999
  3. Periksa keaslian link.
    Pastikan Anda berada di alamat website resmi OCBC, yaitu www.ocbc.id untuk bertransaksi atau mendapatkan informasi
  4. Jaga data
    Jangan berikan data rahasia yang diminta secara lisan maupun tulisan dalam link yang dikirimkan via SMS, Whatsapp, E-mail, atau Website kepada siapapun termasuk pegawai bank, seperti :
    1. OTP
    2. PIN ATM
    3. User ID & Password Mobile Banking dan Internet Banking
    4. CVV Kartu Kredit & Kartu Debit

    Ayo, cegah penipuan dengan lebih waspada, teliti, dan hati-hati! Segera laporkan tindak mencurigakan ke TANYA OCBC 1500-999

    Informasi lebih lanjut klik www.ocbc.id/digisecure

Share this Article

Related Product

Individual

Individual

OCBC banking solutions are ready to help you fulfill all aspirations in life. #TAYTB
KTA

KTA

Solutions to meet financial needs
OCBC Debit Card

OCBC Debit Card

A means of payment for all transactions

All the Convenience
in One Hand

Enjoy the benefits from OCBC based on your needs

Other Articles

Cara Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis
  • Individu
  • Nyala

Cara Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

11 Dec 2025

Pelajari cara memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar laporan keuangan lebih jelas dan keputusan bisnis lebih tepat!

7 Fitur Kartu Kredit Modern yang Wajib Kamu Ketahui
  • Individu
  • Nyala

7 Fitur Kartu Kredit Modern yang Wajib Kamu Ketahui

11 Dec 2025

Kenali fitur penting kartu kredit masa kini, termasuk kemudahan untuk disetujui, banyak menawarkan promo dan rewards, hingga kemudahan dalam bertransaksi.

Apa Itu Autodebet? Ini Manfaat dan Cara Mengaktifkannya di OCBC mobile
  • Individu
  • Nyala

Apa Itu Autodebet? Ini Manfaat dan Cara Mengaktifkannya di OCBC mobile

10 Dec 2025

Kenali apa itu autodebet, cara kerjanya, dan bagaimana mengaktifkannya di OCBC mobile untuk membantu mengelola pembayaran rutin secara otomatis, lebih praktis dan anti telat!

Cashback vs Points vs Miles: Mana yang Paling Untung?
  • Individu
  • Nyala

Cashback vs Points vs Miles: Mana yang Paling Untung?

10 Dec 2025

Pelajari perbedaan cashback, points, dan miles agar kamu bisa memilih kartu kredit yang paling menguntungkan untuk gaya hidupmu!

Banking at Your Fingertips

Download OCBC mobile now!