5 Hal Penting saat Online Shopping, Jangan Sampai Penipu Curi Saldo Rekening

20 Mei 2024 Ditulis oleh: Tim Redaksi OCBC

Tren belanja online melalui e-commerce dan media sosial terus meningkat. Selain karena praktis, juga beberapa barang yang dijual pun terjangkau atau murah sehingga banyak masyarakat lebih menyukai berbelanja secara online. Tak hanya itu saja, transaksi bisa dilakukan di manapun dan barang yang dipesan akan di antar sesuai pesanan dan alamat yang disimpan.

Namun sayangnya, hal tersebut menjadi celah bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dengan berbagai modus. Seperti penipu berpura-pura mengaku sebagai penjual di toko online, marketplace, pembeli, bahkan kurir untuk melancarkan aksinya.

Agar terhindar dari penipuan saat ingin berbelanja online. Perhatikan tips ini demi keamanan dan kenyamanan saat berbelanja.

  1. Pilih e-commerce/marketplace terpercaya

    Pastikan transaksi di platform marketplace (pembelian barang, pemesanan tiket transportasi, atau hotel) yang terpercaya. Dan pilihlah aplikasi yang memang sudah memiliki lisensi yang terpercaya serta menyediakan fasilitas rekening bersama.

  2. Perhatikan Testimoni Dengan Baik

    Sebelum belanja online cek terlebih dahulu testimoni dari orang yang sebelumnya yang sudah melakukan pembelian. Pastikan e-commerce atau penjual memiliki sistem “menjamin pengembalian pembayaran” untuk berjaga-jaga jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang telah di pesan.

  3. Pilih Metode Pembayaran Yang Tepat

    Banyak sekali metode pembayaran transaksi secara online. Pilihlah metode yang sesuai dengan e-commerce tersebut, misalnya menggunakan rekening bersama dimana rekening tersebut sebagai perantara antara pembeli dan juga penjual, sehingga uang yang ditransfer juga tidak akan langsung diterima penjual. Lalu simpan bukti pembayaran. Di sisi lain pembeli juga dapat menggunakan pilihan pembayaran cash on delivery (COD) sehingga pembayaran dapat dilakukan ketika pembeli sudah menerima barang tersebut.

  4. Jangan Pernah Bagikan Kode Rahasia

    Perhatikan pula untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi termasuk Kode Rahasia melaui pesan singkat misalnya SMS OTP yaitu kode untuk otorisasi transaksi. Jangan pernah bagikan kode yang bersifat rahasia ke pihak manapun yang tidak dikenal dengan alasan apapun. Jangan bagikan informasi rahasia lainnya seperti Password, PIN, CVV, dan Expired Kartu Kredit kepada pihak manapun.

  5. Segera Laporkan

    Jika ada yang mencurigakan segera hubungi TANYA OCBC 1500999/+62 21-26506300 (dari luar negeri), email ke tanya@ocbc.id, WhatsApp Bisnis OCBC 0812-1500-999 

Untuk semua  transaksi online pakai terus Kartu Debit Online atau Kartu Debit OCBC.

Demikianlah 5 tips menghindari penipuan belanja online yang perlu diketahui. Sangat penting untuk selalu waspada dalam bertransaksi online karena para pelaku kejahatan menggunakan berbagai cara unuk mengambil atau mencuri data pribadi Anda.


Story for your Inspiration

Baca

Edukasi - 21 Jun 2024

Berapa Biaya Pendidikan di Sekolah Kedinasan?

Baca

Edukasi - 21 Jun 2024

Cara Urus Sertifikat Halal, Pelaku UMKM Merapat!

See All

Produk Terkait

Individu

Individu

Solusi perbankan OCBC siap bantu kamu penuhi semua aspirasi dalam hidup #TAYTB
Nyala

Nyala

Dorong ambisimu untuk wujudkan kebebasan finansial, karena Tidak Ada Yang Tidak Bisa dengan Nyala OCBC
OCBC mobile
ONe Mobile

OCBC mobile

Tumbuhkan uang dalam 1 aplikasi bersama OCBC mobile yang baru.

Download OCBC mobile