Cara Mudah Menabung Rp3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar

5 Mar 2024

Sebagai pelajar umumnya belum diperbolehkan untuk bekerja, sehingga cara untuk mendapatkan uang adalah dengan menabung. Lalu apakah bisa mencapai target tabungan Rp3 Juta dengan mengandalkan uang saku? Yuk coba cari tahu!

Menabung merupakan cara yang tepat untuk mengelola keuangan. Tabungan ini digunakan sebagai rencana jangka panjang, dipersiapkan untuk masa depan dan juga kondisi-kondisi tak terduga di kemudian hari.

Untuk memulai kebiasaan bagus ini, tidak perlu menunggu berpenghasilan stabil atau tetap. Namun bisa dimulai sejak usia pelajar, atau bahkan ditanamkan sejak kecil. Apakah kamu termasuk orang yang suka menabung sejak kecil?

Kali ini kita akan membahas tentang cara menabung Rp3 Juta dalam waktu 1 bulan saja, khususnya untuk para pelajar. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!

Baca juga: 7 Cara Memulai Frugal Living dan Beragam Manfaat Baiknya

Tips Menabung Secara Efektif

Ketika menargetkan tabungan sebesar Rp3 Juta dalam satu bulan, maka kamu harus mengatur strategi yang tepat. Untuk itu, beberapa tips menabung berikut ini bisa kamu ikuti.

1. Punya Sumber Pendapatan

Sebagai pelajar, kamu pasti hanya punya satu sumber pendapatan yaitu dari orang tua dalam bentuk uang saku. Orang tua pasti rutin memberikan uang saku, bukan? Entah harian, mingguan, atau bahkan bulanan.

Uang saku inilah pendapatan yang bisa kamu sisihkan untuk mengejar target tabungan dalam satu bulan.

2. Buat Tabel Menabung Harian

Catat uang yang kamu tabung setiap hari sesuai dengan tujuan yang kamu targetkan. Sesuaikan antara uang yang akan kamu tabung dan tulis dalam tabel.

Nominalnya pun bebas, bisa mulai dari Rp5.000 hingga Rp100.000 tergantung kemampuanmu sendiri.

Misalnya kamu punya target terkumpul Rp3 Juta, maka buatlah tabel tabungan sesuai dengan target tersebut. Nantinya kamu harus checklist setiap hari sesuai besaran nominal yang kamu masukkan ke dalam celengan.

3. Mencatat Pengeluaran

Untuk mencapai target tabungan dengan nominal tertentu, kamu perlu memperhatikan setiap detail pengeluaran uang.

Kamu bisa memantaunya dengan membuat catatan pengeluaran di aplikasi spreadsheet atau berbagai aplikasi modern yang bisa kamu unduh di ponsel.

4. Berhemat

Setelah membuat catatan pengeluaran, kamu bisa memeriksanya kembali. Dari keseluruhan pengeluaran, cobalah untuk hidup hemat. Pengeluaran apa saja yang bisa dikurangi demi mengoptimalkan tabungan. Misalnya dengan membawa bekal makanan dari rumah daripada jajan sembarangan.

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis, 5 Tips Kurangi Barang agar Lebih Hemat

5. Menyimpan Uang Kembalian

Trik menabung yang kerap disepelekan adalah dengan mengumpulkan uang recehan atau uang kembalian. Padahal jika dikumpulkan dalam kurun waktu lama, uang tersebut akan bertambah jumlahnya dan bisa digunakan untuk mencapai target tabunganmu, lho!

6. Manfaatkan Promo Pelajar

Status sebagai pelajar seringkali menjadi privilege. Pasalnya, banyak event yang memberikan diskon khusus bagi pelajar atau mahasiswa.

Promo yang ada itu bisa kamu manfaatkan untuk menunjang hidup hemat. Kamu bisa tetap jajan atau membeli sesuatu tetapi dengan harga miring, sehingga sisa uang bisa ditabung.

7. Kurangi Agenda yang Nggak Penting

Kamu yang hobi nongkrong di kafe kekinian tapi pengen nabung Rp3 Juta dalam 1 bulan? Itu artinya kamu harus bersiap meninggalkan hobimu terlebih dulu.

Kalau kamu berniat menabung, berhentilah nongkrong untuk sementara waktu. Menghabiskan waktu bersama teman hingga berjam-jam memang menyenangkan. Tapi jika dilakukan terus-menerus pasti berujung boros, bukan?

8. Tetapkan Tujuan Menabung

Nah tips yang terakhir dan sering dilupakan adalah, menentukan tujuan menabung. Menyisihkan uang tanpa tujuan memang mudah. Namun ada baiknya jangan hanya menyisihkan, tentukan juga alasan dan tujuan kamu menabung.

Kamu bisa coba mulai menabung untuk mendapatkan hal-hal yang kamu suka. Entah liburan atau membeli sesuatu. Menabung merupakan sebuah kebiasaan yang perlu dibangun perlahan.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Uang Jajan yang Mudah & Efektif

Cara Menabung Target Rp3 Juta dalam 1 Bulan

Buat para pelajar yang punya target tabungan Rp3 Juta dalam sebulan, kamu nggak perlu bingung dan coba ikuti ilustrasi cara berikut ini ya.

Sebut saja namanya Mawar, seorang pelajar dengan uang saku harian sebanyak Rp150.000. Untuk mencapai target tabungan Rp3 juta dalam 1 bulan, Mawar harus menyisihkan uang Rp100.000 setiap hari dalam 30 hari.

Menabung dengan nominal Rp100.000 per hari mungkin terasa besar. Apalagi jika uang saku pas-pasan. Untuk itu, kamu bisa ekstra menghemat dan menghindari belanja sesuatu yang tidak diperlukan.

Dengan begitu, pengeluaran bisa ditekan seminimal mungkin. Sehingga sisa uang bisa disisihkan agar target menabung bisa tercapai.

Selain itu, kamu juga perlu mencari platform menabung yang memberikan keuntungan. Salah satunya tabungan khusus pelajar dari OCBC, yaitu SimPel.

Produk tabungan ini menawarkan banyak keuntungan, mulai dari bebas biaya admin, rekening atas nama sendiri, hingga menabung mulai dari Rp5.000.

Baca juga: 13 Cara Agar Tidak Boros untuk Anda Supaya Bisa Lebih Hemat


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 16 Apr 2024

Daftar Mobil Limousine di Indonesia dan Harganya

Baca

Edukasi - 14 Apr 2024

Nggak Pusing saat Liburan! Ini 4 Manfaat Pakai Jasa Concierge Service

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile